Ketahui Bahaya Menjalani Diet Water Fasting

Kesehatan

Ketahui Bahaya Menjalani Diet Water Fasting

Diet merupakan salah satu cara untuk memiliki tubuh yang lebih sehat dan ideal. Berbagai macam diet tersedia dan bisa dicoba dan disesuaikan dengan kondisi dan keperluan tubuh Anda. Namun apapun metode dietnya, Anda pasti akan selalu dianjurkan untuk rajin minum air putih. Karena air tanpa rasa ini justru dinilai bisa membantu menurunkan berat badan karena tak memiliki kalori dan bisa mengeluarkan racun dari tubuh. Khasiat itulah yang membuat beberapa orang mengadopsi diet ekstrem, water fasting.

Apa itu Water Fasting?

Merupakan metode diet di mana Anda hanya boleh mengonsumsi air putih. Dalam metode diet ini, Anda tak diperkenankan untuk mengonsumsi apapun termasuk minum-minuman yang lain. Sehingga tak ada 1 kalori pun yang masuk ke tubuh Anda.

Diet ini disebut ekstrem karena Anda tidak bisa makan dan minum apapun kecuali air putih selama berhari-hari. Selain itu diet ini juga bukan untuk Anda yang kekurangan lemak dan membutuhkan asupan nutrisi yang konsisten dan teratur seperti wanita hamil dan ibu menyusui, serta lansia dan orang-orang dengan diabetes.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

Melansir dari berbagai sumber (12/06/2019) diet ini termasuk diet yang tidak sehat. Karena ketika Anda melakukan diet ini terus-terusan, tubuh akan membaca Anda sedang berpuasa. Dalam kondisi ini, tubuh akan membakar cadangan lemak untuk dijadikan energi darurat. Inilah sebabnya, water fasting bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Bahaya Water Fasting

Walau cepat menurunkan berat badan, namun Anda tak mendapatkan asupan makanan sedikitpun. Hal ini akan mengakibatkan perut kosong dalam waktu lama dan menyebabkan asam lambung naik sehingga memicu maag. Selain itu, karena perubahan metode makanan yang tiba-tiba tak heran jika Anda merasa pusing dan tidak bertenaga pada hari ketiga.

[Baca Juga: Diet Ini Bisa Membantu Para Penderita Lupus]

Diet dengan metode water fasting, hanya boleh dilakukan maksimal tiga hari. Selain itu, diet ini juga hanya bisa dilakukan ketika tubuh Anda dalam kondisi yang benar-benar sehat sehingga tidak menganggu proses metabolisme dan pencernaan.

Sebelum Melakukan Water Fasting

Sebelum melakukan diet ini, Anda wajib memersiapkan tubuh dengan asupan nutrisi yang mencukupi. Konsumsi makanan dengan nutrisi tinggi walaupun Anda mengurangi porsi makanan. Anda bisa mulai dengan minum minuman kaya nutrisi seperti jus atau smoothies di awal diet.

Persiapan ini sangat penting untuk menghindari perubahan cairan dan elektrolit tubuh yang terlalu cepat. Untuk melakukan diet ini ada baiknya ada di bawah pengawasan ahli gizi.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.