Kerja Di Rumah Saja Tetap Bisa Burn Out, Kenali Tandanya

Kesehatan

Kerja Di Rumah Saja Tetap Bisa Burn Out, Kenali Tandanya

Rutinitas pekerjaan di tengah pandemi ini, kebanyakan perusahaan di kota-kota besar memutuskan untuk menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk memutus rantai penyebaran dan tindakan pencegahan infeksi Virus Corona di lingkungan kantor.

Walau bekerja di rumah, namun bukan berarti para pekerja bisa bersenang-senang dan memiliki waktu luang. Pasalnya selama sistem kerja WFH diterapkan, beberapa pekerja bahkan bisa saja mengalami burn out, yang berarti salah satu kondisi stres yang berhubungan dengan pekerjaan. Kondisi ini baru saja dinyatakan Organisasi Kesehatan Dunia WHO sebagai salah satu kondisi stres kronis pada tahun 2019 lalu.

Kerja Di Rumah Saja Tetap Bisa Burn Out, Kenali Tandanya

Kondisi ini bisa muncul karena beberapa orang tidak bisa menyesuaikan bekerja di rumah dibandingkan di kantor, sehingga terasa rumit dan memberatkan. Melansir dari klikdokter.com (10/5/2020), orang yang mengalami kondisi ini dari awal sudah merasa stress ketika waktunya bekerja. “Ditambah lagi, kini kondisi tak memungkinkan untuk seseorang pergi ke mana-mana karena harus tetap di rumah saja. Jadinya, stress berkepanjangan dan menjadi burnout,” ujar Psikolog Ikhsan Bella Persada.

Sebenarnya saat Anda mengalami burn out, terdapat tanda atau ciri-ciri yang menandakan seseorang mengalami kondisi burn out. Melansir dari Detik Health berikut ciri-cirinya:

1) Produktivitas Menurun

Saat Anda merasa tak lagi produktivitas pekerjaan Anda menurun tak sama lagi seperti saat bekerja di kantor, bisa jadi merupakan salah satu tanda Anda mengalami kondisi burn out.

[Baca Juga: Begini Kiat Agar Tetap Waras Jalani WFH dan Hadapi Pandemi]

2) Berusaha Menghindari Pekerjaan

Saat pagi tiba, biasanya Anda akan bersiap untuk pergi ke kantor namun sekarang Anda harus bersiap-siap membuka berkas dan laptop untuk bekerja di rumah. hal ini lah yang membuat Anda terkadang merasa malas atau bahkan menghindari waktu bekerja saat di rumah.

3) Selalu Merasa Lelah

Walau Anda tak perlu lagi menempuh beberapa jam untuk pergi ke kantor, namun saat bekerja perasaan lelah selalu menyertai. Hal tersebut merupakan indikasi Anda mengalami kondisi burn out.

[Baca Juga: Stres Selama Pandemi? Kontak Konselor Pribadi Anda Lewat ChatAja]

4) Merasa Gagal

Saat bekerja di rumah, Anda memiliki perasaan selalu gagal dan ragu dengan kemampuan Anda sendiri. Saat merasakan hal ini, Anda biasanya juga bisa jadi merasa tidak berdaya, merasa terjebak dalam keadaan, kesepian, atau tak lagi memiliki motivasi.

Maka dari itu, untuk menghindari burn out, Anda bisa melakukan kegiatan atau hobi yang Anda sukai agar tak cepat merasa stres atau tertekan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.