Kerja Lebih Tenang, Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Naik 1.350 Persen

Bisnis

Kerja Lebih Tenang, Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Naik 1.350 Persen

Di tengah perbincangan mengenai kenaikan iuran BPJS Kesehatan, mungkin banyak yang belum menyadari jika BPJS Ketenagakerjaan mengalami peningkatan manfaat mulai awal tahun 2020. Tanpa menaikkan iuran, BPJS Ketenagakerjaan memberikan kenaikan manfaat hingga 1.350 persen. Penetapan ini mengikuti peraturan pemerintah (PP No. 82 tahun 2019) yang dikeluarkan pada 31 Desember 2019 lalu tentang kenaikan manfaat jaminan kecelakaan dan kematian tanpa kenaikan iuran.

"Kenaikan manfaat dari dua program BPJS Ketenagakerjaan, yaitu kenaikan manfaat program JKK dan JKM diberikan kepada pekerja Indonesia tanpa ada kenaikan iuran," ujar Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah ketika menyosialisasikan PP no 82 tahun 2019.

[Baca Juga: 3 Kiat Menyiasati Iuran BPJS yang Naik Agar Tetap Ramah di Kantong]

Lewat peningkatan manfaat BPJS Ketenagakerjaan, Pemerintah ingin menjamin keberlangsungan pendidikan anak Indonesia. Selain itu, terciptanya PP No. 82 tahun 2019 ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang ingin menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dengan peningkatan beasiswa dari BPJS TK.

Ida mengatakan, peningkatan manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan juga dapat menjadi jaring pengaman untuk mencegah risiko sosial ekonomi seperti risiko kecelakaan maupun kematian pada saat bekerja.

Kerja Lebih Tenang, Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Naik 1.350 Persen

Adapun beberapa peningkatan manfaat yang dapat dirasakan oleh para peserta BPJS TK adalah sebagai berikut:

  • Apabila pekerja mengalami kecelakaan kerja dan mengalami kecacatan, ahli waris akan mendapatkan beasiswa yang semula 1 (satu) anak sebesar Rp12 juta menjadi dua anak hingga perguruan tinggi sebesar Rp174 juta atau naik 1.350 persen.
  • Peserta juga akan mendapatkan manfaat baru berupa homecare dan penambahan besaran biaya transportasi, pemakaman, santunan berkala, dan masa kadaluwarsa klaim.
  • Manfaat Jaminan Kematian meliputi penambahan besaran biaya transportasi, biaya pemakaman dan santunan berkala yang total semula adalah Rp24 juta menjadi Rp42 juta atau naik 75 persen.

[Baca Juga: Imbas Kenaikan Iuran, BPJS Kesehatan Berkomitmen Perbaiki Layanan]

Ida berharap dengan adanya tambahan manfaat perlindungan ini dapat membuat pekerja lebih tenang dan nyaman ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Sehingga dampaknya pun bisa dirasakan oleh perusahaan dengan naiknya produktivitas yang dilakukan para pekerjanya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.