Kerjasama OJK dan LPS.jpg

Bisnis

Kerjasama OJK dan LPS Tingkatkan Koordinasi Penanganan Bank

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sepakat bekerjasama untuk meningkatkan koordinasi dalam mendukung pelaksanaan fungsi dan tugas kedua lembaga.

Dengan begitu, Anda sebagai pengguna bank tak usah khawatir ketika bertransaksi. Pasalnya, koordinasi terkait bank dalam pengawasan intensif dan bank berada dalam pengawasan khusus yang dilandasi oleh OJK dan LPS.

LPS sendiri memiliki fungsi menyelenggarakan program penjaminan simpanan nasabah bank dan melakukan resolusi bank. Sedangkan OJK merupakan regulator atau otoritas yang mempunyai fungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan.

[Baca Juga: Aplikasi Perbankan Milik Bank Commonwealth Raih Rekor MURI]

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan perpanjangan Nota Kesepahaman antara Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah dengan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso yang diselenggarakan pada Rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Jakarta (28/1/2019).

Kerjasama antara OJK dan LPS sendiri menciptakan tujuh poin, yakni:

  1. Peningkatan koordinasi antara OJK dan LPS, antara lain dalam rangka, diantaranya penanganan bank sistemik, penyelesaian bank selain bank sistemik, pendirian dan pengakhiran bank perantara, dan penanganan atau penyelesaian bank dengan status “Tbk” dan penerbitan surat berharga.
  2. Penanganan Bank Sistemik yang diserahkan oleh KSSK kepada LPS berdasarkan UU LPS dan UU PPKSK
  3. LPS dapat melakukan due diligence, baik Bank Sistemik atau Bank Selain Bank Sistemik yang berstatus Bank Dalam Pengawasan Intensif (BDPI), dengan syarat dan kondisi tertentu
  4. Meningkatkan cakupan pertukaran data dan informasi dengan lebih komprehensif
  5. Percepatan jangka waktu penyampaian informasi antara OJK dan LPS terkait Bank Sistemik dan Bank Selain Bank Sistemik, baik dalam status BDPI dan Bank Dalam Pengawasan Khusus (BDPK).
  6. Pemberian dukungan OJK kepada LPS dalam pelaksanaan Program Restrukturisasi Perbankan
  7. Pembentukan Forum Koordinasi dalam rangka memperlancar pertukaran informasi dan pelaksanaan tugas dan kewenangan masing-masing instansi

[Baca Juga: Kerjasama Go-Jek dengan Queen Kemenhub dan Rides]

Selain untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar lembaga, kolaborasi OJK dan LPS ini telah menyesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (UU PPKSK), Peraturan OJK, dan peraturan LPS.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

Hobi dan Hiburan

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

15 July 2020, 20:00

Tidak bisa tayang di bioskop membuat film Guru-guru Gokil yang diproduseri Dian Sastrowardoyo mendapatkan kesempatan penayangan global sebagai Film Netflix Original.

Setengah Tahun Ini Lagu Penutup Album Menari dengan Bayangan Rilis Kala Pandemi

Hobi dan Hiburan

Hindia Tuntaskan Album Menari dengan Bayangan dengan Lagu Setengah Tahun Ini

15 July 2020, 19:00

Tentunya lagu yang diciptakan kala pandemi ini bercerita tetang setengah tahun awal dari 2020 di mata seorang Baskara Putra. Lagu penutup album pertama Hindia ini merangkum semuanya.

rapid test lion air.jpg

Bisnis

Kemudahan Layanan Rapid Test COVID-19 Lion Air Group Jangkau Semarang dan Kendal

15 July 2020, 18:00

Layanan Lion Air Group ini menawarkan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara.

PEN_UMKM_Bogor_1.jpg

Bisnis

Bank Mandiri Siapkan Dana Sebesar Rp3,5 Miliar Guna Pelaku UMKM di Bogor

15 July 2020, 17:00

Bank Mandiri telah menyiapkan rencana penyaluran dana kredit produktif kepada sepuluh debitur UMKM di wilayah Bogor.


Comments


Please Login to leave a comment.