Ketahui Ini Sebelum Buka Jastip di Liburan Akhir Tahun

Bisnis

Ketahui Ini, Sebelum Buka Jastip di Liburan Akhir Tahun!

Akhir tahun sudah berada di depan mata. Bukan Desember biasanya dimanfaatkan sebagai masa liburan akhir tahun para traveler atau warga urban yang ingin sekedar mencari suasana baru dengan berwisata di kota impian. Ketika bepergian atau traveling, tak jarang teman atau keluarga Anda menitip barang atau oleh-oleh yang biasa disebut dengan jastip atau jasa titip. Hal ini memang sering terjadi namun apakah ada aturan tersendiri tentang jastip? Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar ketentuan membawa barang belanjaan dari luar negeri, sebelum menawarkan jastip.

Ketahui Ini Sebelum Buka Jastip di Liburan Akhir Tahun

Melihat banyaknya jastip belakangan ini membuat tidak sedikit orang yang ingin mencoba peruntungan pada bisnis ini. Selain jalan-jalan, Anda bisa berbelanja dan mendapatkan keuntungan dari jastip, khususnya pada momen akhir tahun seperti ini, dimana akan ada banyak promo barang. Meski cukup menguntungkan, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuka jastip agar tidak menjadi ilegal.

[Baca Juga: Berbisnis dan Mencari Jastip Lebih Mudah dengan Gibby]

Bagi Anda yang berencana melakukan liburan di luar negeri, disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu seputar barang bawaan. Selain itu Anda juga perlu mengecek kembali tentang semua ketentuan yang berlaku, baik ketentuan dari negara tujuan atau pun ketika kembali ke Indonesia. Terkait hal jastip, Bea Cukai RI menegaskan beberapa ketentuan terkait barang bawaan.

Ketahui Ini Sebelum Buka Jastip di Liburan Akhir Tahun

Menurut badan Bea Cukai pada Instagram @beacukairi, Khusus barang bawaan penumpang untuk keperluan diberikan pembebasan sebesar USD500 per penumpang. Perlu di ingat bahwa pembebasan ini diberikan untuk barang keperluan pribadi. Contoh : Untuk barang keperluan pribadi, ada fasilitas pembebasan sebesar 500 dolar AS atau sekitar Rp7 jutaan, bila lebih dari jumlah tersebut, akan dikenakan biaya masuk sebesar selisih harga barang yang ditambah dengan PPN dan PPH. Sedangkan untuk barang bukan keperluan pribadi, pembebasan tersebut tidak berlaku.

[Baca Juga: Gosend Golucky, Promo Belanja Online Akhir Tahun]

Lebih lanjut pihak Bea Cukai menjelaskan, “Jika Anda membawa barang elektronik lebih dari dua, selain membayar bea masuk dan pajak, Anda juga harus mendapat izin dari kementerian lembaga terkait. Untuk pakaian maksimal hanya bisa 10 potong. Kalau untuk barang kecantikan itu tetap tergantung keperluannya untuk siapa. Kalau untuk pribadi dan tidak melebihi ketentuan ya sah-sah saja."

Dikutip dari kumparan.co.id (5/12/2019), Direktorat Jendral Bea Cukai bidang Komunikasi dan Publikasi Deni Surjantoro menambahkan, "Semua barang itu bisa masuk asalkan sesuai aturan. Sebenarnya tidak tergantung biaya (kalau pembeli mampu membayar pajak), tetapi lebih kepada barang tersebut untuk siapa nantinya.” Pada dasarnya membuka Jastip terbilang legal jika Anda memahami betul tentang semua ketentuan yang berlaku. Sesuai dengan yang dikatakan @beacukairi, legal itu mudah asal tahu aturannya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 10 months lalu
    kelly

    QQHarian,info merupakan situs betting online yang aman dan terpercaya. Menyediakan Promo Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain, Buruan bergabung dan Buktikan sekarang juga serta Menangkan JackPot 100%. Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Minimal DP/WD hanya 20k/50k saja. Proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE