Kesadaran Autisme Penting untuk Orangtua atau Anak

Pendidikan

Kesadaran Autisme Penting untuk Orangtua atau Anak?

Autisme merupakan kondisi dimana perkembangan otak tak sebagaimana mestinya, sehingga memengaruhi kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi, gangguan perilaku, membatasi minat, dan lain sebagainya. Autisme mengganggu perilaku seseorang dalam bersosialisasi, komunikasi, dan tingkah laku yang berulang. Autisme juga bisa disebut dengan ASD atau autism spectrum disorder, dengan tingkat keparahan dan gejala yang terjadi pada tiap orang berbeda-beda.

Anak-anak dengan autisme diyakini memiliki level kecerdasan normal dan baik, tetapi ada hal lain yang membuatnya terlihat berbeda. Maka dari itu, untuk mengenalkan kondisi ini kepada masyarakat luas serta mengurangi tingkat deskriminatif yang diterima oleh anak dengan autisme, perlu adanya peningkatan kesadaran dalam masyarakat.

Bersinergi Menggugah Kesadaran Terhadap Autisme

Hari Kesadaran Autisme biasanya diperingati setiap 2 April ini sudah dirayakan selama 13 kali sejak tahun 2008 usai 2007 ditetapkan oleh PBB pada 18 Desember. Menurut Master of Nursing, Motivator dan juga Pemerhati Family Health dan Pendidikan di Indonesia Okky R. Ngakili atau yang lebih akrab disapa Zeyn, peringatan ini kerap kali digunakan untuk tempat membuktikan jika anak-anak dengan autisme itu spesial.

Tiap tahunnya, ada perayaan khusus sebagai simbol anak dengan autisme mampu dan sama seperti orang lain. Misalnya kampanye, Light it Up Blue yang rutin diselenggarakan di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, acara tersebut diselenggarakan di Monas.

[Baca Juga: Untuk Apa Diadakan Hari Kesadaran Austisme?]

Kesadaran autisme ini dirasa penting untuk anak-anak dengan autisme karena peringatan tersebut bisa dijadikan moment untuk anak dengan autisme unjuk bakat dan prestasi. Namun, tak semua anak dengan autisme mengerti soal hari peringatan ini, pasalnya tingkatan autisme seseorang bisa berbeda-beda.

“Jika kondisi autis ringan, mereka akan sadar dan ingat dengan apa yang mereka lalukan. Akan tetapi jika tingkatannya sedang ke berat, masih perlu diingatkan berkali-kali. Pada tingkat ini, anak [dengan] autis[me] harus terus didampingi untuk diingatkan dan diarahkan,” ujar Zeyn kepada PingPoint (1/4/2020).

[Baca Juga: Menyatukan Keberagaman di Hari Kesadaran Autisme Sedunia]

Maka dari itu, anak dengan kondisi autisme ringan menganggap tanggal 2 April merupakan hari penting, di mana mereka bisa menunjukan prestasi dan kemampuannya. Sedangkan untuk anak kondisi berat ke sedang, hari tersebut lebih dirasa penting untuk orangtua yang memiliki anak dengan autisme, karena pada acara ini orang tua bisa bertemu dengan orang tua lain sehingga membentuk support system.

Menurutnya, berdasarkan hasil riset dan jurnal-jurnal yang ia baca, 92 persen dari 100 orang tua memiliki anak dengan autisme sudah sadar bahwa setiap tanggal 2 April merupakan Hari Kesadaran Austisme.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.