Ketahui Manfaat Zinc Untuk Tubuh Anda

Kesehatan

Ketahui Manfaat Zinc Untuk Tubuh Anda

Tubuh manusia memerlukan berbagai unsur nutrisi mikro, untuk memenuhinya harus melalui asupan dari luar. Yang perlu Anda perhatikan, makanan mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin. Zinc dengan simbol kimia Zn dan disebut Seng merupakan senyawa pada tubuh manusia yang sangat penting bagi tiap organ tubuh seperti, otot, rambut, kulit, dan organ lainnya. Karena senyawa inilah beberapa organ juga terbentuk. Manfaat zinc untuk kesehatan manusia besar sekali, zat mineral ini sangat membantu berbagai fungsi tubuh agar berjalan dengan normal.

[Baca Juga: Ini Perbandingan Susu Sapi, Almond, Kedelai, dan Susu Beras (Bagian 1)]

Zinc berfungsi sebagai bahan membuat tiroid, yang digunakan tubuh untuk mengubah makanan atau protein memadai asam amino. Zinc juga merupakan bahan dasar untuk membuat kolagen pada tulang, jika tidak ada zinc maka mungkin tidak ada tulang.

Ketahui Manfaat Zinc Untuk Tubuh Anda

Selain sebagai senyawa yang sangat diperlukan untuk pembentukan organ tubuh, zinc memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Dikutip dari beberapa sumber, berikut rangkuman PingPoint.co.id tentang manfaat zinc bagi tubuh:

  • Antioksidan

Zinc juga berfungsi sebagai membran yang melindungi dari serangan senyawa asing yang merugikan tubuh radikal bebas. Radikal bebas sendiri sangat berbahaya bagi tubuh, karena dapat merusak organ yang mengenainya.

  • Kesehatan Mata

Zinc berfungsi untuk mensintesiskan vitamin A oleh hati. Kedua zat ini sangat penting bagi penglihatan, maka dari itu kedua senyawa ini tidak boleh kurang agar kesehatan mata selalu terjaga.

Ketahui Manfaat Zinc Untuk Tubuh Anda

  • Zat Pelindung

Zinc termasuk sebagai senyawa yang melindungi tubuh dari serangan dari luar tubuh. Juga lendir pada lidah dapat membantu untuk menghancurkan bakteri. Selain itu zinc juga mendukung produksi sel darah putih dan mengaktifkan sel B dan T untuk membasmi virus atau bakteri sebelum injeksi.

  • Kesehatan Otak

Zinc berfungsi untuk menenangkan otak dan mengurangi kerusakan otak akibat oksidasi.

  • Kesehatan Kulit

Sifat antioksidan yang dimiliki oleh zinc, bekerja membuang sel mati dan menggantikan dengan sel yang baru.

[Baca Juga: 10 Jenis Makanan yang Mengandung Nabati Protein Tinggi]

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi turunnya kadar zinc pada tubuh seperti, orang yang diet atau seorang vegetarian ketat mempunyai kadar zinc sedikit pada tubuhnya. Alkohol, dan stres yang berlebihan juga akan membuat kadar zinc sedikit demi sedikit akan hilang.

Untuk mengatasi kekurangan kandungan zinc pada tubuh tersebut, maka harus menambah daya zinc. Anda bisa mendapakatnya dengan mongkonsumsi makanan yang mengandung protein hewani dan sayuran bernutrisi, serta meminum suplemen.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.