Mengapa Orang Lihat Penampakan Makhluk Gaib saat Alami Ketindihan

Kesehatan

Kenapa Orang Lihat Penampakan Makhluk Gaib Saat Alami Ketindihan?

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya mengenai ketindihan sebenarnya merupakan fenomena medis yang dikenal dengan nama kelumpuhan tidur atau sleep paralysis. Walau ini merupakan kondisi yang bisa dijelaskan secara medis tapi satu hal yang serupa dan biasa dialami orang yang mengalami ketindihan adalah pengakuan mengenai mereka melihat makhluk gaib atau sesuatu yang tidak bisa dijelaskan dengan logika. Lantas mengapa ini bisa terjadi di fenomena ketindihan?

Mengapa Orang Lihat Penampakan Makhluk Gaib saat Alami Ketindihan

Biasanya penampakan itu dimulai ketika Anda terbangun dan merasa angota tubuh tidak bisa digerakkan seperti ditindih oleh sesuatu. Kemudian saat Anda berusaha melihat sekeliling area tempat tidur, Anda melihat keberadaan sosok makhluk gaib atau mungkin bola cahaya aneh yang bergerak. Tentu saja hal ini rasanya seperti Anda tengah diteror dalam keadaan anggota tubuh kaku.

[Baca Juga: Mengenal Kondisi Medis “Ketindihan” atau Erep-Erep]

Kisah penampakan makhluk gaib ini di kala kelumpuhan tidur atau sleep paralysis tidak hanya terjadi di Indonesia saja, hal-hal ini juga terjadi terhadap orang-orang di luar negeri. Dari mulai melihat ada makhluk yang duduk di atas tubuhnya, kemunculan penyihir, hingga alien. Bahkan tidak sedikit hal-hal ini justru menjadi mitos. Padahal percaya atau tidak, ini merupakan efek halusinasi yang terjadi di saat kelumpuhan tidur.

Pada dasarnya penampakan ini merupakan halusinasi yang terjadi saat Anda terbangun secara tiba-tiba ketika ada tengah berada dalam fase tidur REM (rapid eye movement/tidur dengan garakan mata cepat). Pada fase inilah orang-orang mengalami mimpi ketika tidur. Namun jika Anda terbangun tiba-tiba pada fase ini, berdasarkan penelitian, otak Anda akan memproyeksikan mimpi ke dunia nyata ketika Anda membuka mata. Acap kali yang diproyeksikan adalah mimpi buruk.

[Baca Juga: Kisah Makam Pejuang Bangsa di Hutan Kota UI Depok]

Hal ini juga didukung oleh klaim dari psikolog klinis serta peneliti di Goldsmiths University of London Brian Sharpless. Pria yang kerap meneliti mengenai fenomena kelumpuhan tidur ini sudah mewawancari ratusan orang yang mengalami kondisi medis ini.

Pada fase tidur REM, ia menyebut, otak Anda cenderung akan “memadamkan sementara” sinyal ke tubuh pada saat Anda bermimpi. “Mungkin ini agar kita tidak bergerak (di dunia nyata) saat bermimpi yang sebenarnya bisa berbahaya,” ucap Sharpless sebagaimana dikutip dari globalnews.ca (27/9/2019). “Anda lumpuh ketika terbangun dan mengalami halusinasi. Pengalamannya begitu jelas sehingga masuk akal jika beberapa orang menganggapnya sebagai sesuatu yang nyata,” tambah Sharpless.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.