Kesenian Betawi Meriahkan Libur Lebaran di Situ Babakan

Berita Kawasan

Kesenian Betawi Meriahkan Liburan di Setu Babakan

Beberapa waktu lalu, dalam rangka libur sekolah dan Lebaran panjang banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk bertamasya ke luar kota. Namun ada pula, yang tak bisa berpergian ke luar Jakarta karena beberapa alasan. Maka dari itu, untuk Pemerintah Kota Jakarta Selatan membuat berbagai tempat wisata di Ibu Kota lebih menarik saat musim liburan agar meningkatkan pengunjung yang lebih banyak.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meramaikan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan adalah dengan menghadirkan pertunjukan kesenian khas Betawi yang bisa menghibur selama musim liburan. Pertunjukan seni ini dilakukan di Abdi Teater Zona A Perkampungan Budaya Betawi Situ Babakan.

[Baca Juga: PBB Setu Babakan Dikunjungi 14.775 Wisatawan]

Mengutip dari selatan.jakarta.go.id (13/6/2019) Kepala Suku Baguan Tata Usaha Unit Pelayanan Khusus Pekampungan Budaya Betawi Setu Babakan Saipul Amri mengatakan, pihaknya menyediakan pertunjukan seni betawi yang berupa kesenian musik dan tari Betawi, musik Gambang Kromong, Marawis, Gambus, Lenong dan juga tari tradisional. Salah satu tarian yang ditampilkan adalah Tari Lenggang Nyai.

"Kesenian Betawi ini dilaksanakan mulai dari hari ketiga setelah Lebaran yaitu tanggal 7 Juni 2019 hingga hari Selasa tanggal 11 Juni 2019," ujarnya (12/6/2019). Saipul menjelaskan, pihaknya tidak hanya menyediakan kesenian Betawi di Setu Babakan. Tetapi juga ada bazar kuliner Betawi di lingkup perkampungan Situ babakan, di sana pengunjung bisa mencicipi nikmatnya hidangan khas Betawi seperti selendang Mayang, Toge Goreng, Dodol, Laksa, dan para pengunjung juga bisa mencoba dan melihat langsung Baju Adat Betawi.

[Baca Juga: Sanggar Tari Betawi Mak Manih H.Nirin Kumpul Kembali Diresmikan]

Acara ini terbukti bisa mendatangkan banyak pengunjung pada musim liburan, pasalnya dalam tiga hari, Situ Babakan kedatangan lebih dari 5.000 pengunjung. "Pagelaran Budaya Betawi ini sangat menarik pengunjung. Dari data yang kami lihat, pengunjung yang hadir di hari pertama dan hari kedua sampai hari ketiga pertunjukan di Situ Babakan berkisar 6.000 pengunjung. Namun pada hari keempat dan seterusnya ada pengurangan pengunjung. Mungkin berkurangnya  pengunjung disebabkan karena sudah ada beberapa kantor yang mulai beroperasi dan mewajibkan beberapa orang masuk kerja," katanyanya.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.