KEBON JERUK-KESEHATAN-KETAHUILAH GEJALA DAN PENGOBATAN UNTUK KANKER-RACHLI-1100 px X 600 px-02.jpg

Kesehatan

Kenali 4 Gejala Utama Kanker Darah Pada Tubuh

Jika Anda sering mengalami pusing, mual atau sering mimisan, jangan remehkan gejala-gejala tersebut. Gangguan kesehatan itu merupakan beberapa gejala kanker darah. Agar cepat tertangani, Anda harus mendeteksi apakah gejala-gejala tersebut berkaitan dengan kanker darah.

Sel-sel kanker yang ada dalam tubuh sanggup menghalangi pertumbuhan sel-sel darah sehat dan dapat menganggu kegiatan Anda sehari-hari.

[Baca Juga: Terkena Gejala Panas Tinggi, Waspadai Sepsis]

Tak cuma itu, Kanker darah ini menyerang di dalam sumsum tulang yang merupakan tempat dibuatnya sel darah. Hal ini bisa membuat sel darah putih hidup lebih lama dan tidak berjalan normal.

Apalagi, jumlah kasus kanker di Indonesia semakin meningkat. Dilansir dari World Health Organization (WHO) (13/2/2019), jumlah penderita kanker terus bertambah setiap tahunnya sekitar tujuh juta orang dan dua pertiganya berada di Negara berkembang, seperti Indonesia.

Terkini, Mantan Ibu Negara Indonesia Ani Yudhoyono, baru saja diberitakan mengidap kanker darah dan wajib menjalani pengobatam intensif di National University Hospital Singapura, sejak 2 Februari 2019.

[Baca Juga: Kampanye Deteksi Kanker Sejak Dini YKI Depok Ke Sekolah]

Maka, Anda perlu mengetahui bahwa kanker darah memiliki beberapa gejala. Berikut empat gejala utama kanker darah pada tubuh seperti yang dilansir dari Verywellhealth.com (13/2/2019).

1. Memar

Gejala kanker darah bisa dilihat dari banyak memar yang Anda dapatkan tanpa tahu penyebab memar tersebut. Memar-memar timbul dikarenakan akibat kekurangan trombosit. Trombosit sendiri ialah fragmen sel atau sel yang membantu darah untuk membeku.

2. Nyeri Sendi

Jangan coba remehkan nyeri pada sendi. Penderita kanker darah sering mengalami nyeri sendi di bagian belakang. Karena nyeri sendi ini bisa membuat penderita mengalami demam tinggi. Bukan hanya nyeri pada sendi atau tulang belakang, penderita juga bisa terkena nyeri pada bagian perut akibat organ hati yang mengalami pembengkakan.

3. Mudah Terkena Infeksi

Tubuh mudah terkena infeksi adanya kuman yang menyerang muncul tanpa adanya tameng yang melindungi. Hal itu terjadi karena sel darah putih berkembang abnormal. Sel darah putih yang tidak bisa melawan kuman bisa menyebabkan tubuh Anda terkena infeksi.

Demam akibat leukemia juga sering terjadi selama beberapa hari dengan kenaikan suhu yang cukup tinggi.

4. Anemia

Salah satu gejala kanker darah ialah anemia. Gejala yang akan dimunculkan, seperti gusi berdarah, sering demam, dan pendarahan bisa terjadi kapan saja. Tak hanya itu, penderita kanker darah biasanya mengami sesak nafas, mudah lemas, lesu dan warna kulit pucat.

Anemia sendiri terjadi lantaran penderita kekurangan sel darah merah. Maka, Anda harus bisa menurunkan resiko terkena kanker hati dengan hidup aktif dan rutin berolahraga. Jika mengalami gejala-gejala seperti mimisan, atau mudah lesu, sebaiknya Anda segera konsultasikan ke dokter Anda.

Read More

Artikel Lainnya

sholat-tarawih.jpg

Berita Kawasan

Salat Tarawih Perdana di Kota Medan Berlangsung Lancar dan Sesuai Prokes

13 April 2021, 11:49

Pihaknya telah melakukan berbagai persiapan menyambut Ramadan dengan protokol kesehatan, seperti menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area masjid.

Slide3.JPG

Berita Kawasan

Salat Tarawih di Masjid Agung Jami’ Kota Malang Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

13 April 2021, 11:08

Tahun ini, pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan ibadah salat tarawih di masjid, dengan berbagai aturan yang tetap mengedepankan protokol kesehatan.

UTBK UNDIP 2021

Pendidikan

Hari Pertama UTBK UNDIP Tahun 2021 Berjalan Lancar

13 April 2021, 11:07

Ia mengatakan bahwa ini adalah kali kedua UNDIP melaksanakan UTBK di masa pandemi dan meyakinkan bahwa semua pihak melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin

UTBK di Universitas Padjajaran.jpg

Pendidikan

UTBK di Unpad, Semua Peserta Wajib Pasang Aplikasi Mass Tracking

13 April 2021, 10:34

Semua peserta UTBK di Universitas Padjajaran wajib memasang aplikasi mass tracking untuk mencegah penularan COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.