Tips Merawat Tanaman di Taman pada Musim Kemarau

Kesehatan

Kenapa Berkebun dapat Membuat Relaks?

Berkebun merupakan solusi alternatif selain pergi jalan-jalan ke luar rumah untuk merelaksasikan pikiran. Cara yang bagus untuk melatih kreativitas Anda dan baik untuk kesehatan. Berkebun lebih dari sekedar hobi bersantai. Penelitian psikologi menunjukkan bahwa merawat taman dapat memiliki efek yang menakjubkan.

Tukang kebun yang biasa bekerja untuk merawat tanaman, mereka tidak terasa seperti bekerja dan hampir tidak terasa waktu cepat sekali berlalu. Ini merupakan sesuatu fenomena psikologis yang disebut flow. Seperti dilansir laman theweek.com (23/12/2019), flow adalah kondisi kesehatan mental yang sangat terfokus terkait dengan kebahagiaan, di mana orang terbawa begitu asyik dalam suatu kegiatan sehingga mereka tidak memperhatikan hal lain, termasuk berlalunya waktu.

Sekop Taman, Sahabat Serbaguna untuk Berkebun

Konsep flow ini mungkin menjelaskan daya tarik dari pengalaman seseorang untuk berkebun. Tapi, bagaimana orang-orang mulai terpikat dengan aktivitas berkebun?

Sebenarnya, "daya tarik" adalah salah satu aspek dari teori pemulihan perhatian atau attention restoration theory (ART ), yang dikembangkan oleh psikolog lingkungan A.Sail Kaplan dan Stephen Kaplan, dan diperkenalkan dalam buku mereka The Experience of Nature (1989). ART menggambarkan bagaimana manusia tampaknya memiliki kecenderungan untuk terlibat dengan dunia alami yang bersifat santai atau pemulihan.

[Baca Juga: Sekop Taman, Sahabat Serbaguna untuk Berkebun]

Inti dari teori ini adalah gagasan bahwa terlibat dengan alam membantu memulihkan perasaan tertekan. Alam menangkap perhatian kita. Lebah yang berdengung di atas lavender, dedaunan gemerisik, dan hal-hal lain yang terjadi ketika di taman. Aktivitas alam yang timbul di taman dapat mengalihkan perhatian kita dari keprihatinan kita sendiri.

Jika alam secara intrinsik menarik, semakin banyak orang akan berkebun. Dan, semakin sedikit terganggu dengan masalah lain. Hingga pada akhirnya, banyak orang akan senang berkebun. Pasalnya, berkebun bisa menimbulkan rasa puas dan bahagia.

[Baca Juga: Mudahnya Berkebun di Apartemen Untuk Pemula]

Dengan berkebun, Anda sekaligus dapat merasakan matahari dan angin yang berembus pelan yang dapat merelaksasikan pikiran. Kadar hormon stres akan berkurang. Berkebun adalah kegiatan yang santai dan memberikan banyak manfaat. Saat berkebun atau berada di taman, juga dapat memberikan kesempatan untuk melarikan diri dan berefleksi dari rutinitas harian kita.

Read More

Artikel Lainnya

Ada Bioskop Gratis Untuk Rakyat di Jakarta Timur

Berita Kawasan

Bioskop Rakyat di Jakarta Timur Ini Gratis untuk Hiburan Warga

25 February 2020, 21:00

Bioskop rakyat ini berkomitmen memutarkan film-film Indonesia berkualitas untuk memberikan hiburan gratis untuk warga sekitar.

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

Berita Kawasan

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

25 February 2020, 20:00

Masyarakat diimbau selalu tetap waspada dan hati-hati akan dampak dari cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda beberapa wilayah di Indonesia

Banjir di Bekasi,  Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

Berita Kawasan

Banjir di Bekasi, Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

25 February 2020, 19:30

Sejak pukul 7.30 WIB Selasa pagi, pepadaman listrik terjadi di beberapa tempat di Perumnas III Bekasi Timur.

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

Kesehatan

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

25 February 2020, 19:00

Mandi pada dasarnya menyehatkan. Namun ketika mandi dalam keadaan berkeringat ternyata malah menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.