Kenali Penyebab Nyeri Haid

Kesehatan

Kenali Penyebab Nyeri Haid

Nyeri haid biasanya dirasakan sebagian perempuan pada saat menstruasi. Pada beberapa perempuan, rasa sakit di perut bagian bawah ini tidak begitu terasa hingga dapat beraktivitas seperti biasa. Namun, ada juga sebagian lain merasakan nyeri yang tidak tertahankan hingga tidak mampu melakukan aktivitas apa pun. Mengutip dari beberapa literatur, penyebab nyeri haid bisa bermacam-macam, seperti kontraksi penyebab nyeri atau penyakit tertentu.

Kenali Penyebab Nyeri Haid

Pahami Kontraksi Penyebab Nyeri

Ketiadaan oksigen di rahim yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri. Karena seumur hidup wanita, terjadi kontraksi halus pada otot dinding rahim yang umumnya tidak terasa. Namun, pada masa menstruasi kontraksi ini menjadi makin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim.

[Baca Juga: Sebelum Memutuskan Pakai, Yuk Kenali Menstrual Cup Lebih Dalam!]

Tubuh juga mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin yang memicu otot rahim terus berkontraksi lebih banyak, sehingga rasa nyeri semakin buruk. Prostaglandin adalah bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh wanita dan dapat menyebabkan banyak gejala yang berhubungan dengan ketidaknyamanan saat menstruasi. Selain itu, prostaglandin juga memicu kondisi lain seperti mual, diare, lemas, dan sakit kepala yang kerap menyertai nyeri. Diduga, sebagian wanita memproduksi prostaglandin dalam jumlah lebih banyak sehingga lebih merasakan nyeri dibandingkan yang lain.

Selain Itu, Apakah yang Dimaksud Penyakit Tertentu?

Nyeri haid atau dismenore adalah kondisi medis pada waktu menstruasi, ditandai dengan nyeri atau rasa sakit di daerah perut maupun panggul yang dapat mengganggu aktivitas dan memerlukan pengobatan. Dismenore dapat dikategorikan menjadi dua macam, yakni dismenore primer adalah rasa nyeri yang umum dialami wanita terutama di sekitar masa awal menstruasi. Dan dismenore sekunder disebabkan oleh kondisi atau gangguan pada sistem reproduksi wanita. Nyeri akibat dismenore sekunder biasanya terjadi lebih awal daripada nyeri menstruasi biasa dan berlangsung lebih lama. Adapun gangguan yang menyebabkan dismenore sekunder dapat berupa:

  • Endometriosis

Terjadi ketika sel-sel yang menyelubungi rahim mulai tumbuh di luar rahim, seperti ovarium atau tuba falopi. Sel ini bisa menimbulkan rasa sakit yang berat ketika meluruh.

  • Radang Panggul

Infeksi yang bisa mengakibatkan peradangan atau inflamasi pada rahim, ovarium, dan tuba falopi.

  • Adenomiosis

Jaringan lapisan paling dalam rahim mulai tumbuh ke dalam dinding otot rahim, sehingga menimbulkan nyeri saat haid.

  • Fibroid

Tumor yang tidak bersifat kanker di dalam rahim dan dapat membuat menstruasi Anda terasa menyakitkan.

  • Intrauterine Device (IUD)

Kontrasepsi yang ditempatkan di dalam rahim ini terkadang dapat menyebabkan nyeri haid, terutama di masa awal pemasangan.

  • Stenosis Leher Rahim

Pembukaan pada leher rahim beberapa wanita sangat kecil, sehingga menghambat aliran darah untuk keluar saat haid. Kondisi ini menyebabkan tekanan yang menyakitkan di dalam rahim.

[Baca Juga: Begini Cara Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat]

Selain nyeri haid, dismenore sekunder umumnya disertai gejala lain seperti menstruasi yang tidak teratur, keputihan yang kental dan berbau, perdarahan di antara masa menstruasi, serta nyeri saat melakukan hubungan seksual.

Nyeri haid jangan dianggap sepele, Anda harus segera periksakan diri ke dokter jika terjadi perdarahan berlebihan, atau bila periode menstruasi lebih lama dari biasanya. Sebelum terjadi kondisi tersebut, wanita harus sadar pentingnya cek kesehatan ke dokter. Setidaknya melakukan pengecekan masalah kewanitaan sekali dalam beberapa bulan.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.