Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

Berita Kawasan

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

Dengan kualitas udara Jakarta yang masih terus masuk ke dalam daftar tiga besar terburuk di dunia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI pun terus berusaha memunculkan berbagai solusi untuk mengatasinya. Salah satu solusi masalah polusi udara ini adalah dengan menggelar program Gerakan 200 Taman 2 Juta Tanaman yang diawali oleh penanaman bougenville di area Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam proses penanaman tersebut pada 18 Agustus 2019.

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

Kegiatan penanaman 100.000 bougenville ini merupakan tindak lanjut realisasi instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Udara. Ratusan ribu tanaman tersebut ditanam di sisi Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin. Anies disebut turut mengajak berbagai komunitas di Ibu Kota untuk turut membantu penanaman bougenville demi menekan polusi yang membayangi Jakarta sekaligus untuk menghijaukan kawasan Jalan Sudirman.

Anies Baswedan menegaskan, langkahnya ini demi memastikan keberlangsungan Jakarta agar dapat diwariskan ke generasi penerus. Oleh karena itulah, pada kegiatan penanaman ini, ia menyerahkan bibit tanaman kepada para perwakilan kepala sekolah yang berasal dari enam wilayah Ibu Kota.

[Baca Juga: Transportasi Publik, Solusi Jakarta Atasi Polusi Udara]

“Kita ingin mewujudkan Jakarta menjadi kota lestari. Artinya apa? Yang kita manfaatkan merupakan pinjaman generasi anak-cucu kita. Maka dari itu, kita harus wariskan kota ini dalam keadaan baik. Memastikan hal itu adalah tanggung jawab kita,” ujar Gubernur DKI Jakarta itu, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (19/8/2019).

Selain itu, pemilihan lokasi penanaman bunga bougenville di area Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin dikarenakan kawasan ini terkenal memiliki laju kendaraan yang padat. Sehingga disinyalir area ini merupakan salah satu kawasan yang memiliki tingkat polusi hasil emisi gas buang yang terbilang tinggi di Ibu Kota.

“Kita tanam di Sudirman, karena intensitas kendaraan lalu lintas sangat tinggi di kawasan ini,” ujar Anies. Menurut Gubernur DKI Jakarta itu bougenville dipilih karena tanaman ini dipandang memiliki kemampuan penyerapan polusi udara yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanaman yang lain.

[Baca Juga: 3 Cara yang Perlu Ditempuh Jakarta untuk Turunkan Polusi Udara]

Pernyataan Anies di atas disinyalir didukung penelitian yang dilakukan oleh Institut Teknologi Surabaya. Sebagaimana dilansir dari sainsindonesia.co.id (19/8/2019), bougenville merah atau Bougainvillea glabara disebut memiliki kemampuan paling tinggi terhadap penyerapan polusi serta bau menyengat dari nitrogen dioksida yang dihasilkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor.

Selain bougenville, pihak Pemprov DKI telah memiliki referensi jenis tanaman lain yang akan ditanam di wilayah lain Ibu Kota. Referensi ini digunakan untuk menyesuaikan kondisi wilayah Jakarta mana yang akan ditargetkan untuk penanaman. Pasalnya, Pemprov DKI berencana membuat 50 taman per tahunnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.