Kepulauan Seribu Angkut Bebas dari 115,8 Meter Kubik Sampah.jpg

Berita Kawasan

Kepulauan Seribu Angkut Bebas dari 115,8 Meter Kubik Sampah

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) merupakan momentum yang sangat berharga dalam membangun kesadaran untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang sangat kompleks. Momentum HPSN dimanfaatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia untuk melakukan kegiatan pembersihan sampah secara serentak di seluruh kawasan konservasi di Indonesia sebagaimana dilansir menlhk.go.id (5/3/2019).

Salah satu kawasan yang turut melakukan aksi pengangkutan sampah dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional adalah Kepulauan Seribu. Kegiatan yang juga serentak dilakukan di beberapa wilayah Kepulauan Seribu pada 4 Maret 2019 melibatkan semua unsur di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, termasuk Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad dan Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu.

[Baca Juga: Inspiratif! Warga Meruya Utara Olah Sampah Jadi Energi]

Mengutip dari beritajakarta.id (5/3/2019), beberapa wilayah di Kepulauan Seribu yang tercatat terlibat dalam HPSN diantaranya Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Kelapa Dua, Pulau Tidung dan Pulau Kelapa.

Dalam kegiatan di HPSN 2019, sampah yang diangkut di beberapa wilayah tersebut berbeda-beda namun total jumlah sampah yang diangkut dari Kepulauan Seribu sebanyak 115,8 meter kubik berdasarkan data dari Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu yang dilansir plauseribu.jakarta.go.id (5/3/2019).

[Baca Juga: Pembangunan Depo Sampah Ramah Lingkungan di Waduk Cincin]

Jumlah total pengangkutan sampah tersebut berasal dari Pulau Pari sebanyak 2 meter kubik, Pulau Kelapa sebanyak 2,5 meter, Pulang Tidung dan Pulau Lancang sebanyak 9 meter. Sementara Pulau Untung memiliki jumlah sampah yang diangkut paling banyak yaitu 45 meter kubik dan Pulau Kelapa Dua sebanyak 25 meter kubik serta Pulau Pramuka memiliki 13 meter kubik sampah yang diangkut.

Mayoritas sampah-sampah yang diangkut berupa sampah rumah tangga dan plastik serta beberapa batang bambu yang terbawa ombak. Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Yusen Hardiman mengatakan pada lansiran beritajakarta.id (5/3/2019), sampah-sampah tersebut diangkut secara serentak dari dua kecamatan masing-masing di beberapa wilayah tersebut.

[Baca Juga: Baru Memulai Gaya Hidup Zero Waste? Ikuti Langkah Ini]

Total sampah tersebut dikumpulkan dan dipilah terlebih dahulu sebelum dibawa melalui kapal untuk dikirim ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang..

Yusen juga menjelaskan, selain aparatur Pemkab Kepulauan Seribu dan Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, pengangkutan sampah-sampah itu juga dilakukan oleh PPSU, PJLP Kebersihan, dan unsur masyarakat.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.