KEBON JERUK-KESEHATAN-KETAHUILAH GEJALA DAN PENGOBATAN UNTUK KANKER-RACHLI-1100 px X 600 px-02.jpg

Kesehatan

Kenali 4 Gejala Utama Kanker Darah Pada Tubuh

Jika Anda sering mengalami pusing, mual atau sering mimisan, jangan remehkan gejala-gejala tersebut. Gangguan kesehatan itu merupakan beberapa gejala kanker darah. Agar cepat tertangani, Anda harus mendeteksi apakah gejala-gejala tersebut berkaitan dengan kanker darah.

Sel-sel kanker yang ada dalam tubuh sanggup menghalangi pertumbuhan sel-sel darah sehat dan dapat menganggu kegiatan Anda sehari-hari.

[Baca Juga: Terkena Gejala Panas Tinggi, Waspadai Sepsis]

Tak cuma itu, Kanker darah ini menyerang di dalam sumsum tulang yang merupakan tempat dibuatnya sel darah. Hal ini bisa membuat sel darah putih hidup lebih lama dan tidak berjalan normal.

Apalagi, jumlah kasus kanker di Indonesia semakin meningkat. Dilansir dari World Health Organization (WHO) (13/2/2019), jumlah penderita kanker terus bertambah setiap tahunnya sekitar tujuh juta orang dan dua pertiganya berada di Negara berkembang, seperti Indonesia.

Terkini, Mantan Ibu Negara Indonesia Ani Yudhoyono, baru saja diberitakan mengidap kanker darah dan wajib menjalani pengobatam intensif di National University Hospital Singapura, sejak 2 Februari 2019.

[Baca Juga: Kampanye Deteksi Kanker Sejak Dini YKI Depok Ke Sekolah]

Maka, Anda perlu mengetahui bahwa kanker darah memiliki beberapa gejala. Berikut empat gejala utama kanker darah pada tubuh seperti yang dilansir dari Verywellhealth.com (13/2/2019).

1. Memar

Gejala kanker darah bisa dilihat dari banyak memar yang Anda dapatkan tanpa tahu penyebab memar tersebut. Memar-memar timbul dikarenakan akibat kekurangan trombosit. Trombosit sendiri ialah fragmen sel atau sel yang membantu darah untuk membeku.

2. Nyeri Sendi

Jangan coba remehkan nyeri pada sendi. Penderita kanker darah sering mengalami nyeri sendi di bagian belakang. Karena nyeri sendi ini bisa membuat penderita mengalami demam tinggi. Bukan hanya nyeri pada sendi atau tulang belakang, penderita juga bisa terkena nyeri pada bagian perut akibat organ hati yang mengalami pembengkakan.

3. Mudah Terkena Infeksi

Tubuh mudah terkena infeksi adanya kuman yang menyerang muncul tanpa adanya tameng yang melindungi. Hal itu terjadi karena sel darah putih berkembang abnormal. Sel darah putih yang tidak bisa melawan kuman bisa menyebabkan tubuh Anda terkena infeksi.

Demam akibat leukemia juga sering terjadi selama beberapa hari dengan kenaikan suhu yang cukup tinggi.

4. Anemia

Salah satu gejala kanker darah ialah anemia. Gejala yang akan dimunculkan, seperti gusi berdarah, sering demam, dan pendarahan bisa terjadi kapan saja. Tak hanya itu, penderita kanker darah biasanya mengami sesak nafas, mudah lemas, lesu dan warna kulit pucat.

Anemia sendiri terjadi lantaran penderita kekurangan sel darah merah. Maka, Anda harus bisa menurunkan resiko terkena kanker hati dengan hidup aktif dan rutin berolahraga. Jika mengalami gejala-gejala seperti mimisan, atau mudah lesu, sebaiknya Anda segera konsultasikan ke dokter Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.