Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Banyak yang memandang perilaku hidup sehat sangat penting dipupuk dari usia dini dan hal inilah yang telah diterapkan lama oleh TK Tzu Chi. Hal ini tercermin dari berbagai kegiatan serta fasilitas yang menunjang gaya hidup sehat bagi para murid di sana. Keberhasilan dalam usaha ini juga dapat terlihat melalui kemenangan TK Tzu Chi pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi DKI Jakarta dan mewakili Ibu Kota di tingkat nasional.

Pemupukan mengenai perilaku kesehatan di TK Tzu Chi dimulai dengan melibatkan murid-muridnya dalam berbagai kegiatan kebersihan. Salah satunya adalah melalui kelompok kerja atau pokja yang memberikan peran kepada para murid di lembaga pendidikan ini sebagai duta. Contohnya duta kesehatan yang telah diberikan edukasi pertolongan pertama jadi dapat membantu murid lain yang mengalami cedera.

Ini Suasana Keseharian di TK Tzu Chi

“Ada sejumlah duta, salah satunya duta kesehatan di klinik. Duta yang lain, ada juga jumantik (juru pemantau jentik) jadi mereka mengecek larva-larva atau jentik-jentik nyamuk apakah ada di sekolahan. Kemudian ada duta TOGA (tanaman obat keluarga), lalu ada juga duta anti-rokok karena bagi kami rokok itu tidak baik, jadi kami merasa harus mengedukasi anak dari mulai usia dini mengenai hal ini,” tutur Kepala Sekolah TK Tzu Chi Iing Felicia Joe kepada PingPoint.co.id di TK Tzu Chi, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (13/9/2019).

[Baca Juga: Wakilkan Jakarta, TK Tzu Chi Tanding di LSS Tingkat Nasional]

Iing melanjutkan, TK Tzu Chi juga memiliki duta gizi yang ditujukan untuk memberikan edukasi mengenai pengaturan gizi anak agar tidak obesitas serta stunting. Menariknya, ada juga murid yang menjadi duta penjamah makanan yang bertugas untuk membantu memberikan makanan atau snack kepada murid lainnya saat di kelas.

Selain menjadi duta, para murid TK Tzu Chi juga dilibatkan di kegiatan untuk menjaga kesehatan lainnya, seperti ikut piket dalam memilah sampah serta bertugas di klinik Unit Kesehatan Sekolah (UKS). “Murid yang piket di UKS biasanya lebih ke arah membantu. Contohnya ada yang jatuh atau sakit, mereka bantu anterin ke klinik,” ucap Suster UKS TK Tzu Chi Jusnita Tobing.

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Jusnita menyebut, pada umumnya, murid yang datang ke UKS pasti ditemani oleh guru. Namun ketika baru awal masuk saat proses absensi dan berbaris untuk pengecekan suhu badan serta mulut, murid yang piket di UKS turut membantu pengecekan. Jika ada murid yang terindikasikan kurang sehat, maka siswa-siswi yang piket itu akan secara sukarela membawa mereka ke UKS.

[Baca Juga: Belajar Cinta Kasih di Tzu Chi School]

Selain melibatkan para murid, dari segi fasilitas sekolah, TK Tzu Chi juga sudah memiliki sarana dan prasarana yang dapat menunjang hidup sehat. Dari mulai UKS yang lengkap dengan oksigen serta obat-obatan eksternal, fasilitas pengolahan air secara reverse osmosi, hingga menu makanan yang sudah diatur tingkat gizinya sesuai kebutuhan ideal pada murid.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.