Kesenian Betawi Meriahkan Libur Lebaran di Situ Babakan

Berita Kawasan

Kesenian Betawi Meriahkan Liburan di Setu Babakan

Beberapa waktu lalu, dalam rangka libur sekolah dan Lebaran panjang banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk bertamasya ke luar kota. Namun ada pula, yang tak bisa berpergian ke luar Jakarta karena beberapa alasan. Maka dari itu, untuk Pemerintah Kota Jakarta Selatan membuat berbagai tempat wisata di Ibu Kota lebih menarik saat musim liburan agar meningkatkan pengunjung yang lebih banyak.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meramaikan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan adalah dengan menghadirkan pertunjukan kesenian khas Betawi yang bisa menghibur selama musim liburan. Pertunjukan seni ini dilakukan di Abdi Teater Zona A Perkampungan Budaya Betawi Situ Babakan.

[Baca Juga: PBB Setu Babakan Dikunjungi 14.775 Wisatawan]

Mengutip dari selatan.jakarta.go.id (13/6/2019) Kepala Suku Baguan Tata Usaha Unit Pelayanan Khusus Pekampungan Budaya Betawi Setu Babakan Saipul Amri mengatakan, pihaknya menyediakan pertunjukan seni betawi yang berupa kesenian musik dan tari Betawi, musik Gambang Kromong, Marawis, Gambus, Lenong dan juga tari tradisional. Salah satu tarian yang ditampilkan adalah Tari Lenggang Nyai.

"Kesenian Betawi ini dilaksanakan mulai dari hari ketiga setelah Lebaran yaitu tanggal 7 Juni 2019 hingga hari Selasa tanggal 11 Juni 2019," ujarnya (12/6/2019). Saipul menjelaskan, pihaknya tidak hanya menyediakan kesenian Betawi di Setu Babakan. Tetapi juga ada bazar kuliner Betawi di lingkup perkampungan Situ babakan, di sana pengunjung bisa mencicipi nikmatnya hidangan khas Betawi seperti selendang Mayang, Toge Goreng, Dodol, Laksa, dan para pengunjung juga bisa mencoba dan melihat langsung Baju Adat Betawi.

[Baca Juga: Sanggar Tari Betawi Mak Manih H.Nirin Kumpul Kembali Diresmikan]

Acara ini terbukti bisa mendatangkan banyak pengunjung pada musim liburan, pasalnya dalam tiga hari, Situ Babakan kedatangan lebih dari 5.000 pengunjung. "Pagelaran Budaya Betawi ini sangat menarik pengunjung. Dari data yang kami lihat, pengunjung yang hadir di hari pertama dan hari kedua sampai hari ketiga pertunjukan di Situ Babakan berkisar 6.000 pengunjung. Namun pada hari keempat dan seterusnya ada pengurangan pengunjung. Mungkin berkurangnya  pengunjung disebabkan karena sudah ada beberapa kantor yang mulai beroperasi dan mewajibkan beberapa orang masuk kerja," katanyanya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.