Kenapa Sudah Tidur tapi Masih Merasa Masih Lelah

Kesehatan

Kenapa Sudah Tidur tapi Masih Merasa Masih Lelah?

Tidur yang berkualitas sangat memengaruhi hidup seseorang, baik dari segi kesehatan fisik maupun mental. Tidur yang cukup dengan kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh menjadi bugar dan pikiran pun akan terbentuk dengan baik. Semua orang menginginkan tidur dengan kualitas yang baik, apalagi setelah bangun dari tidur. Namun, nampaknya untuk sebagian orang ada pula setelah bangun dari tidur bukannya bugar, malah lelah. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya yang diambil dari berbagai sumber.

[Baca Juga: Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan]

1) Stres

Stres menjadi faktor yang memengaruhi kualitas tidur seseorang jadi buruk. Seringkali stres membuat orang susah tidur atau kerap terbangun dini hari sehingga ketika bangun pada pagi hari, seseorang bisa tidak bersemangat dan lelah.

2) Anemia

Kebiasaan-kebiasaan buruk bisa membuat kualitas tidur memburuk. Namun, bisa disebabkan faktor lainnya karena suatu penyakit, yaitu anemia. Kekurangan darah membuat tubuh mudah lelah, bahkan saat bangun dari tidur.

3) Banyak Mengonsumsi Kafein

Mengonsumsi minuman yang memiiki kandungan kafein seperti kopi bisa membuat seseorang tidak mudah cepat tidur. Justru dengan mengonsumsi kafein, Anda akan terjaga sampai larut malam. Bila sudah seperti itu, Anda akan telat tidur dan memiliki waktu tidur yang tidak cukup sehingga bisa membuat keesokan harinya saat terbangun dari tempat tidur, Anda menjadi lelah.

Kenapa Sudah Tidur tapi Masih Merasa Masih Lelah

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Lelah saat bangun tidur dapat Anda atasi dengan banyak cara berikut ini. Dijamin dengan mengikuti tips ini, Anda akan bugar setelah bangun tidur.

  • Rajin Berolahraga

Olahraga memegang peranan penting untuk berbagai macam kesehatan pada tubuh maupun mental Anda. Terlebih lagi dengan masalah kualitas tidur yang buruk. Dengan berolahraga, sirkulasi darah akan meningkat yang mengubah kualitas tidur Anda semakin membaik. Sebaiknya Anda lakukan peregangan otot sesaat sebelum tidur. Yoga atau pilates adalah pilihan yang tepat agar tidur menjadi nyenyak dan saat bangun tidur Anda nampak bugar.

[Baca Juga: Merapikan Tempat Tidur Setelah Bermalam di Hotel Perlu Kah?]

  • Relaksasi Sebelum Tidur

Setelah beraktivitas tinggi, Anda butuh yang namanya tidur dengan tenang dan menginginkan esok harinya bugar dan bersemangat lagi menjalani aktivitas. Sesaat sebelum tidur, Anda bisa merelaksasikan tubuh dengan melakukan berbagai cara, seperti mandi air hangat, membaca buku, mendengarkan musik pelan, atau menghirup aromaterapi. Dengan begitu, pikiran dan jiwa Anda akan terasa tenang juga mengurangi stres.

Read More

Artikel Lainnya

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

Berita Kawasan

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

24 February 2020, 10:00

Para komuter pasti tidak bisa hidup tanpa ponsel. HP menjadi penghibur Anda sepanjang perjalanan. Namun, ternyata ada aktivitas yang bisa Anda lakukan di KRL tanpa HP!

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik

Kesehatan

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik?

24 February 2020, 09:00

Penelitian terbaru menunjukkan ada perbedaan memasang bunyi beep monoton dan musik bermelodi untuk alarm. Manakah yang lebih baik?

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

Kesehatan

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

23 February 2020, 19:00

Melakukan treatment sendiri saat mengalami kram kaki di malam hari lebih dianjurkan daripada meminum obat-obatan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

Berita Kawasan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

23 February 2020, 18:00

Anda termasuk penggemar film Netflix? Yuk tengok film Netflix yang rilis Maret 2020. Ada tiga film rekomendasi PingPoint yang sayang dilewatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 1¬†month lalu
    rine

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke dupa88,net bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya...