Keren 8 Perusahaan Ini Izinkan Karyawan WFH Permanen

Bisnis

Keren! Perusahaan-perusahaan Ini Izinkan Karyawan WFH Permanen

Virus SARS-CoV-2 begitu mendunia, dan menjangkiti jutaan orang. Penyebarannya yang begitu masif, memaksa Indonesia dan Negara-negara lainnya di seluruh dunia untuk membatasi aktivitas, ruang gerak dan interaksi warganya. Tujuannya untuk memutus rantai pandemi COVID-19.

Kalangan pengusaha pun terkena imbasnya, dan dipaksa untuk membatasi atau menghentikan sementara waktu aktivitas bisnisnya. Dengan pertimbangan bisnis, ada juga perusahaan yang memilih tetap beroperasi namun mengurangi jumlah pekerja yang beraktivitas. Tapi tidak sedikit juga perusahaan yang memberlakukan sistem kerja jarak jauh atau yang lebih dikenal work from home (WFH).

Kendati hanya diberlakukan untuk sementara, tapi ada juga beberapa perusahaan yang memutuskan untuk memberlakukan sistem kerja jarak jauh secara permanen. PingPoint menghimpun dari berbagai sumber dan merangkumnya, berikut daftar delapan perusahaan yang memberlakukan WFH secara permanen.

Keren 8 Perusahaan Ini Izinkan Karyawan WFH Permanen Facebook

Facebook

Kamis (21/5/2020) yang lalu adalah hari bersejarah bagi platform media sosial Facebook. Pasalnya di hari itu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg menyampaikan dua kebijakan anyar. Yang pertama, Facebook memutuskan untuk mengizinkan sebagian besar karyawannya tetap bekerja dari rumah secara permanen. Selain kebijakan WFH permanen, perusahaan ini juga kabarnya akan mulai melakukan perekrutan jarak jauh bagi karyawan baru.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa perubahan cara kerja karyawan dengan WFH permanen juga akan mempengaruhi gaji karyawan Facebook. Karyawan yang memilih work from home akan menghadapi penyesuaian gaji berdasarkan biaya hidup mereka di lokasi tersebut. Itu sebabnya karyawan harus memberi tahu Facebook tentang lokasi WFH mereka pada 1 Januari 2021 mendatang. Facebook kabarnya juga berencana membangun hub baru di Atlanta, Dallas dan Denver bagi pekerja remote yang ingin melakukan pertemuan tatap muka.

Keren 8 Perusahaan Ini Izinkan Karyawan WFH Permanen Twitter & Square

Twitter & Square

Jack Dorsey menilai penerapan kebijakan WFH kurun beberapa waktu belakangan ini sukses dilaksanakan tanpa masalah. Bos dari Twitter dan Square ini pun memutuskan untuk memperpanjang WFH untuk selamanya.

Aturan ini ditujukan terutama bagi karyawan yang berada dalam peran dan situasi yang memungkinkan mereka untuk bekerja dari rumah, serta bila mereka ingin terus melakukan WFH selamanya. Sementara karyawan yang masih perlu datang ke kantor antara lain seperti petugas keamanan dan fasilitas. Kabar ini pun di berikan ke setiap karyawan melalui surat elektronik pada tanggal 12 Mei 2020 silam.

Keren 8 Perusahaan Ini Izinkan Karyawan WFH Permanen Shopify

Shopify

Pendiri sekaligus CEO Shopify Tobi Lutke memandang era bagi pekerjaan yang berpusat di kantor telah berakhir. Menurutnya, pandemi COVID-19 membuat banyak orang bekerja dengan cara baru dan kita tidak bisa kembali ke keadaan semula.

Kamis (21/5/2020) melalui akun Twitternya, mengumumkan dirinya akan menutup kantor Shopify sampai tahun 2021 demi merancang kembali aturan untuk menghadapi keadaan new normal dan setelah itu sebagian besar karyawan Shopify dapat bekerja dari jarak jauh secara permanen. Meski demikian belum dijelaskan lebih jelas mengenai detail tentang pengoperasian bisnis jarak jauh yang akan dijalankan oleh Shopify setelah pandemi berakhir tersebut.

Keren 8 Perusahaan Ini Izinkan Karyawan WFH Permanen Upwork

Upwork

Senada dengan CEO Upwork Tobi Lutke, Hayden Brown, mengumumkan keputusan mempermanenkan kebijakan WFH lewat cuitan di akun twitter pribadinya. Brown menjelaskan bahwa perusahaan platform freelancing global tersebut akan secara permanen merangkul model kerja remote. Menurutnya bekerja secara remote akan menjadi standar baru bagi semua orang di masa depan.

[Baca Juga: Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH dan Hadapi Pandemi]

Coinbase

CEO Coinbase Brian Armstrong. Brian percaya bahwa pekerjaan jarak jauh dan tak terikat atau terpusat di kantor, lebih memiliki peluang besar dan keuntungan strategis.. Itu sebabnya Armstrong mulai melakukan transisi dalam model kerja di perusahaannya.

Meski pun demikian, karyawan Coinbase masih dapat bekerja di kantor. Yang beda adalah, kini para karyawan memiliki pilihan lain untuk bekerja dari jarak jauh atau membagi waktu mereka antara waktu bekerja di dalam dan di luar kantor.

Groupe PSA

Sepertinya PSA, mendapat pencerahan dan hikmah di tengah pandemi. Perusahaan otomotif asal Perancis ini juga memutuskan untuk mempermanenkan kebijakan WFH. Kebijakan anyar ini diklaim sebagai salah satu langkah perusahaan untuk memungkinkan karyawan memiliki keseimbangan hidup dan kerja yang lebih baik serta mobilitas yang lebih mudah.

[Baca Juga: Dukung WFH, Smartfren Luncurkan OneTouch Unified Conferencing]

Untuk mendukung kebijakan ini, perusahaan juga berencana mendesain ulang kantor demi memungkinkan kolaborasi secara langsung bila memang dibutuhkan. Rencananya aturan kerja dari rumah yang baru di perusahaan ini akan dilaksanakan mulai musim panas ini.

Lambda School

Austen Allred, CEO Lambda School juga mengumumkan bahwa perusahaannya memilih untuk menerapkan WFH selamanya. Platform kelas online interaktif ini memberikan kebebasan penuh kepada karyawannya untuk bekerja dari rumah, dari kantor atau dari lokasi mana pun secara permanen.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.