Kemang_Kesehatan_Ketahui Bahaya Posisi Duduk W Pada Anak_Kiki 1.jpg

Kesehatan

Ketahui Bahaya Posisi Duduk W Pada Anak

Ketika si kecil sedang sibuk bermain atau melakukan sesuatu di lantai, sebagai orangtua, Anda perlu memerhatikan posisi duduknya. Ada beberapa orangtua yang khawatir dengan posisi duduk tertentu. Menurutnya, posisi duduk yang dimaksud berbahaya untuk tulang dan bentuk kaki anak ke depannya. Yang dimaksud adalah posisi duduk yang menyerupai huruf W atau posisi anak duduk dengan lutut tertekuk serta telapak kaki mengarah keluar.

Melansir dari hellosehat.com (10/1/2019), sebuah survei membuktikan, anak umur empat hingga enam tahun memiliki kebiasaan duduk dengan posisi ini. Biasanya kebiasan ini akan hilang ketika anak berumur delapan tahun.

[Baca Juga: 7 Pertanyaan Tentang Kelainan Kaki di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading]

Kebiasan posisi duduk yang tak baik ini karena tidak adanya arahan dari orangtua. Anak dibiarkan duduk dengan posisi apapun, karena posisi duduk ini merupakan posisi duduk yang paling mudah dilakukan anak. Anak bisa duduk dengan seimbang juga berkat posisi ini, maka dari itu, posisi ini kerap kali disebut dengan posisi kunci. Selain itu, posisi duduk ini bisa terjadi akibat adanya kelemahan pada panggul dan otot batang tubuh.

Posisi Duduk W Pada Anak

Akibat Posisi Duduk W

Lalu benarkah posisi duduk ini berakibat burut pada anak? Menurut dr. Adilla H. Anantadi, Sp.KFR, melalui akun instagram resmi Rainbow Castle Indonesia, Klinik Psikologi di bilangan Kemang mengatakan, akibat posisi duduk ini anak akan mengalami,

  1. Rusaknya postur tubuh
  2. Keseimbangan terganggu
  3. Pertumbuhan fisiologis panggul terganggu
  4. Batang tubuh tidak bisa bergerak dengan bebas
  5. Saat berjalan, kaki akan mengarah ke dalam
  6. Motorik halus terganggu
  7. Lebih mudah sakit punggung

Cara Menghindari Posisi Duduk W

Melihat risiko posisi duduk ini, Anda harus segera menstimulasi anak untuk menghindari posisi duduk ini sebelum jadi kebiasan yang terus diulang. Anda bisa melakukan berbagai cara, yaitu:

1. Diingatkan

Ingatkan anak untuk mengubah posisinya ketika Anda melihatnya duduk dengan posisi W. Agar anak-anak mengerti, ingatkan secara berulang dan berkala. Jangan lupa ingatkan dengan lembut agar anak tidak merasa takut.

2. Biasakan Posisi Duduk yang Baik

Sebagai orangtua, tentu Anda jadi menjadi contoh utama. Saat mengingatkannya sembari contohkan bagaimana cara duduk yang baik dengan postur yang tepat.

[Baca Juga: Olahraga Sekaligus Bermain di Houbii Urban Adventure Park]

3. Sabar

Memberi tahu anak mengenai posisi duduk yang baik tidak bisa diubah dalam semalam. Maka dari itu, Anda harus sabar, untuk terus mengigatkan buah hati Anda.

Itulah bahaya dan cara anak untuk menghindari posisi duduk W. Mari pantau terus kesehatan anak agar tumbuh kembang mereka baik!


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.