Ketahui Dampak Kesehatan yang Menghantui Pengidap Insomnia

Kesehatan

Ketahui Dampak Kesehatan yang Menghantui Pengidap Insomnia

Saat pagi Anda tidak bersemangat karena tidak bisa tidur saat malam hari? Walau terlihat sepele karena Anda sering mengalaminya, jangan biarkan terlalu lama. Tidur merupakan proses penting yang harus dialami dan dilakukan setiap manusia. Tidur adalah waktu di mana tubuh Anda beristirahat memperbaiki dan meremajakan organ-organ tubuh yang sudah bekerja selama satu hari penuh.

Akibat Insomnia

Waktu tidur juga merupakan waktu di mana pikiran menyimpan apa yang terjadi selama sehari sebagai memori. Namun jika Anda memiliki ganguan tidur seperti insomnia, justru akan meningkatkan stres, dengan meningkatkanya hormon kortisol.

Jika hormon tersebut meningkat, ada beberapa akibat yang bisa dialami, di antaranya sakit kepala, gangguan panik, gangguan jantung, hipertensi, diabetes, kenaikan berat badan, bahkan kelainan fungsi imun.

[Baca Juga: 5 Ritual Penyembuhan untuk Pengidap Insomnia]

Walaupun sangat banyak masalah kesehatan yang menjadi risiko insomnia, masalah ini sering dialami banyak orang. Terbukti dari 60 juta masyarakat di dunia mengalami masalah yang sama.

Pada dasarnya, insomnia adalah ketidakmampuan untuk tidur namun tingkatannya lebih serius. Dilansir dari lifehack.org (10/4/2019), sebuah penelitian membuktikan jika insomnia berawal dari masalah yang ada di otak karen tidak bisa berhenti bekerja atau terus-terusan berpikir sehingga tidak beristirahat.

Faktor Insomnia

Ada beberapa faktor yang memengaruhi Anda tak bisa tidur dan mengalami masalah ini, yaitu adalanya gangguan psikis dan fisik, faktor biologi, depresi, makanan, dan alasan khusus lainnya.

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

Jika gangguan tidur ini menghantui Anda, sebaiknya segera tangani dan keluar dari gangguan tersebut agar lebih sehat dan hidup teratur. Anda bisa melakukannya sendiri maupun langsung pergi ke ahli agar ditangani dengan tepat.

Read More

Artikel Lainnya

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital.jpg

Kesehatan

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital

24 September 2020, 18:28

Dengan tren mengalihkan kegiatan kebugaran dari gym ke rumah di masa pandemi seperti sekarang, R Fitness baru-baru ini meluncurkan kelas digitalnya.

LanggananDisney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

Bisnis

Langganan Disney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

24 September 2020, 16:09

OVO sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar dan Spotify untuk memberikan kemudahan akses hiburan selama pandemi.

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia.jpg

Hobi dan Hiburan

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia

24 September 2020, 15:06

Usai sukses menggelar konser drive-in, Berlian Entertainment siap kembali menghadirkan konser dengan konsep unik di tengah pandemi COVID-19.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

24 September 2020, 14:08

Guru Digital dihadirkan Garena, YCAB Foundation dan DJ Alok demi mendorong keterampilan digital generasi muda di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.