Kerumitan Resep Gelato yang Membawa Kenikmatan di Restoran Oma Elly

Kuliner

Kerumitan Resep Gelato yang Membawa Kenikmatan di Restoran Oma Elly

Pemilik sekaligus juru chef restoran Oma Elly, Andry Susanto mendalami pembuatan gelato langsung di negara asalnya, Italia. Di restorannya yang terletak di kawasan Setia Budi, Jakarta Selatan, dia menggunakan bahan-bahan berkualitas dari petani-petani lokal.

“Saya belajar kuliner, termasuk bikin gelato di Italia selama dua bulan. Oma saya juga orang Italia,” ucap Andry kepada kompas.id (2/9/2020). Pengalaman pada tahun 2018 itulah yang menjadi bekal untuk memasarkan hidangan utama hingga pencuci mulut khas Italia secara daring.

Kerumitan Resep Gelato yang Membawa Kenikmatan di Restoran Oma Elly

Aneka gelato tercantum pada menu Oma Elly seperti yoghurt, kopi, pisang coklat, coklat hitam, earl grey, karamel asin, selai kacang coklat, hazelnut, dan pistachio. “Ada pula sorbet yang menggunakan non-dairy (bahan bukan hewani). Rasanya macam-macam seperti buah, kopi, dan coklat,” katanya.

[Baca Juga: Ragusa Es Italia, Es Krim Legendaris yang Tak Lekang Waktu]

Andry mengungkapkan keyakinan tentang kelezatan gelato dan sorbetnya. “Saya mau meluncurkan sorbet pir. Tekstur dan rasanya belum saya temui di Indonesia. Saya juga mau buat rasa melon jauh lebih enak dari buahnya,” ujarnya dengan riang.

Kerumitan Resep Gelato yang Membawa Kenikmatan di Restoran Oma Elly

Ia berencana meluncurkan bermacam es krim barunya, vegan gelato, kurang dari dua pekan lagi. Kemasan produk itu sedang dicetak. “Produk non-dairy di Italia sudah amat lazim. Saya belum ketemu sorbet yang benar-benar enak di Indonesia. Banyak orang pikir sorbet kayak es serut,” ujarnya sambil tertawa.

Kerumitan Resep Gelato yang Membawa Kenikmatan di Restoran Oma Elly

Andry mengemukakan sulitnya membuat es krim nabati. Persistensi menjadi kunci. Ia harus menabung hingga bisa membeli mesin gelato kecil pada awal tahun 2020. Harga mesin gelato tak murah. Andry enggan menyebutkan harga itu tetapi bisa setara beberapa mobil keluarga. Di Oma Elly, yang digunakan adalah mesin pembeku gelato dalam 30 menit saja atau blast freezer. Jika tidak, proses itu memakan waktu seharian.

Proses yang Rumit

Andry mengamati banyaknya gelato di Indonesia yang menggunakan base atau semacam bahan dasar untuk membuat es krim. “Jadi, base ada campurannya seperti pengembang dan pengikat. Baru, ditambah rasa. Kalau saya bikin resep benar-benar dipertimbangkan komposisinya,” katanya.

Es krim yang memakai pengembang akan menggumpal saat mencair karena zat-zat pengikatnya. Setiap es krim Oma Elly harus dicoba berkali-kali. “Rata-rata, gelato yang saya buat baru dijual setelah lima kali eksperimen. Masih mending karena tiramisu saya jual, itu dari resep yang ke-60,” katanya.

Kerumitan Resep Gelato yang Membawa Kenikmatan di Restoran Oma Elly

Andry berpendapat gelato sangat saintifik. Keseimbangan menjadi kunci. Tanpa perpaduan yang pas, pembuatan gelato bakal gagal. “Kadar lemaknya harus 6-12 persen. Gula 12-24 persen. Solidnya juga diperhatikan. Kalau aturannya enggak diikuti, jadi cair atau bentuknya aneh,” ucapnya.

[Baca Juga: Ini Toko Es Krim Jadul Legendaris di Jakarta Pusat]

Orang umumnya berpikir makanan itu lembut karena krim atau lemaknya. Andry menilai miskonsepsi terbesar soal gelato juga lezat karena menggunakan krim. “Gelato itu minus 12 derajat Celcius tapi tetap lembut. Sebenarnya, gula yang bikin empuk,” katanya.

Kerumitan Resep Gelato yang Membawa Kenikmatan di Restoran Oma Elly

Gula adalah komponen penahan beku yang alami. Ia mencontohkan Vodka dengan kandungan alkohol 40 persen tak membeku. “Kalau dimasukkan freezer (rak pembeku) tetap cair karena Vodka itu semacam gula. Sama kalau kita campur air 40 persen dan gula 60 persen diaduk, enggak beku,” katanya.

Andry harus menentukan takaran gula yang pas sehingga teksturnya sesuai keinginan tetapi tidak sampai terlampau manis. “Proses itu susah banget. Kalau resep sudah jadi tinggal produksi tapi meracik resepnya yang pusing,” tutup Andry.

Read More

Artikel Lainnya

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.


Comments


Please Login to leave a comment.