104074556_l.jpg

Pendidikan

Kenalkan Ilmu Sains Sejak Awal Kepada Anak

Ilmu pengetahuan alam atau sains merupakan ilmu pengetahuan yang menarik untuk dipelajari. Kejadian yang berhubungan dengan sains biasa ditemukan sehari-hari. Dengan mengetahui sains, putra-putri Anda dapat belajar mengenai ilmu sains sejak usia dini. Mulai dari siklus kehidupan, musim, planet, hewan, magnet, cuaca, keadaan materi (cair, padat, gas), gunung berapi, teknik, anatomi, bayangan, indera, dan masih banyak lagi.

Ilmu sains dapat menjadi hal yang seru bagi anak-anak, jika disampaikan secara menarik dan sederhana. Mengisi waktu luang sekaligus menerapkan physical distancing tentu seringkali menimbulkan rasa bosan karena kegiatan yang itu-itu saja. Pun bagi anak-anak, karena jika biasanya mereka habiskan waktu dengan bermain di luar rumah, kali ini terpaksa harus berdiam diri di dalam rumah.

  • Fun Volcanoes

Peristiwa gunung berapi yang meletus merupakan peristiwa sains yang menarik untuk dipelajari. Orang tua dapat memberikan gambaran mengenai gunung meletus di rumah dengan cara yang aman dengan permainan Fun Volcanoes. Salah satu keterampilan sains yang diasah pada permainan ini adalah kemampuan mengetahui dan menciptakan reaksi kimia dan geologi. Permainan ini dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Isi gelas plastik dua pertiga penuh dengan air
  2. Tambahkan lima sendok makan soda kue, satu sendok teh sabun cuci piring, dan beberapa tetes cat yang bisa dicuci.
  3. Campurkan bahan, letakkan cangkir di tanah, dan bentuk gundukan tanah atau salju di sekitar cangkir hingga tepat di bawah pinggirannya.
  4. Tambahkan satu cangkir cuka dan saksikan lava meletus di sisi gundukan. Anda dapat menambahkan cuka beberapa kali

Kenalkan Ilmu Sains Sejak Awal Kepada Anak

  • Fun Statics

Ilmu fisika juga sangat menarik untuk dipelajari, karena anak-anak dapat belajar tentang muatan positif dan negatif dengan cara yang menyenangkan melalui permainan Fun Static. Orang tua perlu menggunakan balon sebagai alat bantu untuk melakukan permainan ini. Mintalah si kecil untuk menggosok balon ke rambut mereka dan jauhkan balon dari rambut. Balon tersebut akan membuat rambut-rambut menjadi terangkat. Lakukan lagi hal tersebut dan coba mengangkat benda lain seperti serpihan kertas. Menarik sekali bukan?

Anda dan putra-putri Anda dapat bereksperimen dengan bahan sederhana di rumah. Sebab eksperimen sains tak melulu berkutat dengan teknologi mumpuni ataupun bahan-bahan yang langka beredar di pasaran. Beberapa permainan di atas merupakan beberapa contoh bagaimana memperkenalkan ilmu sains kepada anak ketika sedang berada di rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.