Ini Dia Perbedaan CV dan Resume yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melamar Pekerjaan

Bisnis

Ketahui Perbedaan CV dan Resume Sebelum Melamar Pekerjaan

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa orang Inggris melamar dengan CV dan orang Amerika dengan resume? Sedangkan untuk orang Australia berlaku dengan keduanya? Jika ditelisik dari beberapa laman sumber seperti macmanroe.com, Ada beberapa perbedaan antara kedua jenis dokumen aplikasi ini. Artikel PingPoint.co.id kali ini ini akan menjawab sekaligus meluruskan pertanyaan Anda seputar perbedaan CV dan resume dengan lengkap.

[Baca Juga: Pilihan Laptop Kantoran untuk Pekerja dengan Mobilitas Tinggi]

Pengertian CV atau Curriculum Vitae

CV atau Curriculum Vitae, yang artinya kehidupan dalam bahasa Latin adalah dokumen mendalam yang dapat ditata atau dibuat lebih dari dua halaman atau lebih. CV biasanya berisi tentang informasi lengkap seputar pencapaian Anda atau informasi lebih mendalam dari sekadar karier biografi. CV juga mencakup seputar pendidikan Anda dan juga pencapaian lainnya seperti publikasi, penghargaan, penghargaan, dll. Dokumen ini cenderung disusun secara kronologis dan dibuat semudah mungkin sehingga CV Anda dapat memberikan gambaran pengalaman karir secara maksimal. CV sendiri adalah bersifat statis dan tidak berubah untuk posisi yang berbeda, perbedaannya ada pada surat pengantar.

Ini Dia Perbedaan CV dan Resume yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melamar Pekerjaan

Pengertian Resume

Resume adalah dokumen ringkas yang biasanya disusun tidak lebih dari satu halaman. Hal ini dikarenakan pembaca tidak akan berkutat dengan dokumen Anda terlalu lama. Tujuan dari resume sendiri adalah untuk membuat seseorang menonjol dalam ajang kompetisi karier.

[Baca Juga: Sudahkah Anda Miliki Kartu Pekerja?]

Pencari kerja harus menyesuaikan resume untuk setiap posisi yang mereka lamar. Pelamar harus selalu mengubah resume dari satu aplikasi pekerjaan ke pekerjaan yang lainnya agar dapat tetap menyesuaikan dengan kebutuhan instansi atau kantor yang dilamar. Resume tidak harus selalu disusun secara kronologis atau mencakup seluruh karier Anda.

Hal Penting yang Harus Anda Ketahui Saat Kerja di Kantor Baru

Perbedaan CV dan Resume

Pada dasarnya CV dan resume memiliki tiga perbedaan yaitu panjang informasi, tujuan dan tata letak. Resume adalah ringkasan singkat dari keahlian dan pengalaman Anda yang biasanya ditulis sebanyak satu atau dua halaman, sedangkan CV berisikan dengan informasi yang lebih rinci dan biasanya ditulis lebih banyak jika dibandingkan dengan resume. Singkatnya, Resume merupakan dokumen lamaran yang akan disesuaikan untuk setiap posisi sedangkan CV akan tetap berlaku pada setiap posisi yang dilamar dan hanya membutuhkan penyesuaian pada bagian surat pengantar agar sesuai dengan posisi yang dilamar.

CV sendiri memiliki urutan kronologis yang jelas karena berisikan informasi tentang seluruh karier Anda, sedangkan informasi resume dapat diubah-ubah atau diselaraskan sesuai dengan kebutuhan pelamar. Dapat dikatakan bahwa perbedaan utama antara resume dan CV adalah bahwa CV dimaksudkan untuk menjadi catatan lengkap dari sejarah karir Anda, sedangkan resume adalah daftar singkat seputar keterampilan dan pencapaian yang ditargetkan.

Hampir sama dengan Australia, dokumen CV dan resume berlaku keduanya di Indonesia. Kira-kira, dokumen apa yang paling Anda inginkan untuk melamar pekerjaan di Indonesia?


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.