Kenali Gangguan Psikosomatik pada Diri Anda

Kesehatan

Kenali Gangguan Psikosomatik pada Diri Anda

Pernahkah Anda merasa stres atau cemas akan sesuatu? Sesuatu yang belum pasti atau tidak memiliki jaminan terkadang memberikan kita rasa cemas, murung hingga stress. Hal ini sering terjadi, khususnya buat Anda yang tinggal di daerah perkotaan, dimana urban life sangat terbilang sangat rentan terserang masalah cemas ataupun stres. Rasa cemas dan stres yang terus menerus dirasa tak jarang akan mempengaruhi kesehatan fisik atau tubuh, hal ini dikenal sebagai gangguan psikosomatik.

Apa Itu Psikosomatik?

Pada dasarnya, psikomatik merupakan gangguan penyakit atau keluhan fisik (tubuh) yang dapat diperburuk oleh kondisi mental seseorang. Gejala psikomatik biasanya dipicu oleh rasa cemas yang tinggi, stres hingga depresi yang berkelanjutan. Karena pengaruh mental tersebut, secara tidak langsung gangguan pikiran seperti stres atau cemas dapat mempengaruhi fisik secara signifikan.

[Baca Juga: Ini 4 Tipe Gangguan Kecemasan yang Kerap Terjadi]

3 Alasan Mengapa Kopi Dapat Membuat Sakit Perut

Contoh pengaruh fisik

  • Sakit perut atau nyeri ulu hati
  • Sakit punggung belakang
  • Sakit gigi
  • Sakit kepala dan migrain
  • Bernapas dengan cepat
  • Jantung berdebar-debar
  • Gemetar (tremor)
  • Berkeringat

Melansir dari halodokter.com, Gejala-gejala fisik ini timbul akibat adanya peningkatan aktivitas impuls atau rangsangan saraf dari otak ke berbagai bagian tubuh. Selain itu, pelepasan adrenalin (epinefrin) ke dalam dalam pembuluh darah yang sering muncul saat kita gelisah. Dengan kata lain, gangguan yang terjadi pada mental (pikiran) akan sangat mempengaruhi kondisi tubuh fisik seseorang.

Ini 5 Jenis Stres dan Cara Mengatasinya

Beberapa tanda yang dapat menandakan keluhan Anda tergolong psikosomatik:

  • Keluhan fisik yang dipicu oleh stres, umumnya menimbulkan pola keluhan serupa dan berulang.
  • Orang yang terkena masalah psikosomatik cenderung memiliki keluhan fisik beserta rasa khawatir berlebih terhadap hal yang dikeluhkannya.
  • Keluhan psikosomatik umumnya muncul pada saat Anda berada di bawah tekanan, atau saat beban pikiran meningkat (stres atau cemas).

[Baca Juga: 4 Jenis Makanan ini Mampu Meredakan Stres]

Penting untuk diketahui bahwa dari kondisi mental yang Anda alami saat ini, dapat memengaruhi seberapa buruk tingkat penyakit fisik yang akan Anda rasakan nantinya. Dengan demikian, menjaga suasana hati dan mengelola stres dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting agar Anda terhindar dari gangguan psikosomatik.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 8 months, 2 weeks lalu
    suki

    guys ada kabar baru nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke dupa88,net jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan....