Kenali Penyebab Bercak Putih pada Kulit

Kesehatan

Kenali Penyebab Bercak Putih pada Kulit

Banyak orang sangat mengingingkan kulit yang sehat, terutama wanita. Selain kesehatan kulit yang optimal, yang menjadi idaman semua orang adalah memiliki kulit berpigmentasi normal dan merata. Karena sebagian orang kerap mengalamai bercak putih pada kulit, baik di wajah, leher, tangan, bagian lipatan kulit atau bahkan di bagian badan lainnya.

[Baca Juga: Cara Alami Atasi Belang pada Wajah Wanita Berhijab]

Bercak putih pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, di antaranya adalah sebagai berikut.

Kenali Penyebab Bercak Putih pada Kulit Pityriasis Versicolor Tinea Versicolor Panu

  • Pityriasis Versicolor/Tinea Versicolor/Panu

Panu terjadi akibat infeksi jamur yang umum terjadi pada kulit. Pertumbuhan jamur dari genus Malassezia, yaitu mikroorganisme yang ditemukan pada kulit normal menjadi penyebab munculnya salah satu penyakit kulit ini. Biasanya, panu muncul pada area dada dan punggung. Penyakit ini juga bisa membuat kulit memiliki bercak kecokelatan dan bersisik. Kondisi ini paling sering menyerang anak muda dan cenderung lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan wanita.

Kenali Penyebab Bercak Putih pada Kulit Pityriasis Alba

  • Pityriasis Alba

Pityriasis alba merupakan kelainan kulit yang menghasilkan bercak putih, yang biasanya muncul pada pipi, leher, dagu dan bahu. Meskipun penyebab utamanya belum diketahui, penyakit kulit ini biasanya dikaitkan dengan eksim, alergi, kulit kering dan paparan sinar matahari. Kelainan ini sering terjadi pada anak-anak hingga dewasa dan lebih terlihat pada orang yang berkulit gelap.

Bercak putih karena kelainan kulit ini bisa hilang dengan sendirinya, namun tentu dengan waktu yang lama bila tidak menjaga kelembapan kulit. Salah satu cara menjaga kelembapan kulit adalah dengan menggunakan krim hidrokortison dan membiarkan tubuh terkena paparan sinar matahari yang cukup.

[Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Musim Hujan]

Kenali Penyebab Bercak Putih pada Kulit Vitiligo

  • Vitiligo

Vitiligo adalah kondisi kulit dengan muncul bercak putih akibat warna kulit menghilang. Penyebabnya adalah kurangnya melanin atau pigmen di kulit. Selain itu, adanya gangguan sistem kekebalan tubuh, memiliki riwayat keluarga yang menderita vitiligo, serta beberapa hal lain seperti paparan sinar matahari, stres dan paparan bahan kimia industri juga bisa menyebabkan dan meningkatkan risiko terjadinya kelainan kulit ini.

Bercak-bercak putih pada kondisi ini biasanya muncul di jari-jari tangan, leher, kaki, tangan, wajah, bagian bibir, alis, bulu mata hingga rambut. Bercak putih pada kulit yang disebabkan virtiligo ini bersifat permanen, namun tidak ada salahnya juga bila dikonsultasikan pada dokter spesialis kulit.

[Baca Juga: Berasa Gatal Berlebih, Bisa Jadi Itu Psiorasis]

Ketiga penyebab bercak putih pada kulit di atas bisa saja terjadi pada Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir bila bertemu dengan orang yang memiliki bercak putih seperti ketiga penyakit kulit di atas. Karena ketiga penyebab bercak putih di atas bukanlah penyakit menular. Dan bila bercak putih itu muncul pada kulit dan mengganggu penampilan Anda, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Read More

Artikel Lainnya

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

Kesehatan

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

19 August 2019, 23:00  |  2 Views

Tubuh manusia memiliki komponen ajaib yang dirancang untuk menghadapi tantangan dalam beraktivitas. Serotonin ialah hormon yang dapat diandalkan untuk mencegah depresi.

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

Pendidikan

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

19 August 2019, 22:00  |  1 Views

Kementerian Perindustrian terus mendorong pelaku industri untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi.

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

Kecantikan dan Fashion

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

19 August 2019, 21:00  |  5 Views

Toner memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan kulit Anda, namun sebelum menggunakannya coba perhatikan kiat memilih toner sesuai jenis kulit.

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

Berita Kawasan

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

19 August 2019, 20:00  |  4 Views

Pemprov DKI memutuskan untuk menanam bougenville di sejumlah titik Jakarta Pusat demi mengendalikan polusi udara Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.