Kenali Pemicu Kambuhnya Penyakit Asam Lambung di Kala Puasa

Kesehatan

Kenali Pemicu Kambuhnya Penyakit Asam Lambung

Penyakit maag atau yang juga dikenal dengan asam lambung dirasa tidak nyaman bagi penderitanya, khususnya di bagian perut. Tetapi, tidak jarang pula nyeri dada menyerang ketika maag kambuh. Namun, apakah Anda tahu apa yang menjadi pemicu penyakit maag?

Berikut pemicu maag yang paling umum terjadi pada kebanyakan orang yang dikutip PingPoint.co.id dari beberapa sumber.

  • Makan dengan Porsi Besar

Mengonsumsi makanan dengan porsi besar atau dalam jumlah banyak sekaligus bisa memicu rasa sakit akibat lambung. Untuk menghindarinya, Anda perlu membagi makanan Anda ke dalam porsi yang lebih kecil, namun dikonsumsi dengan sering dan teratur.

[Baca Juga: Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat]

  • Olahraga

Olahraga juga bisa memicu ketidaknyamanan di perut. Hal ini bisa terjadi jika berolahraga dengan cara yang salah sehingga bisa mengocok perut dan menyebabkan isi perut naik ke sistem pencernaan.

  • Merokok

Bagi penderita maag, jika merokok juga bisa memicu maag. Karena merokok bisa mengendurkan esophagus, belum lagi efek buruk lainnya pada kesehatan.

  • Kebiasaan Makan

Gejala maag juga dipicu dari kebiasaan makan, seperti makan larut malam, berbaring selama sekitar satu jam setelah makan, serta berbaring dengan menempatkan perut lebih tinggi dari kerongkongan dan bisa meningkatkan risiko asam yang mengalir kembali ke kerongkongan.

[Baca Juga: Apa itu Siwak dan Manfaatnya Bagi Kesegaran Napas Saat Berpuasa]

  • Obat

Non-steroid anti-inflammatory (NSAID) dapat mengendurkan esophagus sphincter sehingga menyebabkan gejala maag. Jika Anda menggunakan obat tekanan darah tinggi, ada kemungkinan Anda mungkin memiliki gejala maag dari waktu ke waktu.

  • Menu Makan

Ada makanan yang memicu gejala maag, antara lain buah jeruk asam, tomat, bawang putih, bawang Bombay, makanan pedas dari merica dan cabai, peppermint, keju, kacang-kacangan, alpukat, steak rib-eye, kopi, soda, minuman bersinergi dan minuman beralkohol.

  • Stres

Stres bisa merangsang area tertentu pada otak seperti disebutkan beberapa ahli. Jika area tertentu pada otak terangsang akibat stres, maka akan berpengaruh pada meningkatnya sensitifitas terhadap nyeri, termasuk nyeri ulu hati. Penyebab lainnya adalah stres bisa menurunkan kadar hormon prostaglandin yang berperan melindungi lapisan lambung dari asam lambung.

[Baca Juga: 9 Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Maag]

Jika Anda tidak ingin maag kambuh yang bisa menggangu aktivitas, sebaiknya Anda hindari enam pemicu gejala maag di atas. Namun, memang sebagian orang juga memiliki pemicu lain yang meningkatkan produksi asam lambung. Dengan menemukan pemicu maag, Anda bisa mengatasi gejala maag secara efektik dan membuat perencanaan menu makanan, serta olahraga yang cocok untuk kondisi kesehatan Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

Kesehatan

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

19 August 2019, 23:00  |  2 Views

Tubuh manusia memiliki komponen ajaib yang dirancang untuk menghadapi tantangan dalam beraktivitas. Serotonin ialah hormon yang dapat diandalkan untuk mencegah depresi.

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

Pendidikan

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

19 August 2019, 22:00  |  1 Views

Kementerian Perindustrian terus mendorong pelaku industri untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi.

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

Kecantikan dan Fashion

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

19 August 2019, 21:00  |  5 Views

Toner memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan kulit Anda, namun sebelum menggunakannya coba perhatikan kiat memilih toner sesuai jenis kulit.

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

Berita Kawasan

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

19 August 2019, 20:00  |  4 Views

Pemprov DKI memutuskan untuk menanam bougenville di sejumlah titik Jakarta Pusat demi mengendalikan polusi udara Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.