Kenali Pemicu Kambuhnya Penyakit Asam Lambung di Kala Puasa

Kesehatan

Kenali Pemicu Kambuhnya Penyakit Asam Lambung

Penyakit maag atau yang juga dikenal dengan asam lambung dirasa tidak nyaman bagi penderitanya, khususnya di bagian perut. Tetapi, tidak jarang pula nyeri dada menyerang ketika maag kambuh. Namun, apakah Anda tahu apa yang menjadi pemicu penyakit maag?

Berikut pemicu maag yang paling umum terjadi pada kebanyakan orang yang dikutip PingPoint.co.id dari beberapa sumber.

  • Makan dengan Porsi Besar

Mengonsumsi makanan dengan porsi besar atau dalam jumlah banyak sekaligus bisa memicu rasa sakit akibat lambung. Untuk menghindarinya, Anda perlu membagi makanan Anda ke dalam porsi yang lebih kecil, namun dikonsumsi dengan sering dan teratur.

[Baca Juga: Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat]

  • Olahraga

Olahraga juga bisa memicu ketidaknyamanan di perut. Hal ini bisa terjadi jika berolahraga dengan cara yang salah sehingga bisa mengocok perut dan menyebabkan isi perut naik ke sistem pencernaan.

  • Merokok

Bagi penderita maag, jika merokok juga bisa memicu maag. Karena merokok bisa mengendurkan esophagus, belum lagi efek buruk lainnya pada kesehatan.

  • Kebiasaan Makan

Gejala maag juga dipicu dari kebiasaan makan, seperti makan larut malam, berbaring selama sekitar satu jam setelah makan, serta berbaring dengan menempatkan perut lebih tinggi dari kerongkongan dan bisa meningkatkan risiko asam yang mengalir kembali ke kerongkongan.

[Baca Juga: Apa itu Siwak dan Manfaatnya Bagi Kesegaran Napas Saat Berpuasa]

  • Obat

Non-steroid anti-inflammatory (NSAID) dapat mengendurkan esophagus sphincter sehingga menyebabkan gejala maag. Jika Anda menggunakan obat tekanan darah tinggi, ada kemungkinan Anda mungkin memiliki gejala maag dari waktu ke waktu.

  • Menu Makan

Ada makanan yang memicu gejala maag, antara lain buah jeruk asam, tomat, bawang putih, bawang Bombay, makanan pedas dari merica dan cabai, peppermint, keju, kacang-kacangan, alpukat, steak rib-eye, kopi, soda, minuman bersinergi dan minuman beralkohol.

  • Stres

Stres bisa merangsang area tertentu pada otak seperti disebutkan beberapa ahli. Jika area tertentu pada otak terangsang akibat stres, maka akan berpengaruh pada meningkatnya sensitifitas terhadap nyeri, termasuk nyeri ulu hati. Penyebab lainnya adalah stres bisa menurunkan kadar hormon prostaglandin yang berperan melindungi lapisan lambung dari asam lambung.

[Baca Juga: 9 Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Maag]

Jika Anda tidak ingin maag kambuh yang bisa menggangu aktivitas, sebaiknya Anda hindari enam pemicu gejala maag di atas. Namun, memang sebagian orang juga memiliki pemicu lain yang meningkatkan produksi asam lambung. Dengan menemukan pemicu maag, Anda bisa mengatasi gejala maag secara efektik dan membuat perencanaan menu makanan, serta olahraga yang cocok untuk kondisi kesehatan Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Ketika Sastra Alih Wahana ke dalam Sadiwara Audio di Tangan Puluhan Seniman

Hobi dan Hiburan

Puluhan Seniman Alih Wahana Karya Sastra Menjadi Sadiwara Audio

03 July 2020, 21:00

Pertunjukan ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta kawan-kawan media dengan nama Sandiwara Sastra.

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Hotel Boleh Kembali Beroperasi

Bisnis

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Kegiatan MICE Boleh Beroperasi

03 July 2020, 20:00

Dalam fase Pra-AKB ini, Bima Arya kembali membuka sektor baru, yakni transportasi seperti ojek online (ojol) dan ojek pangkalan (opang) serta kegiatan-kegiatan di hotel selain fasilitas penginapan.

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

Berita Kawasan

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

03 July 2020, 19:00

Semenjak PSBB jilid IV hingga saat ini, pengambilan dokumen sipil di kantor Disdukcapil sudah kembali normal. Sebelumnya, ada pembatasan waktu dan jumlah pemohon disetiap harinya.

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Kuliner

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

03 July 2020, 18:00

Pertama didirikan tahun 1936, toko kue dan roti Maison Weiner masih terus menjual roti dan kue hingga sekarang. Produksinya ditangani oleh generasi ke-3, Heru Laksana.


Comments


Please Login to leave a comment.