Kerja Sampingan dan Cara-cara Lain Membuat Gaji Lebih Awet

Bisnis

Kerja Sampingan dan Cara-cara Lain Membuat Gaji Lebih Awet

Dewasa ini masih banyak orang yang belum dapat mengolah keuangan mereka dengan baik. Masih banyak orang yang sering menghamburkan uangnya entah kemana. Meski demikian, mengatur uang nyatanya memang cukup sulit. Melainsir dari Finansialku.com, budaya konsumtif masyarakat Indonesia yang tinggi sering menyebabkan munculnya masalah finansial seseorang. Hal ini dapat disebabkan pergaulan atau circle glamor yang secara tak langsung membawa Anda kedalam lingkaran konsumtif. Agar finansial Anda tidak menjadi korban, berikut ini PingPoint.co.id akan berbagi tips cara menghemat gaji, salah satunya dengan bekerja sampingan.

Kerja Sampingan dan Cara-cara Lain Membuat Gaji Lebih Awet

1) Buat Akhir Pekan Lebih Produktif

Hang out bersama teman, kerabat atau pasangan di akhir pekan menjadi hal yang paling sering dilakukan masyarakat kita. Biasanya acara hang out dijadikan ajang refreshing di akhir pekan setelah penat dengan rutinitas selama lima hari kerja. Namun yang menjadi masalah adalah jika kegiatan hang out dilakukan setiap minggu, bisa-bisa gaji dan tabungan Anda akan cepat habis. Salah satu cara menghemat gaji adalah dengan kerja sampingan. Lakukan hal-hal produktif di akhir minggu seperti mengerjakan proyek sampingan, bekerja freelance secara remote atau menyusun bisnis yang ingin Anda lakukan. Jika Anda merasa penat untuk melakukan itu semua, Anda bisa berjalan-jalan sebentar untuk dapat kembali produktif.

[Baca Juga: Ini Cara Ajarkan Anak untuk Hidup Hemat]

2) Membuka Rekening Tabungan Baru

Jika Anda merasa cukup sulit untuk menahan pola konsumtif karena alasan tertentu sehingga kesulitan untuk menabung, Anda bisa menyiasatinya dengan cara membuka rekening tabungan baru khusus untuk gaji kerja sampingan. Kegunaan membuka tabungan baru adalah untuk menyimpan gaji dari hasil kerja sampingan. Hal ini tentunya akan membantu Anda untuk memisahkan gaji sampingan dengan gaji pekerjaan utama. Buat komitmen dalam diri Anda untuk tidak menggunakan rekening tabungan kerja sampingan dalam waktu yang sudah ditentukan, misalnya satu tahun atau dua tahun.

3) Hindari Membeli Barang yang Tak Perlu

Salah satu tips paling efektif untuk mengelola keuangan agar gaji utama dan gaji kerja sampingan Anda tidak cepat habis adalah tidak boros. Formulanya adalah, hindari pembelian barang atau hal yang tidak terlalu Anda butuhkan sekalipun Anda sangat menginginkannya. Khususnya bagi kalian yang masih memiliki banyak tanggungan sebaiknya dahulukan untuk menyicil kekurangan yang ada. Jika cermat dalam mengatur keuangan maka Anda akan mendapatkan manfaatnya di lain waktu. Misalnya, Anda bisa membayar tanggungan yang tersisa tanpa harus pusing mencari dana lagi, atau membangun bisnis atau usaha baru yang dapat menghasilkan uang lebih besar.

[Baca Juga: Ini 3 Hal yang Bisa Menghemat Biaya Pesta Pernikahan]

Cermat menabung tentunya tidak akan bisa sempurna tanpa adanya sistem keuangan yang tertata. Dari pada duit gaji utama habis begitu saja, melakukan kerja sampingan dapat membantu Anda untuk memiliki dana tabungan cadangan dan membuat Anda menjadi lebih produktif.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.