Kemang_Kesehatan_Ketahui Bahaya Posisi Duduk W Pada Anak_Kiki 1.jpg

Kesehatan

Ketahui Bahaya Posisi Duduk W Pada Anak

Ketika si kecil sedang sibuk bermain atau melakukan sesuatu di lantai, sebagai orangtua, Anda perlu memerhatikan posisi duduknya. Ada beberapa orangtua yang khawatir dengan posisi duduk tertentu. Menurutnya, posisi duduk yang dimaksud berbahaya untuk tulang dan bentuk kaki anak ke depannya. Yang dimaksud adalah posisi duduk yang menyerupai huruf W atau posisi anak duduk dengan lutut tertekuk serta telapak kaki mengarah keluar.

Melansir dari hellosehat.com (10/1/2019), sebuah survei membuktikan, anak umur empat hingga enam tahun memiliki kebiasaan duduk dengan posisi ini. Biasanya kebiasan ini akan hilang ketika anak berumur delapan tahun.

[Baca Juga: 7 Pertanyaan Tentang Kelainan Kaki di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading]

Kebiasan posisi duduk yang tak baik ini karena tidak adanya arahan dari orangtua. Anak dibiarkan duduk dengan posisi apapun, karena posisi duduk ini merupakan posisi duduk yang paling mudah dilakukan anak. Anak bisa duduk dengan seimbang juga berkat posisi ini, maka dari itu, posisi ini kerap kali disebut dengan posisi kunci. Selain itu, posisi duduk ini bisa terjadi akibat adanya kelemahan pada panggul dan otot batang tubuh.

Posisi Duduk W Pada Anak

Akibat Posisi Duduk W

Lalu benarkah posisi duduk ini berakibat burut pada anak? Menurut dr. Adilla H. Anantadi, Sp.KFR, melalui akun instagram resmi Rainbow Castle Indonesia, Klinik Psikologi di bilangan Kemang mengatakan, akibat posisi duduk ini anak akan mengalami,

  1. Rusaknya postur tubuh
  2. Keseimbangan terganggu
  3. Pertumbuhan fisiologis panggul terganggu
  4. Batang tubuh tidak bisa bergerak dengan bebas
  5. Saat berjalan, kaki akan mengarah ke dalam
  6. Motorik halus terganggu
  7. Lebih mudah sakit punggung

Cara Menghindari Posisi Duduk W

Melihat risiko posisi duduk ini, Anda harus segera menstimulasi anak untuk menghindari posisi duduk ini sebelum jadi kebiasan yang terus diulang. Anda bisa melakukan berbagai cara, yaitu:

1. Diingatkan

Ingatkan anak untuk mengubah posisinya ketika Anda melihatnya duduk dengan posisi W. Agar anak-anak mengerti, ingatkan secara berulang dan berkala. Jangan lupa ingatkan dengan lembut agar anak tidak merasa takut.

2. Biasakan Posisi Duduk yang Baik

Sebagai orangtua, tentu Anda jadi menjadi contoh utama. Saat mengingatkannya sembari contohkan bagaimana cara duduk yang baik dengan postur yang tepat.

[Baca Juga: Olahraga Sekaligus Bermain di Houbii Urban Adventure Park]

3. Sabar

Memberi tahu anak mengenai posisi duduk yang baik tidak bisa diubah dalam semalam. Maka dari itu, Anda harus sabar, untuk terus mengigatkan buah hati Anda.

Itulah bahaya dan cara anak untuk menghindari posisi duduk W. Mari pantau terus kesehatan anak agar tumbuh kembang mereka baik!

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  9 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  10 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  12 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.