Keringanan Pajak Sektor Usaha dan PBB Selama Pandemi di Semarang

Bisnis

Keringanan Pajak Sektor Usaha dan PBB Selama Pandemi di Semarang

Pemerintah Kota Semarang memberikan keringanan pajak bagi sektor usaha dan masyarakat selama pandemi COVID-19. Tujuan pemberian keringanan ini tak lain mengurangi beban sektor usaha dan masyarakat karena persoalan ekonomi yang timbul akibat pandemi.

“Dampak yang ditimbulkan akibat COVID-19 tidak hanya pada persoalan medis saja, melainkan juga berdampak terhadap persoalan ekonomi masyarakat. Maka komitmen kami untuk hal-hal yang berdampak pada perekonomian, di mana itu di bawah kewenangan Pemerintah Kota Semarang, kami akan mengupayakan adanya kebijakan-kebijakan yang meringankan,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dilansir dari rmoljateng.com (16/4/2020).

Keringanan Pajak Sektor Usaha dan PBB Selama Pandemi di Semarang

Keringanan pajak yang diberikan kepada sektor usaha berupa keleluasaan untuk membayar pajak usaha. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang memberikan keleluasaan bagi hotel, restoran, dan tempat hiburan untuk membayarkan pajak usaha bulan April. Mei dan Juni sekaligus di bulan Juli 2020 tanpa denda.

Wali Kota yang akrab dipanggil Hendi itu mengatakan, meski dapat dibayar sekaligus, sektor-sektor usaha tersebut tetap harus melakukan pelaporan setiap bulannya seperti biasa.

Adapun keringanan pajak bagi masyarakat berupa diskon Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Masyarakat mendapatkan diskon sebesar 15 persen bila membayar PBB di bulan April, 10 persen bila membayarkannya di bulan Mei, dan hanya 5 persen bila membayar di bulan Juni 2020. Khusus untuk sekolah dan rumah sakit, diskon PBB yang diberikan sebesar 25 persen.

[Baca Juga: Pemkot Semarang Beri Keringanan Biaya PDAM di Masa Pandemi]

Hendi menuturkan, PBB masyarakat akan dipotong secara otomatis pada sistem Bapenda tanpa pengajuan. “Nanti di sistem Bapenda otomatis dipotong kalau untuk PBB,” jelas Hendi

Bapenda juga telah menyiapkan ragam alternatif pembayaran online untuk memudahkan berbagai pihak membayar pajak di tengah pandemi COVID-19. Alternatif pembayaran online tersebut di antaranya melalui Gopay, Tokopedia, serta jaringan perbankan yakni Bank Jateng, Mandiri, BNI, dan BTN.

Wajib pajak yang ingin melakukan pembayaran offline akan tetap dilayani melalui pos pelayanan PBB wilayah I-IV dan kantor Bapenda sendiri.

[Baca Juga: Pakar Sejarah Sebut Alasan dr. Kariadi Pantas Jadi Pahlawan Nasional]

Sebelumnya, Pemkot Semarang juga memberikan keringanan biaya PDAM bagi masyarakat berupa diskon 20 persen untuk periode April hingga Juni 2020. Tagihan PDAM pada bulan April mendapat potongan saat pembayaran di bulan Mei, begitu juga untuk dua bulan berikutnya.

Untuk diketahui, hingga 16 April 2020, jumlah pasien positif COVID-19 di Kota Semarang yang kini menjalani perawatan sebanyak 64 orang. Terdapat 18 pasien positif COVID-19 yang meninggal dan 39 orang sembuh. Sementara itu, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sedang menunggu hasil tes sebanyak 201 orang. PDP yang telah dinyatakan negatif COVID-19 sebanyak 168 orang, sedangkan yang meninggal dalam kondisi menunggu hasil sebanyak 22 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.

Biasakan Transportasi Ramah Lingkungan, Kota Bogor Hadirkan Sepeda Listri k.jpg

Berita Kawasan

Biasakan Transportasi Ramah Lingkungan, Kota Bogor Hadirkan Sepeda Listrik

27 September 2022, 14:34

Kota Bogor disebut sebagai kota pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan Beam dalam menghadirkan sepeda listrik yang bisa disewa masyarakatnya.

Bertempat di PIM 3, JFW 2023 Digelar Secara Offlin e.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bertempat di PIM 3, JFW 2023 Digelar Secara Offline

27 September 2022, 11:32

Jakarta Fashion Week diumumkan kembali digelar tahun ini dengan acara yang digelar secara luring di venue yang berlokasi di Pondok Indah Mall 3.

Healing di Alam Surabaya, Romokalisari Adventure Land Dibuka untuk Publik.jpg

Hobi dan Hiburan

Healing di Alam Surabaya, Romokalisari Adventure Land Dibuka

26 September 2022, 18:15

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Surabaya secara resmi meluncurkan wisata alam baru yang menggabungkan sejumlah wahana seru.


Comments


Please Login to leave a comment.