Kemang_Kesehatan_Ketahui Bahaya Posisi Duduk W Pada Anak_Kiki 1.jpg

Kesehatan

Ketahui Bahaya Posisi Duduk W Pada Anak

Ketika si kecil sedang sibuk bermain atau melakukan sesuatu di lantai, sebagai orangtua, Anda perlu memerhatikan posisi duduknya. Ada beberapa orangtua yang khawatir dengan posisi duduk tertentu. Menurutnya, posisi duduk yang dimaksud berbahaya untuk tulang dan bentuk kaki anak ke depannya. Yang dimaksud adalah posisi duduk yang menyerupai huruf W atau posisi anak duduk dengan lutut tertekuk serta telapak kaki mengarah keluar.

Melansir dari hellosehat.com (10/1/2019), sebuah survei membuktikan, anak umur empat hingga enam tahun memiliki kebiasaan duduk dengan posisi ini. Biasanya kebiasan ini akan hilang ketika anak berumur delapan tahun.

[Baca Juga: 7 Pertanyaan Tentang Kelainan Kaki di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading]

Kebiasan posisi duduk yang tak baik ini karena tidak adanya arahan dari orangtua. Anak dibiarkan duduk dengan posisi apapun, karena posisi duduk ini merupakan posisi duduk yang paling mudah dilakukan anak. Anak bisa duduk dengan seimbang juga berkat posisi ini, maka dari itu, posisi ini kerap kali disebut dengan posisi kunci. Selain itu, posisi duduk ini bisa terjadi akibat adanya kelemahan pada panggul dan otot batang tubuh.

Posisi Duduk W Pada Anak

Akibat Posisi Duduk W

Lalu benarkah posisi duduk ini berakibat burut pada anak? Menurut dr. Adilla H. Anantadi, Sp.KFR, melalui akun instagram resmi Rainbow Castle Indonesia, Klinik Psikologi di bilangan Kemang mengatakan, akibat posisi duduk ini anak akan mengalami,

  1. Rusaknya postur tubuh
  2. Keseimbangan terganggu
  3. Pertumbuhan fisiologis panggul terganggu
  4. Batang tubuh tidak bisa bergerak dengan bebas
  5. Saat berjalan, kaki akan mengarah ke dalam
  6. Motorik halus terganggu
  7. Lebih mudah sakit punggung

Cara Menghindari Posisi Duduk W

Melihat risiko posisi duduk ini, Anda harus segera menstimulasi anak untuk menghindari posisi duduk ini sebelum jadi kebiasan yang terus diulang. Anda bisa melakukan berbagai cara, yaitu:

1. Diingatkan

Ingatkan anak untuk mengubah posisinya ketika Anda melihatnya duduk dengan posisi W. Agar anak-anak mengerti, ingatkan secara berulang dan berkala. Jangan lupa ingatkan dengan lembut agar anak tidak merasa takut.

2. Biasakan Posisi Duduk yang Baik

Sebagai orangtua, tentu Anda jadi menjadi contoh utama. Saat mengingatkannya sembari contohkan bagaimana cara duduk yang baik dengan postur yang tepat.

[Baca Juga: Olahraga Sekaligus Bermain di Houbii Urban Adventure Park]

3. Sabar

Memberi tahu anak mengenai posisi duduk yang baik tidak bisa diubah dalam semalam. Maka dari itu, Anda harus sabar, untuk terus mengigatkan buah hati Anda.

Itulah bahaya dan cara anak untuk menghindari posisi duduk W. Mari pantau terus kesehatan anak agar tumbuh kembang mereka baik!

Read More

Artikel Lainnya

100 Kolaborator dan 150 Sukarelawan Rayakan Hari Hutan Indonesia

Berita Kawasan

100 Kolaborator dan 150 Sukarelawan Rayakan Hari Hutan Indonesia

08 August 2020, 15:00

Para Kolaborator ini bergotong royong menyiapkan platform dengan berbagai materi audio visual menarik untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta masyarakat Indonesia pada hutan.

Bangkitkan Semangat Belajar di Rumah, Pemkot Depok Beri Penghargaan

Pendidikan

Kemendikbud Siapkan Kurikulum Darurat dengan 2 Komponen untuk PJJ Masa Pandemi COVID-19

08 August 2020, 09:15

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyatakan pihaknya sudah menyusun kurikulum darurat untuk situasi pandemi COVID-19.

Tumbuhkan Bibit eSport, Kemenpora Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020.jpg

Hobi dan Hiburan

Tumbuhkan Bibit eSport, Kemenpora Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020

07 August 2020, 19:00

Menpora sangat mendukung usaha Garena Indonesia dalam mencari bibit eSport Tanah Air melalui turnamen Free Fire Fall Season 2020.

Ini Cara TCS untuk Dukung Pemulihan Sektor Pendidikan Tanah Air.jpg

Pendidikan

Ini Cara TCS untuk Dukung Pemulihan Sektor Pendidikan Tanah Air

07 August 2020, 18:00

Dari mulai warga sampai Pemkot Jakarta Utara sudah mulai bergerak untuk menyambut perayaan Hari Kemerdekaan nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.