Kesempatan Penyandang Disabilitas Mengejar CPNS DKI Jakarta

Berita Kawasan

Kesempatan Penyandang Disabilitas Mengejar CPNS DKI Jakarta

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali dibuka tahun ini, yang dimulai sejak tanggal 11 November 2019. Berbagai lowongan kantor pemerintahan pun mulai banyak yang diburu tidak terkecuali bagi penyandang disabilitas. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka lowongan sebanyak 3.958 CPNS. Dari banyaknya angka lowongan, dua persen dari jumlah itu dialokasikan untuk penyandang disabilitas.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir mengatakan, alokasi tersebut mengacu pada Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Pemprov DKI berkomitmen akan memberikan kesetaraan dan keadilan sosial. Termasuk, bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan kesempatan menjadi PNS. Melansir laman beritajakarta.go.id (13/11/2019). Tahun 2018, Pemprov DKI Jakarta membuka 64 lowongan formasi untuk pelamar disabilitas dengan jumlah pelamar sebanyak 45 orang.

Kesempatan Penyandang Disabilitas Mengejar CPNS DKI Jakarta

"Setelah melalui tahapan seleksi ada 23 penyandang disabilitas, baik tuna netra, tuna daksa, dan tuna rungu yang dinyatakan lolos sebagai CPNS," ucap Chaidiri.

Chaidir berpesan kepada pelamar disabilitas agar tidak mudah patah semangat atau rendah diri dengan keterbatasan yang ada pada dirinya. Sebab, sesungguhnya penyandang disabilitas maupun bukan disabilitas mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam meniti karir. "Penyandang disabilitas atau bukan disabilitas harus yakin memiliki hak yang sama. Jangan lantas minder karena keterbatasan yang ada jadi mudah menyerah," jelasnya.

[Baca Juga: Presiden RI Menjajal MRT Bersama Penyandang Disabilitas]

Chaidir menyebutkan kuota jumlah CPNS yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI sebanyak 3.958 CPNS yang terdiri dari Tenaga Kependidikan 2.064 formasi, Tenaga Kesehatan 629 formasi, dan Tenaga Teknis atau Administrasi 1.265 formasi. "Tahun ini sebetulnya Pemprov DKI mengusulkan kebutuhan 7.176 formasi CPNS dan 11.370 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K," ungkapnya.

Chaidir menjelaskan tentang formasi CPNS yang dibuka tahun ini, terdiri dari tiga kategori yakni, umum, cumlaude, dan disabilitas. Yang dibuka sejak 11 sampai 25 November pukul 23.59.

[Baca Juga: 5 Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Jakarta]

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan dan Pendayagunaan BKD Provinsi DKI Jakarta Sogimun menuturkan persyaratan CPNS Pemprov DKI Jakarta di antaranya, Warga Negara Indonesia (WNI), IPK minimal 2,70 untuk umum dan minimal 2,50 untuk disabilitas. Kemudian, berusia 18-35 tahun dan memiliki nilai TOEFL minimal 400.

"Pendaftaran dilakukan secara online melalui sscasn.bkn.go.id. Untuk detail mengenai jenis formasi, persyaratan, tata cara pendaftaran, proses seleksi, dan ketentuan lainnya dapat dilihat pada website bkddki.jakarta.go.id," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.