Ketahui Sejumlah Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh

Kesehatan

Ketahui Sejumlah Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh

Pada umumnya menikmati berbagai jenis buah-buahan hanya pada bagian daging buahnya saja, termasuk jeruk. Jeruk sendiri memiliki nilai yang baik untuk kebutuhan gizi sebagai sumber vitamin C, manfaat buah jeruk tersebut mampu memberikan asupan vitamin C yang cukup untuk kebutuhan harian tubuh manusia.

Namun ternyata kulit jeruk ternyata memiliki banyak manfaat hebat yang belum banyak disadari. Bagian dalam kulit jeruk kaya akan serat jenis selulosa, hemiselulosa, lignin, juga mengandung senyawa kimia lainnya seperti pektat dan fenolik serta jenis flavonoid serta limonin. Kulit jeruk mengandung asam buah dan vitamin C, bahkan mengandung lebih banyak fitonutrien dan flavonoid dari daging buah jeruk. Sedangkan, kandungan lemak dan gula lebih rendah pada kulit jeruk

Ketahui Sejumlah Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh

Bagian kulit luar jeruk mengandung minyak esensial, pigmen karotenoid dan senyawa steroid, tetapi bagian ini tidak dikonsumsi langsung karena rasanya pahit. Kandungan protein, amino nitrogen, kalsium, magnesium, kalium, belerang paling tinggi justru di bagian kulit jeruk dibandingkan pada dagingnya atau sari buah jeruk. Berikut adalah sejumlah manfaat kulit jeruk yang PingPoint.co.id rangkum dari beberapa sumber.

  • Menyembuhkan Infeksi, Flu, dan Demam

Kulit jeruk merupakan sumber terbaik yang mengandung vitamin C dan A, keduanya merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan mencegah terjadinya flu, demam, dan berbagai infeksi dalam tubuh. Kandungan antialergi pada kulit jeruk juga akan membantu membersihkan flek paru, meningkatkan imunitas, dan meredakan flu.

[Baca Juga: Makna Penting Jeruk Mandarin dalam Perayaan Imlek]

  • Mengatasi Perut Mulas

Dengan bantuan kulit jeruk alami, dapat menyingkirkan mulas dengan seketika. Bahan kimia aktif dalam kulit jeruk membantu meringankan mulas, penderita bisa mendapatkan bantuan tambahan untuk meringankan penyakit maag.

  • Menyehatkan Pencernaan

Kulit jeruk mengandung serat makanan yang tinggi, serat pangan bermanfaat untuk mencegah sindrom iritasi usus, termasuk sembelit dan kembung. Manfaat teh yang dikombinasikan dengan ekstrak kulit jeruk akan menenangkan sistem pencernaan Anda.

  • Mengurangi Kolesterol

Hampir semua senyawa anti kolesterol dalam jeruk ditemukan di bagian kulit. Senyawa ini membantu memerangi LDL atau kolesterol buruk dalam tubuh yang membentuk bekuan plak yang berpuncak pada pembuluh darah ke jantung yang tersumbat.

  • Mencegah Kanker Kulit dan Paru-paru

Flavonoid dalam kulit jeruk membantu vitamin C agar dapat bekerja secara efisien serta memperlambat pertumbuhan sel kanker. Kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yang merupakan penyebab fatal kanker kulit. Orang yang mengkonsumsi kulit jeruk secara teratur memiliki lebih sedikit risiko menderita kanker kulit dan kanker paru-paru dibandingkan mereka yang hanya makan daging buah jeruk.

[Baca Juga: Inilah 9 Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan]

  • Memutihkan Gigi

Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene, yang dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda selama 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan hal ini dengan rutin dua kali sehari, maka gigi Anda akan kembali memutih.

Dengan khasiat kulit jeruk tersebut, tentunya kini Anda tidak akan langsung membuang kulit jeruk seusai menikmati daging buahnya. Coba salah satu langkah di atas dan langsung rasakan manfaatnya bagi tubuh Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.