KEBON JERUK-KESEHATAN-KETAHUILAH GEJALA DAN PENGOBATAN UNTUK KANKER-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Ketahuilah Gejala dan Pengobatan untuk Kanker

Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Kelompok peneliti kanker dari World Health Organization (WHO) menyatakan, setidaknya ada 18.000.000 kasus kanker dengan jumlah kematian sebesar 9.000.000 jiwa di tahun 2018.

Di Indonesia sendiri, mengutip kemkes.go.id dalam Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi kanker meningkat dari 1,4 persen di tahun 2013 menjadi 1,8 persen di 2018.

Riskesdas yang baru-baru ini dipublikasikan menyebutkan, kenaikkan kasus-kasus penyakit tidak menular, termasuk kanker, berhubungan dengan gaya hidup, seperti merokok, konsumsi alkohol, aktivitas fisik,serta kurangnya konsumsi buah dan sayur.

Seseorang yang menderita kanker umumnya menunjukan gejala tertentu, biasanya berhubungan dengan organ dari mana sel kanker tersebut berasal. Namun, tidak sedikit juga penderita baru merasakan gejala ketika kanker sudah berada di tahap akhir.

[Baca Juga: Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak, Benarkah?]

Seperti dikatakan dr. Jeffrey Beta Tenggara, Sp.PD-KHOM, tubuh manusia memiliki berbagai organ dengan fungsinya masing-masing yang bekerja secara simultan untuk mempertahankan fungsi hidup.

“Setiap hari organ seperti paru, jantung, usus, hati dan lainnya terus menerus mengalami pertumbuhan dan kamatian sel secara seimbang. Kanker terjadi apabila keseimbangan ini terganggu dan pertumbuhan sel menjadi jauh lebih besar dibandingkan kematian sel,” ujarnya dalam keterangan rilis yang diterima PingPoint.co.id (6/12/2018).

Konsulen Hematologi dan Onkologi di Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini melanjutkan, ketika seseorang sudah terdiagnosa kanker, maka treatment yang tepat harus segera dilakukan baik dalam bentuk operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Jenis Pengobatan Kanker

Operasi bisa dilakukan dalam kasus-kasus tumor jinak, sedangkan kemoterapi dapat dilakukan tanpa maupun dengan pengobatan lainnya. Dirinya juga menerangkan, kemoterapi digunakan untuk mengobati kanker, mengurangi kemungkinan kambuhnya sel kanker, menghentikan atau menghambat pertumbuhan sel kanker, serta mengurangi gejala atau efek samping dari kanker.

“Kemoterapi dapat juga digabungkan dengan pengobatan lain, contohnya kemoterapi dapat diberikan untuk memperkecil tumor sebelum tindakan radiasi atau diberikan setelah operasi atau terapi radiasi untuk menghancurkan sel kanker yang masih tersisa.” katanya.

[Baca Juga: Bukan Obat Tetapi Resep Olahraga yang Diberikan]

Bentuk dan cara pemberian kemoterapi beraneka ragam tergantung pada jenis kanker dan tingkat penyebarannya, histori pengobatan pasien, dan permasalahan kesehatan lain yang diderita pasien. Mempertimbangkan kompleksitas dan efek samping dari kemoterapi, pasien harus berada di bawah pengawasan dokter dan perawat yang berkompetensi selama proses kemoterapi dilaksanakan.

“Siloam Hospitals Kebon Jeruk melalui Unit Kemoterapi, Sistemik, dan One Day Care di bawah pengawasan Konsulen Hematologi dan Onkologi berkomitmen untuk mendampingi serta membantu pasien dalam setiap proses kemoterapi yang berlangsung,” tuturnya.


Read More

Artikel Lainnya

filkop.jpg

Kuliner

Ngopi Tenang dan Nyaman, Filosofi Kopi Kini Hadir di Bandung

23 October 2021, 09:08

Filosofi Kopi memang dirintis untuk memberdayakan kopi Nusantara yang luar biasa, sehingga dalam penyajiannya Filosofi Kopi menggunakan biji-biji kopi asli Indonesia.

Abu Kautsar 2.jpg

Pendidikan

Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Zain Abu Kautsar di Tengah Kesejukan Pegunungan

23 October 2021, 08:07

Pondok Pesantren yang berada di Kaki Gunung Van der Man ini menjadi satu di antara tiga Lembaga Pendidikan Islam yang berada di sekitar gunung di Kota Batu.

Basecamp Arjuno  2.jpg

Hobi dan Hiburan

Opsi Jalur Pendakian Cangar, Kunjungi Dulu Basecamp Arjuno-Welirang

22 October 2021, 06:04

Jalur Cangar untuk menuju puncak Gunung Arjuno menjadi salah satu spot yang banyak diminati oleh pendaki.

Jamur 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Bekas Pabrik Jamur di Sumber Brantas Jadi Spot Foto Instagramable

22 October 2021, 20:04

Seperti sebuah lukisan urban tentang kota yang ditinggalkan penduduknya, bangunan pabrik jamur yang berbentuk kubah itu berbaris secara seri.


Comments


Please Login to leave a comment.