ads
Manfaat Kopi Hijau 1.jpg

Kesehatan

Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau

Kopi hijau sebenarnya sama dengan jenis biji kopi lainnya. Hanya cara pengolahannya saja yang berbeda. Biji kopi pada umumnya biasanya dipanggang sebelum dapat diseduh. Sedangkan kopi hijau merupakan jenis kopi yang diolah tanpa melalui proses panggang.

Intinya kopi hijau ialah biji kopi dari buah kopi yang belum dipanggang. Karena biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat (chlorogenic acids) yang lebih tinggi daripada biji kopi biasa, yaitu 9 persen. Namun, jumlah ini dapat dipengaruhi berbagai faktor, seperti jenis tanah, dan faktor genetik.

[Baca Juga: Ternyata Kopi Punya Sejuta Manfaat Bagi Kesehatan]

Asam klorogenat sendiri berfungsi sebagai sarana pertahanan alami serta memberi alarm kegiatan dalam interaksi antara tanaman tersebut dan mikroba dalam tanah tempatnya bertumbuh.

Proses pembuatan kopi hijau bisa melalui proses roasting. Mengolah biji kopi hijau dengan roasting ini bertujuan untuk menghilangkan rasa pahit pada biji kopi.

Bagai pisau bermata dua, ternyata mengonsumsi kopi hijau mempunyai manfaat dan risiko secara bersamaan. Berikut manfaat dan risiko meminum kopi hijau bagi kesehatan.

Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Kopi Hijau

1. Menurunkan Darah Tinggi

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Clinical and Experimental Hypertension (31/1/2019), sejumlah pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi hijau per hari bakal mengalami penurunan tekanan darah cukup signifikan.

Hebatnya, hingga saat ini belum ada efek buruk yang dilaporkan oleh pasien, sehingga menikmati kopi hijau guna menurunkan darah tinggi bisa disebut aman dan dianjurkan.

2. Mengurangi Jumlah Kerusakan Sel

Berbeda dengan biji kopi lainnya, biji kopi hijau mengandung beberapa zat antioksidan. Zat ini sanggup mengurangi efek radikal bebas yang bisa merusak sel dalam tubuh. Menurut penelitian yang diterbitkan pada 2004 oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry, antioksidan asam klorogenat pada biji kopi hijau bisa mencegah dan mengurangi jumlah kerusakan sel-sel dalam tubuh. Tak hanya itu, biji kopi hijau juga dapat membantu Anda terhindar dari empa jenis sel kanker.

3. Menurunkan Berat Badan

Menikmati satu gelas kopi hijau ternyata bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya perbanyak konsumsi kopi hijau. Asam klorogenat yang ada pada biji kopi belum dipanggang dapat diserap ke dalam tubuh karena terdapat ekstraknya.

[Baca Juga: 4 Tempat Ngopi Asyik di Bintaro]

Sebuah penelitian yang dilakukan Diabetes, Metabloic Syndrome and Obesity Targets and Therapy pada 2012 juga mengatakan , kopi hijau dapat membantu menurunkan berat badan.

Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau

Sesuatu yang berlebihan tentu bukanlah hal yang baik. Perumpamaan tersebut juga berlaku untuk kopi hijau. Kopi hijau aman dikonsumsi harus dengan dosis yang tepat, yakni 480 mg per hari, selama 12 minggu.

Tak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan kafein yang terkandung dalam kopi hijau. Sama dengan kopi pada umumnya, kopi hijau juga menyebabkan efek samping yang muncul karena kafein. Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa menyebabkan seseorang gampang gugup, mual, sakit perut, dan insomnia.

Bagi Anda yang memiliki penyakit seperti diabetes, diare, kolesterol tinggi atau gangguan pendarahan, sebaiknya Anda selalu waspada agar tak terlalu banyak mengonsumsi kopi hijau agar tak memperparah penyakit.

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads