ads
Bahaya es batu bagi tubuh.jpg

Kesehatan

Kenali 4 Bahaya Es Batu Bagi Tubuh

Kondisi seseorang yang sering mengunyah dan mengonsumsi es batu secara berlebih dinamakan pagophagia. Istilah pagophagia, biasanya dapat terjadi pada segala usia. Kondisi tersebut biasanya muncul akibat penderita mengalami kekurangan zat besi atau anemia.

Dilansir dari Healthline.com (25/1/2019), mengonsumsi es batu secara berlebihan juga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Mengunyah es batu bisa menjadi salah satu bentuk gangguan makan, yaitu pica. Pica tergolong gangguan makan dengan mengonsumsi secara berlebihan dan mengarah pada ketergantungan benda bukan makanan. Sama seperti gangguan makan lain, kecanduan ini dapat mengganggu kesehatan tubuh dan jiwa seseorang.

[Baca Juga: Ketika Jiwa Pun Butuh ‘Vitamin’]

Meskipun bila kebiasaan mengonsumsi es batu Anda belum berlebihan dan mengarah ke gangguan makan, berikut empat bahaya yang dapat ditimbulkannya jika kebiasaan itu terus menerus berlangsung dalan jangka waktu yang lama.

1 Kerusakan Gigi

Menurut ahli kosmetika gigi dan pemilik Wilshire Smile Studio Dental Group di Los Angeles, Amerika Serikat (25/1/2019), jika mengonsumsi es batu secara berlebihan, kerusakan gigi bisa terjadi lantaran es bisa mengikis enamel gigi.

Kerusakan pada gigi juga diakibatkan oleh aktivitas membelah es saat dikunyah yang terlalu intens. Akibatnya, gigi yang mengunyah es dalam jumlah banyak mudah rapuh dan membuat ngilu.

2 Kekurangan Nutrisi dan Zat Besi

Jika Anda keseringan mengonsumsi es, ketahuilah bahwa hal tersebut merupakan dampak negatif dari tubuh Anda yang kekurangan zat besi dan nutrisi. Tak hanya itu, mengonsumsi es batu secara berlebihan bisa menurunkan nafsu makan secara drastis.

Kebiasaan mengunyah es juga bisa membuat Anda lemas dan tak bertenaga. Dilansir dari Boldsky.com (25/1/2019) berat badan Anda juga akan menurun seiring hilangnya nafsu makan akibat lebih memilih mengonsumsi es batu.

3 Terkena Dehidrasi dan Diare

Meskipun menyegarkan, terlalu banyak mengonsumsi es batu juga dapat memicu dehidrasi. Hal ini dikarenakan memakan es batu bisa membuat Anda lupa waktu. Selain itu, Anda bisa terkena diare karena mengonsumsi es batu yang berlebih dari kandungan es yang belum tentu bersih.

[Baca Juga: Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes]

Beberapa es yang dijual di pasaran bisa terbuat dari air mentah dan mengandung banyak bakteri yang membuat Anda terkena diare. Bakteri Ecoli adalah salah satu bakteri yang bisa menyebabkan Anda sakit diare.

4 Peradangan Pada Kulit

Selain dikonsumsi, biasanya es batu digunakan untuk menyegarkan bagian kulit tubuh dan wajah. Namun, jika terlalu sering menggunakan es batu, Anda bisa mendapatkan efek buruk pada kulit.

Salah satunya ialah kapiler pada bawah kulit menjadi mudah pecah dan terjadi pembengkakan yang cukup serius. Tak Cuma itu, jika menggunakan es batu pada wajah secara berlebihan, kulit Anda akan mengalami peradangan yang berbahaya dan bisa menimbulkan jerawat secara masif.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood.jpg

Properti dan Solusi

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood

T3 24 February 2019, 10:00 a.m.  |  2 Views

Kampus PUPR yang dikembangkan Kementerian PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood.

Buruknya Infrastruktur Pendidikan di Bekasi.jpg

Pendidikan

Tahun 2019 Jadi Prioritas Infrastruktur Pendidikan di Bekasi

T3 24 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di setiap daerah, termasuk Jawa Barat pembanguan infrastruktur seharusnya jadi perhatian penting bagi pemerintah setempat.

Vaksin Rabies Gratis di Stan Dinas KPKP Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019

T3 23 February 2019, 09:00 a.m.  |  5 Views

Dinas KPKP Jakarta memberikan layanan vaksi gratis untuk pengunjung yang membawa hewan peliharaan mereka ke JIPS 2019.

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda

T3 23 February 2019, 10:00 a.m.  |  3 Views

Belanda merupakan negara pertama yang akan diperkenalkan batik buatan warga di wilayah paling timur Kota Tangerang ini.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads