Bahaya es batu bagi tubuh.jpg

Kesehatan

Kenali 4 Bahaya Es Batu Bagi Tubuh

Kondisi seseorang yang sering mengunyah dan mengonsumsi es batu secara berlebih dinamakan pagophagia. Istilah pagophagia, biasanya dapat terjadi pada segala usia. Kondisi tersebut biasanya muncul akibat penderita mengalami kekurangan zat besi atau anemia.

Dilansir dari Healthline.com (25/1/2019), mengonsumsi es batu secara berlebihan juga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Mengunyah es batu bisa menjadi salah satu bentuk gangguan makan, yaitu pica. Pica tergolong gangguan makan dengan mengonsumsi secara berlebihan dan mengarah pada ketergantungan benda bukan makanan. Sama seperti gangguan makan lain, kecanduan ini dapat mengganggu kesehatan tubuh dan jiwa seseorang.

[Baca Juga: Ketika Jiwa Pun Butuh ‘Vitamin’]

Meskipun bila kebiasaan mengonsumsi es batu Anda belum berlebihan dan mengarah ke gangguan makan, berikut empat bahaya yang dapat ditimbulkannya jika kebiasaan itu terus menerus berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

1 Kerusakan Gigi

Menurut ahli kosmetika gigi dan pemilik Wilshire Smile Studio Dental Group di Los Angeles, Amerika Serikat (25/1/2019), jika mengonsumsi es batu secara berlebihan, kerusakan gigi bisa terjadi lantaran es bisa mengikis enamel gigi.

Kerusakan pada gigi juga diakibatkan oleh aktivitas membelah es saat dikunyah yang terlalu intens. Akibatnya, gigi yang mengunyah es dalam jumlah banyak mudah rapuh dan membuat ngilu.

2 Kekurangan Nutrisi dan Zat Besi

Jika Anda keseringan mengonsumsi es, ketahuilah bahwa hal tersebut merupakan dampak negatif dari tubuh Anda yang kekurangan zat besi dan nutrisi. Tak hanya itu, mengonsumsi es batu secara berlebihan bisa menurunkan nafsu makan secara drastis.

Kebiasaan mengunyah es juga bisa membuat Anda lemas dan tak bertenaga. Dilansir dari Boldsky.com (25/1/2019) berat badan Anda juga akan menurun seiring hilangnya nafsu makan akibat lebih memilih mengonsumsi es batu.

3 Terkena Dehidrasi dan Diare

Meskipun menyegarkan, terlalu banyak mengonsumsi es batu juga dapat memicu dehidrasi. Hal ini dikarenakan memakan es batu bisa membuat Anda lupa waktu. Selain itu, Anda bisa terkena diare karena mengonsumsi es batu yang berlebih dari kandungan es yang belum tentu bersih.

[Baca Juga: Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes]

Beberapa es yang dijual di pasaran bisa terbuat dari air mentah dan mengandung banyak bakteri yang membuat Anda terkena diare. Bakteri Ecoli adalah salah satu bakteri yang bisa menyebabkan Anda sakit diare.

4 Peradangan Pada Kulit

Selain dikonsumsi, biasanya es batu digunakan untuk menyegarkan bagian kulit tubuh dan wajah. Namun, jika terlalu sering menggunakan es batu, Anda bisa mendapatkan efek buruk pada kulit.

Salah satunya ialah kapiler pada bawah kulit menjadi mudah pecah dan terjadi pembengkakan yang cukup serius. Tak Cuma itu, jika menggunakan es batu pada wajah secara berlebihan, kulit Anda akan mengalami peradangan yang berbahaya dan bisa menimbulkan jerawat secara masif.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.

Rayakan Ulang Tahun ke-11, tiket.com Gelar Promo Ann11versary.jpg

Bisnis

Rayakan Ulang Tahun ke-11, tiket.com Gelar Promo Ann11versary

11 August 2022, 15:09

Bagi Anda yang berencana liburan, baik ke dalam dan luar negeri, maka bisa memanfaatkan berbagai potongan harga serta deal dari tiket.com dalam momen perayaan Ann11versary.

Festival Literasi Digelar di Koja Trade Mall Hingga 15 Agustus 202 2.jpg

Pendidikan

Festival Literasi Digelar di Koja Trade Mall Hingga 15 Agustus 2022

11 August 2022, 11:13

Jelang HUT RI ke-77, Pemkot Jakarta Utara menggelar Festival Literasi Merah Putih Ceria di Koja Trade Mall untuk edukasi literasi bagi anak-anak.


Comments


Please Login to leave a comment.