Bagaimana Prosedur Tes Covid-19

Berita Kawasan

Kerja Sama Penelitian LIPI & Satu Laboratika: Perlu 2 Juta Rakyat Dites

Dalam kondisi darurat bencana COVID-19 yang hampir merata terjadi di dunia, semua pihak terus berupaya mencegah penyebaran virus corona. Termasuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Lembaga ini bekerja sama dengan PT Satu Laboratika Utama melakukan tes deteksi COVID-19 sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit yang telah merenggut 635 nyawa berdasarkan laman covid19.go.id (22/4/2020). Kerja sama ini telah disepakati LIPI yang tertuang pada naskah resmi yang ditandatangani pada 20 April 2020 di Jakarta.

Melansir laman lipi.go.id (22/04/2020), Kepala LIPI Laksana Tri Handoko menjelaskan, kerja sama ini ditujukan terutama untuk meningkatkan kapasitas keilmuan terkait uji tes COVID-19. Tujuannya adalah untuk segera dapat melakukan respon yang cepat dan tepat dalam menghadapi pandemi.

Kerja Sama LIPI dan PT. Satu Laboratika untuk Tes Deteksi COVID-19

“Secara statistik, kasus masyarakat yang dites harusnya minimal dua juta kasus untuk merepresentasikan jumlah kasus di Indonesia. Perlu adanya database yang komprehensif untuk studi epidemologi terutama setelah musim hujan mereda. Dengan catatan, virusnya belum bermutasi,” kata Handoko.

Handoko menjelaskan, LIPI sudah melakukan tindakan preventif sedini mungkin terkait fasilitas-fasilitas yang dimiliki LIPI. Ia menambahkan, standard operational procedure (SOP) tes LIPI sudah sesuai dengan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Namun, memiliki kendala umum pada quality control-nya yang belum otomatis. “LIPI membuat ekstraksi, namun masih manual. Formulanya sudah tahu namun belum otomasi,” jelas Handoko.

[Baca Juga: Test Kit qPCR COVID-19 Buatan Anak Negeri Masuk Tahap Produksi Massal]

Sementara itu, Pengusaha dari Grup Bosowa Erwin Aksa mengatakan, kurangnya tes yang dapat dilakukan terhadap penduduk Indonesia menjadi salah satu alasan pentingnya penandatanganan nota kesepakatan ini. “Tes yang dilakukan di Indonesia masih berfokus pada kasus yang sudah kondisi parah, tidak pada carrier tanpa gejala,” ujarnya.

Menurut Erwin, kapasitas tes COVID-19 harus segera ditingkatkan agar dapat memberikan respon yang tepat atau mendapatkan angka real penderita penyakit ini. “Sebelum diketemukannya vaksin, pentingnya tes ilmiah yang tepat untuk dapat dilakukan oleh pihak yang qualified,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan kemampuan ilmiah LIPI dapat diformulasi dengan standar industrial yakni dengan bekerjasama dengan swasta. Targetnya adalah dapat melakukan tes setidaknya kepada 2 juta rakyat Indonesia. “Perlu adanya keteladanan dari pemimpin bagi masyarakat untuk perubahan-perubahan sosial yang harus dilakukan oleh masyarakat dalam menyikapi COVID-19,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.