Tips Merawat Tanaman di Taman pada Musim Kemarau

Kesehatan

Kenapa Berkebun dapat Membuat Relaks?

Berkebun merupakan solusi alternatif selain pergi jalan-jalan ke luar rumah untuk merelaksasikan pikiran. Cara yang bagus untuk melatih kreativitas Anda dan baik untuk kesehatan. Berkebun lebih dari sekedar hobi bersantai. Penelitian psikologi menunjukkan bahwa merawat taman dapat memiliki efek yang menakjubkan.

Tukang kebun yang biasa bekerja untuk merawat tanaman, mereka tidak terasa seperti bekerja dan hampir tidak terasa waktu cepat sekali berlalu. Ini merupakan sesuatu fenomena psikologis yang disebut flow. Seperti dilansir laman theweek.com (23/12/2019), flow adalah kondisi kesehatan mental yang sangat terfokus terkait dengan kebahagiaan, di mana orang terbawa begitu asyik dalam suatu kegiatan sehingga mereka tidak memperhatikan hal lain, termasuk berlalunya waktu.

Sekop Taman, Sahabat Serbaguna untuk Berkebun

Konsep flow ini mungkin menjelaskan daya tarik dari pengalaman seseorang untuk berkebun. Tapi, bagaimana orang-orang mulai terpikat dengan aktivitas berkebun?

Sebenarnya, "daya tarik" adalah salah satu aspek dari teori pemulihan perhatian atau attention restoration theory (ART ), yang dikembangkan oleh psikolog lingkungan A.Sail Kaplan dan Stephen Kaplan, dan diperkenalkan dalam buku mereka The Experience of Nature (1989). ART menggambarkan bagaimana manusia tampaknya memiliki kecenderungan untuk terlibat dengan dunia alami yang bersifat santai atau pemulihan.

[Baca Juga: Sekop Taman, Sahabat Serbaguna untuk Berkebun]

Inti dari teori ini adalah gagasan bahwa terlibat dengan alam membantu memulihkan perasaan tertekan. Alam menangkap perhatian kita. Lebah yang berdengung di atas lavender, dedaunan gemerisik, dan hal-hal lain yang terjadi ketika di taman. Aktivitas alam yang timbul di taman dapat mengalihkan perhatian kita dari keprihatinan kita sendiri.

Jika alam secara intrinsik menarik, semakin banyak orang akan berkebun. Dan, semakin sedikit terganggu dengan masalah lain. Hingga pada akhirnya, banyak orang akan senang berkebun. Pasalnya, berkebun bisa menimbulkan rasa puas dan bahagia.

[Baca Juga: Mudahnya Berkebun di Apartemen Untuk Pemula]

Dengan berkebun, Anda sekaligus dapat merasakan matahari dan angin yang berembus pelan yang dapat merelaksasikan pikiran. Kadar hormon stres akan berkurang. Berkebun adalah kegiatan yang santai dan memberikan banyak manfaat. Saat berkebun atau berada di taman, juga dapat memberikan kesempatan untuk melarikan diri dan berefleksi dari rutinitas harian kita.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.