Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

Bulimia nervosa merupakan gangguan makanan gejala adanya episode binge eating atau makan berlebihan dengan sangat lahap. Lalu, diikuti dengan episode purging atau mengeluarkan makanan kembali. Demikian definisi dari National Eating Disorders Association (NEDA) dari Amerika Serikat (AS).

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales. Seperti diceritakan dalam serial Netflix tersebut, Diana bergumul dengan bulimia selama bertahun-tahun sebelum akhirnya mencari bantuan.

Obsesi Eyeliner Biru Putri Diana Hadir Pula di The Crown Season 4

Episode 3 The Crown Season 4, Lady Diana (diperankan Emma Corrin) pindah dari sebuah flat yang dia tinggali bersama teman-temannya ke Istana Buckingham. Di sana dia menjalani kehidupan bangsawan yang ketat dan terasing. Saat sedang tidak menjadi putri, Diana sendirian dan kesepian.

Pada pertengahan cerita dari episode tersebut, Diana diam-diam pergi ke dapur di malam hari dan melahap aneka pilihan makanan penutup. Setelah itu, dia memuntahkannya di toilet kamarnya. Netflix menyertakan peringatan pemicu gangguan makan atau eating disorder. Namun, bagi mereka yang sedang berjuang dengan gangguan makan, bisa jadi terasa sulit untuk menonton. Menurut para ahli di NEDA pun adegan ini mungkin berlebihan.

[Baca Juga: Merasa Bersalah Makan Banyak? Kenali Gejala Binge Eating Disorder]

“Menggambarkan perilaku seperti makan berlebihan dan membersihkan di layar dapat memicu mereka yang mengalami gangguan makan dan sedang dalam pemulihan, karena ini bisa menjadi panduan 'cara',” kata Manajer Komunikasi NEDA Chelsea Kronengold seperti diberitakan di prevention.com (27/11/2020).

“Menyebarkan kesadaran tentang gangguan makan itu penting, tapi ada garis tipis antara melakukannya secara bertanggung jawab dan memicu orang,” dia menambahkan. Kronengold menyarankan, menunjukkan dampak harian dari gangguan makan atau perjalanan pemulihan bisa lebih konstruktif daripada fokus pada adegan binging dan purging.

Menampilkan Kisah Diana dengan Jujur

Dalam wawancara dengan Vanity Fair, Peter Morgan yang menciptakan serial ini mengatakan, dia tahu The Crown tidak bisa "hanya merujuk" perjuangan Diana. “Tidak mewakili [pertarungannya dengan bulimia] berarti menyangkal kerumitan karaktar mantan Princess of Wales. Tidak pernah terpikir olehku bahwa apa yang kami lakukan berisiko atau tidak biasa dengan menunjukkan perjuangannya melawan bulimia, karena dia sudah sering membicarakannya,” jelas Morgan.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Pada kenyataannya, Putri Diana menginspirasi banyak orang untuk melawan bulimia. Di tengah intensitas perhatian media yang menekannya, serta tanggapan dingin dari para bangsawan Inggris, Diana berhasil mengatasi bulimia berkat pengobatan medis dan psikologis beberapa tahun setelah menderita gangguan makan tersebut. Pada saat dia mengungkapkan perjuangannya pada tahun 1992, Diana bukan lagi penderita bulimia.

[Baca Juga: Konsep Non Diet, Badan Sehat Tidak Perlu Langsing]

Sang putri telah membantu banyak sekali orang mencari bantuan untuk gangguan makan mereka. Menurut NEDA, ada lonjakan besar dalam kasus bulimia yang dilaporkan pada tahun 1992 sehingga dijuluki "Efek Diana". Sekarang, berkat keberanian Putri Diana hampir 30 tahun yang lalu, dia dan The Crown memulai percakapan baru tentang gangguan makan.

"Gangguan makan tidak disebabkan faktor tunggal dan tidak ada dua orang yang mengalami gangguan makan dengan cara yang persis sama. Meskipun beberapa orang mungkin menemukan kesamaan antara pengalaman Putri Diana dan pengalaman mereka sendiri, itu tidak berarti bahwa pengalaman mereka lebih atau kurang valid," tutup Kronengold.

Read More

Artikel Lainnya

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun.jpg

Pendidikan

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun

22 January 2021, 17:12

Seorang mahasiswi UI berhasil meraih gelar doktornya hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun saja dan disinyalir menjadi doktor termuda serta tercepat di universitas tersebut.

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

Berita Kawasan

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

22 January 2021, 17:09

Berbagai kantor kecamatan di daerah rawan banjir di Kabupaten Bekasi akan disiapkan jadi lokasi pengungsian warga korban banjir.

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19

22 January 2021, 14:04

Demi mempercepat proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, Pemkot Surabaya menambah fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan vaksin Sinovac.


Comments


Please Login to leave a comment.