Kenali Manfaat Sehat dari Aroma dan Bunga Sedap Malam

Kesehatan

Kenali Manfaat Sehat dari Aroma dan Bunga Sedap Malam

Di antara banyak bunga yang memiliki keharuman, salah satu bunga pengharum ruangan alami yang menjadi favorit di setiap perayaan hari Lebaran adalah bunga sedap malam. Bunga yang hanya ada di kawasan Asia Tenggara ini menjadi sangat laris saat H-3 sampai H-1 Lebaran. Namun, sebenarnya bunga sedap malam tidak hanya banyak digunakan di hari Lebaran. Tetapi, juga sering dipakai untuk acara pernikahan, terutama adat Jawa.

Di balik keharumannya yang khas, ternyata aroma bunga ini memiliki manfaat bagi kesehatan jika dihirup. Tidak hanya itu, bahkan bunganya bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut manfaat dari bunga sedap malam mulai dari aroma hingga bunganya yang dirangkum PingPoint.co.id dari beberapa sumber.

1. Anti Depresi

Aroma dari bunga sedap malam bisa menenangkan pikiran dan membantu melepas stres, terutama saat badan sedang lelah. Aromanya mampu membuat relaks, sehingga tidak heran jika banyak parfum atau pengharum ruangan buatan yang dibuat dengan aroma ini dan dimanfaatkan sebagai aromaterapi.

[Baca Juga: Warga Tangsel Cegah DBD dengan Tanam Lavender]

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Dengan aroma dari bunga sedap malam yang bisa membuat relaks, juga berpengaruh pada sirkulasi darah. Sehingga ketika tubuh relaks, bisa membantu memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Saat sirkulasi darah lancar, maka bernapas menjadi lebih lega, zat sisa dikeluarkan dengan baik, serta memperbaiki kondisi nyeri sendi atau mengobati reumatik secara alami.

3. Meningkatkan Gairah

Inilah alasan bunga sedap malam kerap dipakai di hari pernikahan. Karena aroma bunga sedap malam bisa meningkatkan gairah seksual. Hal itu disebabkan harum dari bunga sedap malam membantu menstimulasi syaraf otak yang mengontrol gairah dan perasaan seksual.

4. Mengobati Insomnia

Ternyata, bagian bunga pada bunga sedap malam bisa membantu mengurangi insomnia. Anda bisa mengonsumsi hati ayam yang ditumis dengan dicampur dengan kuntum bunga sedap malam. Cara membuatnya adalah siapkan kuntum bunga sedap malam, kie cie yang bisa dibeli di toko obat cina, bawang putih, bawang merah, jahe, garam merica dan hati ayam. Potong bawah merah dan bawang putih, lalu campurkan semua bahan menjadi satu, dan tumis menggunakan minyak goreng non kolesterol. Tambahkan tepung tapioka yang telah dicairkan, lalu masak hingga matang.

[Baca Juga: Tempat Pilihan Bagi yang Ingin Belajar Merangkai Bunga]

5. Mengobati Influenza

Selain mencampurkan kuntum bunga sedap malam ke masakan dari hati ayam, Anda juga bisa mengonsumsi minuman yang berkhasiat mengobati flu. Cara membuat ramuan minuman campuran bunga sedap malam yaitu campurkan bunga dari bunga sedap malam dengan jahe dan bawang putih. Jadi, bagi Anda yang ingin sembuh dari flu, bisa mencoba mengobatinya dengan minuman dari bunga sedap malam.

Itulah lima manfaat dari bunga sedap malam. Apakah Anda punya referensi jenis bunga lain yang punya manfaat sehat seperti bunga sedap malam?

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.