104074556_l.jpg

Pendidikan

Kenalkan Ilmu Sains Sejak Awal Kepada Anak

Ilmu pengetahuan alam atau sains merupakan ilmu pengetahuan yang menarik untuk dipelajari. Kejadian yang berhubungan dengan sains biasa ditemukan sehari-hari. Dengan mengetahui sains, putra-putri Anda dapat belajar mengenai ilmu sains sejak usia dini. Mulai dari siklus kehidupan, musim, planet, hewan, magnet, cuaca, keadaan materi (cair, padat, gas), gunung berapi, teknik, anatomi, bayangan, indera, dan masih banyak lagi.

Ilmu sains dapat menjadi hal yang seru bagi anak-anak, jika disampaikan secara menarik dan sederhana. Mengisi waktu luang sekaligus menerapkan physical distancing tentu seringkali menimbulkan rasa bosan karena kegiatan yang itu-itu saja. Pun bagi anak-anak, karena jika biasanya mereka habiskan waktu dengan bermain di luar rumah, kali ini terpaksa harus berdiam diri di dalam rumah.

  • Fun Volcanoes

Peristiwa gunung berapi yang meletus merupakan peristiwa sains yang menarik untuk dipelajari. Orang tua dapat memberikan gambaran mengenai gunung meletus di rumah dengan cara yang aman dengan permainan Fun Volcanoes. Salah satu keterampilan sains yang diasah pada permainan ini adalah kemampuan mengetahui dan menciptakan reaksi kimia dan geologi. Permainan ini dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Isi gelas plastik dua pertiga penuh dengan air
  2. Tambahkan lima sendok makan soda kue, satu sendok teh sabun cuci piring, dan beberapa tetes cat yang bisa dicuci.
  3. Campurkan bahan, letakkan cangkir di tanah, dan bentuk gundukan tanah atau salju di sekitar cangkir hingga tepat di bawah pinggirannya.
  4. Tambahkan satu cangkir cuka dan saksikan lava meletus di sisi gundukan. Anda dapat menambahkan cuka beberapa kali

Kenalkan Ilmu Sains Sejak Awal Kepada Anak

  • Fun Statics

Ilmu fisika juga sangat menarik untuk dipelajari, karena anak-anak dapat belajar tentang muatan positif dan negatif dengan cara yang menyenangkan melalui permainan Fun Static. Orang tua perlu menggunakan balon sebagai alat bantu untuk melakukan permainan ini. Mintalah si kecil untuk menggosok balon ke rambut mereka dan jauhkan balon dari rambut. Balon tersebut akan membuat rambut-rambut menjadi terangkat. Lakukan lagi hal tersebut dan coba mengangkat benda lain seperti serpihan kertas. Menarik sekali bukan?

Anda dan putra-putri Anda dapat bereksperimen dengan bahan sederhana di rumah. Sebab eksperimen sains tak melulu berkutat dengan teknologi mumpuni ataupun bahan-bahan yang langka beredar di pasaran. Beberapa permainan di atas merupakan beberapa contoh bagaimana memperkenalkan ilmu sains kepada anak ketika sedang berada di rumah.

Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan.jpg

Berita Kawasan

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan

06 August 2020, 19:00

Pekan ini Damkar Depok mengerahkan anggotanya untuk menyisir area Kali Pesanggarahan demi memastikan tak ada buaya yang berkeliaran.

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris.jpg

Kuliner

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris

06 August 2020, 18:00

Jika berbicara mengenai menu sate populer di kawasan Jakarta Selatan, maka warung Sate H. Romli atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sate RSPP bisa dipastikan sebagai salah satunya.

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

Kesehatan

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

06 August 2020, 16:50

Penyandang diabetes akan lebih rentan mengalami perparahan bahkan menyebabkan kematian jika terinfeksi COVID-19.

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020

Bisnis

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020?

06 August 2020, 15:30

Sektor industri, penurunan kinerja ekspor impor, dan tingginya pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mengakibatkan peningkatan angka kemiskinan.


Comments


Please Login to leave a comment.