Kenali Faedah Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Kesehatan

Kenali Manfaat dan Faedah Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Kelengkeng (Euphoria longana) atau yang juga biasa disebut lengkeng merupakan buah mungil dan memiliki rasa manis yang membuatnya disukai banyak orang. Kulit buah berwarna cokelat muda sampai cokelat gelap dengan permukaan agak berbintil-bintil. Daging buah yang berwarna putih bening dan berair, serta memiliki aroma harum yang khas.

Buah kelengkeng memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan gizi tersebut adalah sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin C, phosphorus, karbohidrat, dan beberapa kandungan lainnya yang memang sangat dibutuhkan tubuh.

Kenali Manfaat dan Faedah Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Berikut ada sejumlah manfaat buah kelengkeng yang PingPoint.co.id rangkum dari beberapa sumber.

  • Perawatan Kulit

Vitamin C hadir dalam jumlah tinggi dalam kelengkeng, sangat penting untuk sintesis kolagen, yang menjaga kulit tetap kuat dan sehat. Vitamin C memberikan perlindungan antioksidan terhadap radiasi ultraviolet dan membersihkan stres oksidatif di sistem Anda.

  • Antipenuaan

Kelengkeng dapat membantu menghilangkan kerutan, bintik-bintik usia, serta noda dan munculnya bekas luka. Daging buah mengandung vitamin B dan C serta antioksidan, yang memiliki sifat anti-penuaan dan meminimalkan kekeringan, serta pengelupasan kulit.

  • Mengatasi Insomnia

Ekstrak Lengkeng memiliki aktivitas ansiolitik, yang memperpanjang waktu tidur pada manusia. Daging buah dan jaringan dalam bijinya sering digunakan dalam ramuan tonik Tiongkok untuk meningkatkan ketenangan dan mendorong tidur yang dalam dan menyegarkan.

[Baca Juga: 6 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan]

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah

Ada sejumlah jejak zat besi di kelengkeng, yang dapat membantu merangsang produksi sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi. Dengan aliran darah yang tepat, Anda akan memiliki sumber daya yang dikirim ke bagian-bagian penting tubuh, serta oksigen, yang dapat meningkatkan energi dan mencegah gejala anemia.

  • Menurunkan Berat Badan

Karena jumlah kalori yang sangat rendah yang ditemukan dalam kelengkeng, ini sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Kepadatan nutrisi dapat membantu menekan nafsu makan.

  • Meningkatkan Energi

Dalam pengobatan tradisional Cina, diyakini bahwa kelengkeng dapat membantu menyeimbangkan Qi, yang dapat meningkatkan tingkat energi, mencegah penyakit kronis, mengurangi pusing dan meningkatkan metabolisme.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Kalium yang ada pada kelengkeng dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Mineral adalah vasodilator, yang berarti dapat melepaskan ketegangan di pembuluh darah dan arteri Anda, yang pada akhirnya dapat melindungi sistem kardiovaskular dan mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

[Baca Juga: Resep Rambut Sehat dengan Avokad dan Madu]

  • Perlindungan Syaraf

Kelengkeng dapat membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh, dan ini dapat membantu memperbaiki fungsi sistem saraf. Sinyal-sinyal listrik yang diperlukan untuk setiap tindakan dalam tubuh harus melewati elektrolit, sehingga buah ini dapat membantu fungsi keseluruhan dan bahkan gerakan otot.

  • Memperkuat Kekebalan

Kelengkeng menjadi sumber yang kaya vitamin C, sehingga dapat memberi dorongan bagi sistem kekebalan Anda selain meningkatkan aktivitas antioksidan.

  • Mencegah Penyakit Kronis

Meski memiliki sejumlah kecil antioksidan, buah ini masih dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan menetralisir dampaknya di dalam tubuh. Ini dapat membantu mencegah mutasi sel-sel sehat, yang dapat mengurangi risiko kanker, arthritis, penyakit autoimun, dan berbagai kondisi jantung.

[Baca Juga: 7 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit]

  • Melancarkan Pencernaan

Kelengkeng kering dan segar memiliki kandungan serat yang tinggi yang membantu gerakan peristaltik. Hal ini mencegah gejala sembelit, gangguan pencernaan, diare, kembung, kram, dan sakit perut umum, sekaligus meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi.

  • Menjaga Kesehatan Mata dan Gigi

Vitamin B, terutama B6, B12, dan asam folat yang ada dalam buah tropis ini menurunkan kemungkinan degenerasi makula terkait usia dan membantu menjaga kesehatan penglihatan. Kelengkeng mengandung banyak vitamin B, juga dikenal untuk menjaga gigi dan gusi dalam kondisi baik.

Mengonsumsi buah kelengkeng sangat disarankan, tapi bagi Anda yang menderita penyakit diabetes tidak disarankan terlalu banyak mengkonsumsi karena kandungan gulanya cukup tinggi.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.