Kenali Sosok Orang Yang Memiliki Kepribadian Ganda

Kesehatan

Kenali Sosok Orang Yang Memiliki Kepribadian Ganda

Apakah Anda pernah menonton film Glass yang salah satu tokoh mengalami gangguan kepribadian ganda bernama Kevin, diperankan James McAvoy? Kepribadian ganda atau gangguan identitas disosiatif adalah kondisi di mana seorang individu memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Umumnya gangguan ini disebabkan oleh kejadian traumatis yang dialami individu tersebut di masa kecilnya. Bentuk trauma ini bisa berupa kekerasan fisik atau emosional yang terjadi secara berulang-ulang.

Dilansir dari beberapa literatur, dalam artikel ini PingPoint.co.id menguak kepribadian ganda atau indentitas disosiatif:

Apakah Penyebab Seseorang Memiliki Gangguan Kepribadian Ganda?

Meski kepribadian ganda belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya, penelitian menunjukkan bahwa sekitar 90 persen penderita kepribadian ganda memiliki pengalaman traumatis di masa kecilnya. Pengalaman itu bisa berupa penganiayaan, pelecehan fisik atau emosional secara berulang. Penelitian juga menduga bahwa pola asuh orangtua yang sering membuat anak merasa takut bisa membuat anak mengalami kepribadian ganda. Selain itu, sejumlah penelitian menduga bahwa gangguan ini rentan terjadi pada individu yang memiliki riwayat kepribadian ganda di dalam keluarganya.

Kenali Sosok Orang Yang Memiliki Kepribadian Ganda

Seperti Apa Gejala dan Diagnosis Kepribadian Ganda?

Butuh waktu yang tidak sebentar untuk menentukan bahwa seseorang mengalami kepribadian ganda, karena tanda-tandanya bisa mirip dengan penyakit mental lainnya. Tidak sedikit penderita kepribadian ganda juga mengalami gangguan mental lain, seperti gangguan cemas atau depresi. Sehingga mereka memiliki kepribadian dua atau lebih.

Seseorang dengan kepribadian ganda memiliki dua atau lebih kepribadian dalam dirinya, yang satu sama lain bisa bertolak belakang. Penderita kepribadian ganda sejatinya memiliki kepribadian yang mudah depresi, seperti sedih, murung, dan mudah merasa bersalah. Namun saat kepribadiannya yang lain mengambil alih, penderita menampilkan kepribadian yang sangat bertolak belakang dari kepribadian aslinya.

[Baca Juga: Mengenal Skizofrenia sebagai Gangguan Kesehatan Jiwa]

Dalam istilah psikologi, kepribadian lain tersebut dinamai alter ego. Alter ego bisa muncul pada situasi tertentu, namun biasanya dipicu stres karena kondisi sosial. Saat alter ego mengambil alih kesadarannya, penderita seolah memiliki riwayat dan identitas diri yang sangat berbeda dengan identitas asli penderita, baik nama, usia, jenis kelamin, wawasan, dan suasana hati.

Bagaimana Ciri-ciri Identitas Disosiatif?

  • Adanya tindakan yang kadang tidak disadari, serta perilaku yang masing-masing tidak sama dan cenderung berlawanan. Untuk tanda ini, biasanya orang terdekat atau keluarganya bisa menyadari atau mengeluhkan sikap yang berubah
  • Fisiknya sakit ketika berpindah kepribadian, hal ini belum diketahui pasti alasannya. Tapi, kemungkinan akan disertai lelah atau sakit kepala yang hebat pada saat kepribadian berganti
  • Tidak akan mengingat waktu secara jelas. Maksudnya, tidak menyadari waktu berjalan karena tidak ingat apa yang sedang dilakukan. Hal ini dapat terjadi saat tertidur dan karakter yang lain akan mengendalikan tubuh
  • Lupa siapa dan bagaimana dirinya. Tanda ini jelas membuktikan bahwa penderita tidak tahu apa yang telah terjadi pada dirinya. Contohnya, setelah tersadar, terkadang ia akan menemukan luka memar, berdarah, atau lecet di beberapa bagian tubuh tanpa diketahui penyebabnya. Terkadang ia juga akan lupa posisi di mana waktu ia berada pertama kali
  • Amnesia, Ia tidak akan menyadari apa yang terjadi pada sekitarnya. Dan bisa lupa tentang memori masa kecil, karena sering berganti kepribadian
  • Merasa depresi, tidak bahagia dengan keadaan dirinya
  • Tiba-tiba marah tanpa alasan yang jelas, kemungkinan alter ego marah dengan kepribadian utama karena dianggap tidak mampu menyelesaikan masalah atau mungkin sebaliknya. Pribadi awal akan berontak dengan alter ego yang mencoba bertindak negatif atau mengendalikannya
  • Sering mengalami gejolak batin. Terkadang hal ini membuat ia susah mengambil keputusan atau cenderung plin-plan
  • Menjadi paranoid untuk hal-hal yang bahkan ia sendiri tidak tahu penyebabnya

[Baca Juga: KPSI: Skizofrenia Merupakan Penyakit Kronis dan Mudah Kambuh]

Apakah Kepribadian Ganda Sama dengan Skizofrenia?

Individu dengan skizofrenia sering dianggap memiliki kepribadian ganda, padahal kedua hal ini merupakan penyakit yang berbeda. Skizofrenia ditandai dengan melihat dan mendengar sesuatu yang tidak nyata atau halusinasi, serta meyakini sesuatu yang tidak memiliki bukti dan tidak dapat dipatahkan. Orang dengan skizofrenia tidak memiliki beragam kepribadian, seperti yang dimiliki gangguan identitas disasosiatif. Namun, keduanya berisiko untuk melakukan tindakan bunuh diri.

Bagaimana Mengobati Penderita Kepribadian Ganda?

Hingga saat ini, belum ada metode pengobatan yang pasti untuk penderita kepribadian ganda. Meski demikian, terapi jangka panjang dengan psikoterapi dapat membantu. Psikoterapi bertujuan untuk membentuk ulang kepribadian yang berbeda dan menyatukannya. Psikoterapi juga membantu penderita agar memahami kondisi yang dialami, sehingga dapat menghadapi serta mengatasi kondisi tersebut. Pemberian obat antidepresan dan obat penenang kadang dibutuhkan untuk mengatasi gejala gangguan mental lainnya yang berhubungan dengan kepribadian ganda. Dengan terapi yang tepat dan berkelanjutan, individu yang menderita gangguan kepribadian ganda bisa menjalani hidupnya dengan normal.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.