Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

Bisnis

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

Kemajuan teknologi informasi membuka begitu banyak peluang optimalisasi sumber daya serta berkembangnya skema-skema baru kerjasama antar pihak untuk mencapai tujuan bersama termasuk dalam lingkup penguatan pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Menangkap peluang tersebut, Pemerintah Kota Malang di awal tahun 2021 melakukan terobosan dalam bentuk inisiasi kerjasama dengan GoJek dan GoPay. Inisiatif ini juga merupakan bagian dari upaya membangun literasi dan fasilitasi yang terus dibangun Pemerintah Kota Malang agar masyarakat dan UMKM semakin berdaya di era digital saat ini.

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

Penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Kerja Sama Peningkatan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat melalui Aplikasi Gojek dan Gopay dilaksanakan di Ruang Rapat Walikota pada pada pekan lalu antara Wali Kota Malang, Drs. H Sutiaji mewakili Pemerintah Kota Malang dengan Head of GoPay Sales Acquisition, Arno Tse dan Perwakilan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa, Leo Wibisono Arifin.

[Baca Juga: Lewat Workshop Recovery Ekonomi, IKM Kota Malang Siap Tembus Pasar Internasional]

Terdapat tiga ruang lingkup kerjasama yang disepakati, yaitu:

  1. Pengembangan pariwisata Kota Malang dengan memanfaatkan aplikasi GoJek dan atau pemanfaatan layanan penerimaan pembayaran melalui fitur GoBills
  2. Pembinaan kemampuan bagi UMKM melalui pelatihan dan fasilitasi pemasaran
  3. Bidang lain sesuai kebutuhan yang dipandang relevan

“Di awal tahun ini, kita melakukan kerjasama dengan Gojek dan Gopay dengan harapan meningkatkan ekonomi masyarakat, UMKM, ditengah transformasi budaya yang terjadi saat ini. Termasuk membangun marketplace UMKM yang kaya kearifan lokal. Dampaknya diharapkan meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat,” terang Sutiaji seperti diberitakan malangkota.go.id (18/1/2021).

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Malang Kuatkan Program PSBK untuk Atasi COVID-19]

Adapun Head of Gov Relation Gojek Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Boy Arno Muhammad menyampaikan, Speed, Inovasi dan Social Impact menjadi beberapa kata kunci dalam perkembangan dunia di era digital.

Oleh karena itu GoJek sangat mengapresiasi berbagai inisiatif penguatan literasi dan fasilitasi masyarakat di era digital yang telah dirintis Pemerintah Kota Malang, termasuk jalinan kerjasama di awal tahun 2021. "Kami berkomitmen untuk mendukung pariwisata, pengembangan UMKM dan bidang lain yang menjadi kesepakatan bersama," ungkap Arno.

Read More

Artikel Lainnya

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19t.jpg

Pendidikan

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19

01 March 2021, 19:25

UGM secara resmi melepaskan ribuan GeNose C19 ke distributor untuk mulai dijual ke berbagai layanan kesehatan, institusi pendidikan hingga perusahaan.

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

Kesehatan

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

01 March 2021, 18:15

Pendanaan vaksinasi mandiri dibebankan kepada perusahaan sehingga semua penerima vaksinasi tidak dipungut biaya. Program ini diharapkan mempercepat terbentuknya kekebalan komunitas.

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

Kuliner

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

01 March 2021, 16:16

Saat memasuki warung sate legendaris ini, terdengar suara orang sedang menggebuk-gebuk sesuatu. Suara itu akan terdengar jelas saat Anda memasuki warung.

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

Kesehatan

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

01 March 2021, 15:17

Khusus untuk lansia kata Retno, masih diprioritaskan di ibu kota provinsi. Sementara, Kota Bogor belum mendapat alokasi vaksin.


Comments


Please Login to leave a comment.