Kenapa Kecoa Bermunculan Setelah Banjir Begini Cara Atasinya

Properti dan Solusi

Kenapa Kecoa Bermunculan Setelah Banjir? Begini Cara Atasinya

Setelah hujan lebat tak jarang kecoa masuk ke dalam rumah. Mengapa hal itu terjadi? Sederhananya, binatang pembawa penyakit tersebut tidak ingin terbawa arus air dan tenggelam. Oleh karenanya, dia mencari tempat yang aman, salah satunya adalah rumah manusia. Namun, keadaan bertambah parah ketika banjir juga memasuki rumah. Serangga itu mungkin pada akhirnya mati dan menggenang di dalam rumah.

Saat situasi sudah memungkinkan untuk membersihkan rumah pasca banjir, bersihkanlah rumah Anda hingga benar-benar bersih, terutama bangkai kecoa yang menggenang. Walau sudah bersih, tak menutup kemungkinan jika kecoa akan datang lagi. Hal ini karena keadaan air di luar rumah masih tinggi dan kecoa tetap membutuhkan tempat yang kering dan aman untuk hidup.

[Baca Juga: Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir]

Lalu, bagaimana menangkal kecoa masuk kembali ke rumah pasca banjir? Berikut caranya:

Kenapa Kecoa Bermunculan Setelah Banjir Begini Cara Atasinya

1) Tutup Pintu Masuk Bagi Kecoa

Kecoa biasa muncul dari lubang saluran air di kamar mandi atau tempat cucian piring. Setelah menggunakan kamar mandi, Anda dapat menutupnya dengan tutup stoples atau tutup gelas tak terpakai. Toilet pun demikian. Jika toilet di rumah Anda adalah toilet duduk, biasakan selalu meninggalkannya dalam keadaan tertutup.

Kecoa pun senang berada di tempat cucian piring untuk memakan sisa-sisa makanan. Maka, Pointers harus memastikan tempat cucian piring bersih dan menutup lubang saluran airnya setelah digunakan.

2) Buat Umpan

Mengutip mnn.com (26/2/2020), umpan untuk kecoa dapat dibuat dari campuran asam borat dan gula bubuk dengan perbandingan 3:1. Apabila Anda memasukkan gula sebanyak satu sendok teh, maka takaran asam borat adalah tiga sendok teh, dan seterusnya. Gula akan memancing kecoa untuk datang dan asam borat akan membunuhnya. Asam borat dapat dibeli di berbagai tempat seperti toko kimia dan tempat belanja online.

Pointers dapat meletakkan umpan ini di luar rumah, tepatnya di depan pintu. Jika ingin berjaga-jaga, letakkan juga di kamar mandi, belakang kulkas, dekat lemari pakaian, dan tempat lainnya yang biasa senang ditempati kecoa. Namun, hindari umpan ini dari makanan dan minuman.

3) Gambar Garis dengan Kapur Ajaib.

Apakah Pointers pernah menemukan kecoa yang sudah mati di lemari pakaian? Jika iya, tentu itu menjadi pengalaman yang buruk. Selain melakukan dua cara yang telah dipaparkan, perlindungan ganda pun dapat dilakukan. Gambar garis dengan kapur ajaib di sekitar pintu lemari pakaian atau di tempat lainnya yang kecoa senangi. Anda juga dapat menggambar garis di depan pintu rumah atau sekitar jendela agar kecoa tak masuk melalui celah pintu dan jendela.

[Baca Juga: Korban Banjir Tangerang Dibantu Pasokan Air Bersih dan Makanan]

Cara-cara tersebut tidak hanya bisa dilakukan setelah banjir, tetapi di hari-hari biasa agar kecoa enggan masuk ke rumah. Apakah Pointers ingin mencobanya?


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.