Kenali Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan dan Kejiwaan Tubuh

Kesehatan

Kenali Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa Anda

Pemahaman masyarakat tentang bahayanya obat-obatan terlarang masih minim. Banyak pengguna obat-obatan terlarang ini hanya ingin coba-coba atau tergoda merasakan kesenangan sesaat untuk lari sejenak dari masalah yang sedang dihadapi.

Adapula yang memilih untuk menjadi pengedar narkoba jenis ekstasi dan sabu, seperti Zul ‘Zivilia” yang baru-baru ini telah ditangkap pihak kepolisian pada awal Maret lalu. Padahal, segala jenis narkoba memiliki efek negatif yang bisa membahayakan kesehatan tubuh dan jiwa seseorang.

[Baca Juga: Kenapa Harus Hati-Hati Memberitakan Kasus Bunuh Diri?]

Narkoba sendiri ialah singkatan dari narkotika dan obat atau bahan berbahaya. Selain narkoba, istilah lain yang diperkenalkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, zat adiktif, dan piskotropika.

Menurut deserthopetreatment.com (13/3/2019), sensasi obat-obatan ini dapat menimbulkan efek ketergantungan. Karena obat-obatan ini bekerja untuk memicu otak melepaskan dopamin berlebih.

[Baca Juga: Musik dan Meditasi Memiliki Efek yang Sama]

Maka, berikut gambaran efek yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi obat-obatan terlarang, khususnya bagi jiwa dan tubuh Anda.

  • Dehidrasi

Narkoba jenis ekstasi dapat menyebabkan kondisi tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, atau disebut dehidrasi. Akibatnya, tubuh Anda tak bisa berfungsi secara normal. Tak hanya itu, Anda akan mengalami kejang-kejang, halusinasi dan sakit pada dada jika menggunakan ekstasi. Bila digunakan dalam waktu yang lama, ekstasi juga mampu merusak sistem kerja otak.

  • Perubahan Sel Saraf dalam Otak

Menggunakan narkoba secara berulang sanggup merusak sel-sel saraf dalam otak. Sel-sel saraf otak yang tak sinkron akan menyulitkan pengguna narkoba untuk berkomunikasi. Penyalahgunaan narkotika ini memiliki pengaruh pula terhadap sistem kerja sistem saraf. Gangguan saraf sensorik, otonom, motorik, bahkan vegetatif, bukan hal yang mustahil didapatkan pengguna obat-obatan terlarang. .

  • Dampak Depresi

Selain berpengaruh pada tubuh, bahaya narkoba juga dapat membahayakan kejiwaan seseorang. Pengguna narkoba rentan mengalami depresi akut yang bisa menganggu aktivitas sehari-hari. Parahnya, terkena depresi bisa membuat pecandu berani berbuat kejahatan, bahkan melanggar hukum.

  • Dampak Adiktif

Semua jenis narkoba memiliki dampak adiktif atau ketagihan. Jika dalam waktu lama pengguna narkoba tidak mengonsumsi narkoba, biasanya tubuh akan sakit dan kejiwaan pun semakin kritis.

[Baca Juga: Komunitas Peduli Kesehatan Jiwa Into The Light Indonesia]

Demikian, tempat bahaya yang bisa dihasilkan jika Anda menggunakan narkoba. Narkoba memiliki dampak yang bisa mengakibatkan kematian. Pertimbangkan baik-baik segala risiko kesehatan yang menyertainya sebelum mencoba. Jika merasa memiliki kecanduan atas narkoba, segera mencari pertolongan dan mengikuti program rehabilitasi.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.