Kementerian Ristek Gandeng Shoope Lakukan Pemberdayaan SDM

Bisnis

Kementerian Ristek Gandeng Shoope Lakukan Pemberdayaan SDM

Menghadapi revolusi industri 4.0, Indonesia membutuhkan lebih banyak talenta digital berpotensi. Menurut penelitian Bank Dunia dan McKinsey, dalam kurun waktu 2015-2030, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital atau sekitar 600.000 orang per tahun.

Hal tersebut menjadi tantangan bagi Indonesia untuk terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bidang teknologi digital. Oleh karena itu, Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia menggandeng Shopee dalam program National Data Science Challenge 2020.

Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, berinisiatif untuk mendorong potensi sumber daya manusia Indonesia dalam bidang teknologi. National Data Science Challenge 2020 adalah kompetisi yang dihelat selama satu hari untuk para mahasiswa dan pekerja secara umum. Peserta akan dihadapkan pada dua babak pemecahan masalah Data Science dan Data Analitik yang dibuat tim Tech Shopee.

Kementerian Ristek Gandeng Shoope Lakukan Pemberdayaan SDM

“Kami sangat terbuka dengan kerja sama bersama Shopee ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang teknologi digital yang sejalan dengan komitmen kami,” ujar Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia Bambang Brodjonegoro dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (20/2/2020).

“Peserta akan membentuk tim yang beranggotakan 2-4 orang dan mengerjakan tantangan yang akan ditinjau oleh tim internal Shopee dan para penguji dari Universitas Indonesia. Kompetisi ini dapat menjadi wadah bagi pelajar dan pekerja yang tertarik pada bidang Teknologi/Data Science untuk menuangkan ide-ide serta mengembangkan kompetensi teknis mereka yang akan berguna dalam menghadapi industri 4.0,” Bambang menjelaskan.

[Baca Juga: Setelah Sukses, Shopee Indonesia Comic Con Akan Kembali Pada 2020]

Setiap tantangan akan menguji peserta untuk menyelesaikan masalah di kehidupan nyata melalui bidang coding sehingga mereka mengerti keterampilan yang dibutuhkan di lapangan pekerjaan sesungguhnya. Selain itu, Shopee juga menyediakan pelatihan bagi peserta kategori pemula dan lanjutan sebelum kompetisi dimulai.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, “Kami melihat industri teknologi digital berkembang sangat pesat di Indonesia, tetapi belum seimbang dengan ketersedian talenta yang mumpuni dan siap bekerja di industri."

[Baca Juga: Shopee Suguhkan 10.10 Brands Festival Bersama Mitra Brand & Penjual]

Kerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia dalam penyelenggaraan National Data Science Challenge 2020 diharapkan dapat membantu menggali dan mendukung talenta yang dimiliki oleh anak muda Indonesia. Peserta yang mengikuti kompetisi ini diharapkan akan terlatih dalam memanfaatkan data untuk mendapatkan insight yang bisa memperkuat fokus Indonesia dalam pengembangan ekonomi digital dan penggunaan big data.

”Pada kompetisi ini, para pemenang akan mendapatkan berbagai hadiah menarik diantaranya uang tunai senilai puluhan juta rupiah serta berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman baru dengan bekerja di Shopee Indonesia.Informasi lebih lanjut mengenai National Data Science Challenge 2020, klik disini. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play," tutup Handhika.

Read More

Artikel Lainnya

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

04 April 2020, 18:00

Bagi sektor ekonomi kerakyatan, serbuan wabah COVID-19 telah meninggalkan dampak yang signifikan. Ketahanan pangan di setiap desa pada Kabupaten Bekasi adalah prioritas yang harus segera tuntas.

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

Berita Kawasan

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

04 April 2020, 17:00

Wabah COVID-19 hanya bisa diatasi jika ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat. Pemkab Bogor ajak warga Bogor untuk siaga penuh bersama pemerintah.

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

Berita Kawasan

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

04 April 2020, 16:00

Jumlah kasus COVID-19 terus bertambah setiap harinya. Tak mau ambil risiko, Pemprov hentikan sementara penataan kawasan empat stasiun di Jakarta.

Cegah Penyebaran Covid-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

Berita Kawasan

Cegah Penyebaran COVID-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

04 April 2020, 15:00

Untuk menjalankan physical distancing, Disnaker Kota Depok memberlakukan sistem pembuatan kartu kuning secara online.


Comments


Please Login to leave a comment.