Warga Kepulauan Seribu Sambut Layanan Antar-Jemput Kapal Dishub DKI

Berita Kawasan

Kepulauan Seribu Sambut Layanan Antar-Jemput Kapal Dishub DKI

Salah satu upaya Pemrov DKI terus dilakukan untuk mempromosikan keindahan pantai serta ragam budaya masyarakat Kepulauan Seribu dengan memberikan kemudahan akses transportasi kapal antar pulau atau feeder di Kepulauan Seribu. Upaya ini membuat warga sekitar senang. Pasalnya, harga kapal tersebut termasuk murah dan warga hanya menunggu di dermaga Pulau Tidung dan Pulau Payung.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberikan layanan kapal-kapal ini yang terdiri dari satu kapal ASDP, 35 kapal tradisional dan enam kapal cepat baru. Layanan kapal tersebut siap mengantar dan menjemput warga antar pulau di Kepulauan Seribu.

Warga Kepulauan Seribu Sambut Layanan Antar-Jemput Kapal Dishub DKI

Mengutip laman beritajakarta.id (04/07/2019). Miftah salah satu warga Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan yang menjadi pengguna jasa transportasi kapal antarpulau mengaku, sangat terbantu dengan adanya kapal Dishub tersebut. Apalagi ia merasakan tempat duduk kapal terasa sangat nyaman. "Terimakasih Pemprov DKI, selain harga tiketnya murah, keberadaan kapal ini sangat membantu pegawai maupun warga dalam bepergian," ujarnya.

[Baca Juga: Kepulauan Seribu Dipromosikan Dalam BITE 2019 di China]

Menurutnya, harga tiket kapal tersebut termasuk murah dengan biaya yang dikeluarkan hanya Rp40.000 dan ditambah Rp2.000 untuk asuransi. Kapal feeder itu melayani antarpulau dari Pulau Tidung ke Pulau Pramuka dan dari Pulau Kelapa ke Pulau Pramuka atau sebaliknya yang baru sekitar satu bulan beroperasi.

Kebanyakan warga yang memanfaatkan layanan pulang-pergi itu merupakan para pekerja ASN. Namun sayang, kapal tersebut masih sering datang siang hari sampai di Pulau Tidung. Miftah berharap kapal antar pulau bisa berangkat lebih pagi pada pukul 07.00 dari Dermaga Pulau Pramuka, sehingga warga bisa pulang- pergi saat urusannya selesai.

[Baca Juga: Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat]

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Angkutan Perairan dan Kepelabuhanan (UP APK) Dinas Perhubungan DKI Jakarta, M Faris Budiman mengatakan keenam kapal cepat miliki Dishub DKI itu baru dioperasikan tahun ini, yakni KM Indra, KM Kemala, KM Samudra Biru, KM Chabing Nusantara, KM Dewandra, dan KM Bathara. Selain itu masih ada kapal lainnya yaitu KM Kerapu I hingga VI merupakan kapal feeder yang dapat menampung sebanyak 20 penumpang. "Sebelumnya kapal tersebut dioperasikan untuk transportasi dari Pelabuhan Kali Adem ke Kepulauan Seribu," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

Pendidikan

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

11 December 2019, 18:00

Ajak anak Anda menonton di bioskop saat usia dua tahun ke atas. Pada usia tersebut, sistem kekebalan tubuhnya sudah jauh lebih kuat.

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

Berita Kawasan

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

11 December 2019, 17:00

Kartu kartu multi trip ticket (MTT) dengan sebutan Jelajah diapresiasi warga. Tidak ada satu detik tap in atau tap out, pintu gerbang sudah terbuka.

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Berita Kawasan

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

11 December 2019, 16:00

Mengulang prestasi dari tahun sebelumnya, Bekasi kembali raih penghargaan Kota Layak HAM di peringatan Hari HAM sedunia.

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

Berita Kawasan

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

11 December 2019, 15:00

Pamong Innovation Award Tahun 2019 pada 9 Desember 2019 digelar dalam rangka peningkatan kinerja para camat menyelesaikan permasalahan di wilayah masing-masing.


Comments


Please Login to leave a comment.