Warga Kepulauan Seribu Sambut Layanan Antar-Jemput Kapal Dishub DKI

Berita Kawasan

Kepulauan Seribu Sambut Layanan Antar-Jemput Kapal Dishub DKI

Salah satu upaya Pemrov DKI terus dilakukan untuk mempromosikan keindahan pantai serta ragam budaya masyarakat Kepulauan Seribu dengan memberikan kemudahan akses transportasi kapal antar pulau atau feeder di Kepulauan Seribu. Upaya ini membuat warga sekitar senang. Pasalnya, harga kapal tersebut termasuk murah dan warga hanya menunggu di dermaga Pulau Tidung dan Pulau Payung.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberikan layanan kapal-kapal ini yang terdiri dari satu kapal ASDP, 35 kapal tradisional dan enam kapal cepat baru. Layanan kapal tersebut siap mengantar dan menjemput warga antar pulau di Kepulauan Seribu.

Warga Kepulauan Seribu Sambut Layanan Antar-Jemput Kapal Dishub DKI

Mengutip laman beritajakarta.id (04/07/2019). Miftah salah satu warga Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan yang menjadi pengguna jasa transportasi kapal antarpulau mengaku, sangat terbantu dengan adanya kapal Dishub tersebut. Apalagi ia merasakan tempat duduk kapal terasa sangat nyaman. "Terimakasih Pemprov DKI, selain harga tiketnya murah, keberadaan kapal ini sangat membantu pegawai maupun warga dalam bepergian," ujarnya.

[Baca Juga: Kepulauan Seribu Dipromosikan Dalam BITE 2019 di China]

Menurutnya, harga tiket kapal tersebut termasuk murah dengan biaya yang dikeluarkan hanya Rp40.000 dan ditambah Rp2.000 untuk asuransi. Kapal feeder itu melayani antarpulau dari Pulau Tidung ke Pulau Pramuka dan dari Pulau Kelapa ke Pulau Pramuka atau sebaliknya yang baru sekitar satu bulan beroperasi.

Kebanyakan warga yang memanfaatkan layanan pulang-pergi itu merupakan para pekerja ASN. Namun sayang, kapal tersebut masih sering datang siang hari sampai di Pulau Tidung. Miftah berharap kapal antar pulau bisa berangkat lebih pagi pada pukul 07.00 dari Dermaga Pulau Pramuka, sehingga warga bisa pulang- pergi saat urusannya selesai.

[Baca Juga: Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat]

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Angkutan Perairan dan Kepelabuhanan (UP APK) Dinas Perhubungan DKI Jakarta, M Faris Budiman mengatakan keenam kapal cepat miliki Dishub DKI itu baru dioperasikan tahun ini, yakni KM Indra, KM Kemala, KM Samudra Biru, KM Chabing Nusantara, KM Dewandra, dan KM Bathara. Selain itu masih ada kapal lainnya yaitu KM Kerapu I hingga VI merupakan kapal feeder yang dapat menampung sebanyak 20 penumpang. "Sebelumnya kapal tersebut dioperasikan untuk transportasi dari Pelabuhan Kali Adem ke Kepulauan Seribu," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.