Kenali Jenis-jenis Garam Ini, Jarang Orang Tahu loh

Kuliner

Kenali Jenis-jenis Garam Ini, Jarang Orang Tahu Lho!

Selain gula, garam termasuk bumbu dapur yang paling sering dipakai sebagai pelengkap rasa masakan Anda. Garam dengan rasa asinnya dapat menambah rasa gurih sebuah masakan. Garam memiliki banyak jenis dan fungsinya, tidak hanya berwarna putih dengan butirannya yang halus. Berikut jenis-jenis garam yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir laman realsimple.com (28/02/2020).

[Baca Juga: Garam Himalaya Warna Merah Jambu Kesehatan yang Bernutrisi]

Kenali Jenis-jenis Garam Ini, Jarang Orang Tahu loh Garam Kosher

1) Garam Kosher

Garam kosher dapat digunakan untuk semua masakan. Garam ini dapat larut dengan cepat dan rasanya bisa menyebar dengan cepat. Para koki juga merekomendasikan garam ini untuk dipakai pada masakan apa saja mulai dari daging panggang hingga popcorn.

Tekstur garam kosher cenderung kasar. Dengan teksturnya yang kasar dapat membuatnya mudah untuk mencubit jumlah yang sempurna.

Kenali Jenis-jenis Garam Ini, Jarang Orang Tahu loh Garam Laut Kristal

2) Garam Laut Kristal

Gunakan laut Kristal dapat digunakan untuk menambahkan rasa yang tajam ke makanan yang baru dimasak. Butiran garam kristal ini melengkapi rasa makanan Anda seperti salad segar hingga fillet salmon.

Teksturnya kasar. Ukuran garam laut kristal yang tidak teratur mempengaruhi seberapa cepat garam larut. Warnanya bervariasi yang tergantung pada mineral yang dikandungnya. Tanah liat merah yang kaya zat besi, misalnya memberi warna merah muda pada garam laut hawai. Kotoran alami ini dapat menambahkan rasa asin, manis, atau bahkan pahit pada garam.

Kenali Jenis-jenis Garam Ini, Jarang Orang Tahu loh Fleur de Sel atau Kembang Garam

3) Fleur de Sel atau Kembang Garam

Garam ini tidak mengalami kristalisasi dan memiliki kadar asin yang lebih rendah dari garam biasanya. Tekstur kembang garam kasar dengan butirannya yang besar. Kembang garam dijual dengan harga yang mahal, terlebih lagi bila garam tersebut impor.

Kenali Jenis-jenis Garam Ini, Jarang Orang Tahu loh Garam Batu

4) Garam Batu

Garam batu biasa digunakan untuk membuat es krim. Garam batu selalu dicampus dengan batu es sehingga memudahkan proses pembekuan es krim.

Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat trotoar. Garam batu tidak dijual langsung pada makanan. Biasanya dikemas dalam bentuk organik, tidak diproses. Bentuk garam batu mirip dengan batu, padat serta teksturnya yang kasar.

Kenali Jenis-jenis Garam Ini, Jarang Orang Tahu loh Pickling Salt

5) Pickling Salt

Pickling salt biasa digunakan untuk mengasinkan acar. Hampir 100 persen mengandung natrium klorida dan merupakan garam yang paling murni. Pickling salt merupakan garam pengawet yang memiliki butiran halus yang membuatnya mudah larut dalam air garam. Namun, berhati-hatilah menggunakan picking salt ini. Pickling salt jauh lebih pekat daripada garam yang umum digunakan, jadi Anda harus menggunakannya lebih sedikit.

Garam ini tidak diperkaya dengan yodium sebagai kebutuhan nutrisi juga tidak mengandung bahan kimia anti-kreasi.

[Baca Juga: Garam Ini Aman untuk Penderita Hipertensi]

Nah, sudah tahu kan, jenis-jenis garam yang bisa Anda gunakan untuk keperluan masakan ini? Jangan salah memilih jenis garam. Sekarang Pointers bisa menggunakan garam dengan tepat sesuai jenisnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.