Jalur Kereta Api Cibatu – Garut Siap Beroperasi, Tiket ke Bandung Hanya Rp 10.000 Saja.jpg

Berita Kawasan

Kereta Api Cibatu – Garut Siap Beroperasi, Tiket ke Hanya Rp10.000 Saja

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil beserta jajaran PT KAI melakukan peninjauan terakhir jalur kereta api Cibatu – Garut, yang berlokasi di Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, pada Kamis, 6 Januari 2022. Pasalnya, jalur kereta api tersebut sudah mencapai 100 persen dan sudah siap untuk digunakan.

Melansir dari jabarprov.go.id, diketahui bahwa, Kang Emil atau sapaan akrab Ridwan Kamil, sedang melakukan pengecekan teknis yang dimulai dari Stasiun Bandung, Cibatu, Pasir Jengkol, Wanaraja, sampai Stasiun Garut Kota, menggunakan kereta inspeksi 4.

Dalam pengecekan teknis tersebut, Kang Emil memastikan persiapan reaktivasi jalur kereta api sepanjang 19,5 kilometer itu sudah 100 persen dan siap digunakan. "Saya klaim persiapannya sudah 100 persen," kata Kang Emil di Stasiun Garut Kota, Kamis (6/1/2022), dikutip dari jabarprov.go.id.

Daop 2 Bandung Kembali Operasikan Kereta Api Jarak Jauh

Menurutnya, pengoperasian jalur kereta api Cibatu-Garut tinggal menunggu finalisasi administrasi saja dari Kementerian Perhubungan, selaku pemegang otoritas. "Kewenangannya ada di Pak Menteri (Perhubungan), saya harap bisa secepatnya menyelesaikan proses administrasi sehingga warga bisa menikmati fasilitas yang dinantikan ini," ucapnya.

Kang Emil menjelaskan bahwa pelayanan dan fasilitas yang disediakan di stasiun Cibatu – Garut tersebut sangat modern dan lengkap. Pelayanannya kepada masyarakat pun terbilang maksimal, terlihat bahwa hadirnya fasilitas bagi penyandang disabilitas.

"Kami berhenti di tiga stasiun, kecil tapi keren dan pelayanannya modern sekali, bangga saya melihatnya," ujarnya.

Selain itu, Kang Emil optimis bahwa hadirnya jalur kereta Cibatu – Garut ini dapat mengurai kemacetan juga mendongkrak perekonomian masyarakat Garut.

[Baca Juga: Pemerintah Kota Bandung Siapkan Feeder untuk Kereta Api Cepat]

Lebih lanjut Kang Emil menjelaskan untuk tarif dari kereta api sendiri yaitu sekitar Rp4.000 untuk dalam kota, Rp10.000 untuk ke Kota Bandung dan Rp40.000 ke Jakarta. Namun mengenai harganya sendiri masih didiskusikan dengan pihak lainnya.

"Tarifnya sangat terjangkau, paling antar-Garutnya Rp4.000, ke Bandung Rp10.000 dan ke Jakarta Rp40.000, bandingkan dengan kerepotan pakai mobil," tutur Kang Emil.

Setelah jalur tersebut beroperasi, Kang Emil berharap, Kementerian Perhubungan dan PT KAI dapat membuka jalur kereta api lainnya, di Jawa Barat, khususnya wilayah pesisir selatan."Tadi berdiskusi dengan Pak Dirut (PT KAI) rencana pengembangan track lainnya termasuk mimpi besar di Jabar selatan," harapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.