Keseruan Kegiatan Mengenal Sampah di Pinggir Ciliwung

Pendidikan

Keseruan Anak-anak Mengenal Sampah di Pinggir Ciliwung

Sampahmu adalah tanggung jawabmu. Itulah kalimat yang disampaikan seorang Praktisi Hidup Minim Sampah Andhini Miranda kepada seluruh peserta kegiatan Mengenal Sampah dan Ciliwung pada 13 Juli 2019 di Air Terjun Sukaresmi, Bogor.

Seluruh peserta kegiatan tersebut merupakan orangtua dan anak yang mendaftarkan diri dan terjun langsung untuk melihat keadaan sampah di sekitar lokasi kegiatan, guna menambah kesadaran akan pentingnya menjaga kondisi lingkungan untuk diri sendiri, orang-orang di sekitar dan makhluk hidup lainnya. Salah satunya adalah dengan mengurangi atau bahkan dianjurkan menolak penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Keseruan Kegiatan Mengenal Sampah di Pinggir Ciliwung

Para peserta tak hanya diberikan edukasi tentang sampah dan Ciliwung, mereka juga diajak untuk mengambil dan memilah sampah dari sampah-sampah yang ada di sekitar area lokasi kegiatan. Peserta diminta memilah tiga jenis sampah, yakni sampah plastik, sampah sterofom, dan sampah nonplastik.

[Baca Juga: Mari Belajar Fotografi Jurnalistik Di Komunitas Omah Sindo]

Salah satu peserta dari Bekasi yang merupakan seorang ibu dari dua anak ini mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bagus dan dia merasa tidak menyangka dengan kondisi sampah di lokasi tersebut terbilang cukup memprihatinkan. Peserta yang mengikuti kegiatan Mengenal Sampah dan Ciliwung tak hanya dari Bekasi, namun juga banyak di antaranya dari Jakarta.

Menariknya, di antara banyak orangtua dan anak, ada salah satu peserta yang menarik perhatian tim PingPoint.co.id saat hadir dalam kegiatan tersebut. Peserta berwajah keturunan orang kulit putih, bernama Shae, datang seorang diri untuk mengikuti kegiatan ini dari Jakarta.

Mengintip Antusias Orangtua dan Anak Dalam Kegiatan Mengenal Sampah dan Ciliwung

Dia mengaku kegiatan ini merupakan kali pertamanya terjun langsung memperhatikan kondisi lingkungan Ciliwung. “Ini benar-benar pertama kali dapetin experience masuk ke dalam sungai yang terinfeksi banyak sampah,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini bagus terutama bagi anak-anak untuk bisa merasakan langsung memungut sampah sehingga bisa semakin menyentuh hati anak-anak untuk peduli terhadap lingkungan. Sasaran utama kegiatan ini menurutnya adalah ibu dan anak yang sangat tepat untuk diberikan edukasi.

[Baca Juga: Pemanfaatan Sungai Ciliwung Sebagai Lahan Pertanian]

Kegiatan Mengenal Sampah dan Ciliwung ini diselenggarakan Komunitas Omah Sindo yang berkolaborasi dengan tiga komunitas lainnya, yakni komunitas Peduli Ciliwung, Suara Sampah, dan #SayaPilihBumi. Para peserta dari kegiatan tersebut dikenakan biaya sebesar Rp50.000 yang tidak hanya diberikan edukasi dan pengalaman, tetapi juga mendapat makan siang dengan anjuran membawa peralatan makan dan minum untuk meminimalisir sampah.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.