Ini Cara Waspadai Leptospirosis di Kala Banjir

Berita Kawasan

Kementerian PUPR Siapkan Langkah Atasi Banjir Jakarta

Banjir yang melanda Jakarta awal tahun 2020 mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Tak terkecuali lembaga pemerintahan. Salah satu lembaga yang memberikan perhatian khusus terhadap bencana ini adalah kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bahkan, Kementerian yang dipimpin oleh Basuki Hadimuljono ini pun langsung melakukan survei rapid assesment terhadap penyebab bencana banjir di wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

[Baca Juga: Ini Cara Antisipasi Kebocoran Listrik Saat Banjir]

Lewat survei yang dilakukan oleh 295 generasi muda PUPR ini akhirnya diketahui ada sebanyak 178 titik banjir yang teridentifikasi di lima wilayah koordinasi meliputi Korwil I (Jakarta Barat, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Lebak), Korwil II (Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Kota Bekasi), Korwil III (Jakarta Selatan dan kabupaten Bogor), Korwil IV (Jakarta Utara dan Kabupaten Bekasi), dan Korwil V (Kota Bekasi).

Penyebabnya bermacam-macam seperti tanggul jebol (44 titik), drainase tersumbat (3 titik), kapasitas drainase terlampaui (13 titik), pintu air rusak (11 titik), pompa tidak berfungsi (2 titik) seperti di Kampung Pulo Jakarta Timur dan Pondok Gede Permai di Jatiasih Bekasi, sedimentasi (19 titik), penumpukan sampah (17 titik), limpasan air dari sungai atau saluran (62 titik), longsor (1 titik), dan genangan di jalan tol (6 titik).

Tips Tetap Jaga Kesehatan Anda di Kala Banjir

Lewat data tersebut, Menteri Basuki pun langsung merancang rencana jangka pendek maupun jangka menengah untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan. Untuk jangka pendek kata Basuki, pihaknya langsung memerintahkan jajarannya melakukan pemasangan kantong geobag atau sandbag, pengerukan sedimen, dan pembersihan sampah serta perbaikan tanggul atau talud di 20 titik seperti di Kali Kampung Ambon, Kecamatan Pulo Gadung dan 11 titik di Kali Bekasi Kemang Pratama.

[Baca Juga: Anda Bisa Terus Pantau Banjir Lewat 3 Aplikasi Ini]

Lalu untuk penanganan jangka menengah, Menteri Basuki menginstruksikan agar kembali dilakukan pengecekan dan penyiapan langkah penanganan di kawasan yang berisiko tinggi seperti Perumahan Taman Mangu Indah di Kota Tangsel dan Puri Kartika Bekasi, Kampung Pulo dan Pulo Gadung di Jaktim, dan Bukit Duri Jaksel.

"Untuk mengurangi risiko banjir di Bekasi, Kementerian PUPR sudah menyiapkan desain penanganan Kali Bekasi yang menjadi hilir dari Sungai Cileungsi-Cikeas. Dimana tahun ini dilaksanakan value engineering terhadap desain yang diikuti dengan pekerjaan konstruksi," ujar Menteri Basuki.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 8 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda….. Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88,net