Kesederhanaan Perayaan Imlek di Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi

Berita Kawasan

Kesederhanaan Perayaan Imlek di Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi

Hok Lay Kiong, kelenteng tertua di Kota Bekasi melakukan perayaan Tahun Baru Imlek 2022 dengan sederhana dan fokus pada ibadah, bukan hiburan. Perlengkapan sembahyang hio atau dupa, dan lilin dengan berbagai macam ukuran telah dipasang. Ratusan lampion khas budaya Tionghoa tampak menghiasi langit-langit bangunan.

Ketua Yayasan Pancaran Tridharma dan Pengelola Kelenteng Hok Lay Kiong Ronny Hermawan mengatakan, pandemi COVID-19 yang masih melanda membuat kegiatan Imlek fokus pada sembahyang, tanpa hiburan. Menurutnya, pertunjukan barongsai dan pesta kembang api yang kerap dilaksanakan masyarakat etnis Tionghoa terpaksa ditiadakan.

"Imlek tahun ini dirayakan secara sederhana dengan tidak membuat kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan," kata Ronny seperti diberitakan Tribun Network (31/1/2022).

Kesederhanaan Perayaan Imlek di Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi

Ronny memastikan Kelenteng Hok Lay Kiong tidak mengadakan acara seremonial dalam menyambut tahun Baru Imlek dan Cap Go Me. "Ritual sembahyang tetap bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya. Nanti umat yang datang berdoa bergantian kalau sudah satu jam," kata Ronny.

Yayasan Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi hanya memberikan kesempatan untuk doa pribadi dan tidak ada doa bersama. "Tidak ada perbiadatan secara khusus karena imbauan dari pemerintah seperti itu," ujarnya.

Yayasan Kelenteng Hok Lay Kiong juga telah memberikan imbauan dengan pemasangan spanduk agar umat melaksanakan Ibadah Imlek di rumah masing-masing.

Kelenteng Hok Lay Kiong diperkirakan sudah berusia 300 tahun. Pengurus yayasan mencatat klenteng ini sudah berdiri sejak masa penjajahan VOC Belanda. Pembangunan Kelenteng Hok Lay Kiong berawal dari pemberontakan etnis Tionghoa yang dahulu bekerja di Batavia yang kini disebut Jakarta.

[Baca Juga: Cuan Pengusaha Lilin di Kota Tangerang Meningkat Jelang Imlek 2022]

Pemberontakan itu terkait upah sehingga para etnis Tionghoa menyebar ke beberapa wilayah termasuk Bekasi. Masyarakat etnis Tionghoa kala itu menyambung lagi kehidupannya dengan cara berkebun. Beberapa di antaranya juga mendirikan rumah.

Kelenteng Hok Lay Kiong dibangun karena kebutuhan ibadah para etnis Tionghoa. Kehadiran klenteng tak terlepas dari sejarah masa lalu. Nama Hok Lay Kiong memiliki arti gerbang rezeki. Harapannya, umat yang berkunjung ke klenteng akan mendapatkan rezeki.


Read More

Klenteng Hok Lay Kiong

Rumah Ibadah

None
None

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.