Ketentuan Dana BOS untuk Gaji Guru Honorer Berubah Selama Pandemi

Pendidikan

Ketentuan Dana BOS untuk Gaji Guru Honorer Berubah Selama Pandemi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengubah ketentuan batas dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk gaji guru honorer selama pandemi COVID-19. Sebelumnya, hanya maksimal 50 persen dana BOS yang bisa digunakan untuk gaji guru honorer, tetapi kini sekolah dapat menggunakan lebih dari 50 persen dana tersebut untuk menggaji guru honorer.

Melansir kemendikbud.go.id (25/4/2020), penggunaan lebih dari 50 persen dana BOS untuk gaji guru honorer ini, harus sesuai dengan kebutuhan sekolah, terutama bila sekolah tersebut memiliki banyak guru honorer.

“Pertama, batasan persentase yang selama ini diatur kita lepas. Kita menyerahkan ke kepala sekolah untuk mengatur penggunaannya sesuai kebutuhan sekolah masing-masing,” kata Pelaksana Tugas Dirjen PAUD dan Dikdasmen Hamid Muhammad pada Jumat (24/4/2020).

Ketentuan Dana BOS untuk Gaji Guru Honorer Berubah Selama Pandemi

“Kalau sekolah ada guru honorer banyak, boleh menggunakan lebih dari 50 persen. Ketentuan penggunaan dana BOS untuk apa saja memang sudah ada, dan tetap harus digunakan (untuk 13 komponen). Kepala sekolah punya kewenangan penuh untuk mengatur,” tambahnya

Adapun syarat guru honorer yang memiliki hak mendapatkan gaji dari dana BOS diatur dalam Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020, yaitu:

  1. Guru honorer tercatat di data pokok pendidikan (dapodik) per 31 Desember 2019.
  2. Guru honorer belum mendapatkan tunjangan profesi
  3. Guru honorer memenuhi beban mengajar. Dalam situasi saat ini, termasuk mengajar dari rumah dalam masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat COVID-19 oleh pemerintah pusat.

[Baca Juga: Belenggu Stigma Anak dengan Autisme dalam Dunia Pendidikan]

Hamid memberikan penjelasan di balik harusnya guru honorer terdaftar dalam dapodik bila ingin menerima gaji. Ia mengatakan, syarat tersebut adalah hal dasar untuk melakukan audit. “Kenapa harus dapodik? Karena itu dasar untuk melakukan audit. Karena itulah kepala sekolah dan operator wajib memasukkan nama guru-guru honorer, baik yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga kependidikan (NUPTK) maupun tidak,” jelasnya.

Hamid menyayangkan bila masih ada guru honorer yang belum terdaftar di dapodik. Guru tersebut sudah tentu tidak dapat mendapat gaji dari dana BOS. “Saya heran mengapa guru honorer yang sudah lama mengabdi tidak didaftarkan ke dapodik. Padahal dapodik ini sudah lama ada,” katanya, dikutip dari ayobandung.com (25/4/2020).

[Baca Juga: Musikus Sukses Matt Savage Didiagnosis ASD pada Usia 3 Tahun]

Apabila sudah menerima dana BOS, kata Hamid, sekolah dapat langsung menggunakannya sesuai Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang sudah dibuat dan disetujui dinas pendidikan setempat. “Sekolah bisa langsung menggunakan dana BOS sesuai peruntukan RKAS atau RKAS yang sudah direvisi sesuai dengan regulasi (permendikbud) yang baru,” jelas Hamid.

Untuk diketahui, dana BOS digunakan untuk 13 hal, yakni pengembangan perpustakaan, kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru, kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler siswa, kegiatan ulangan dan ujian, pembelian bahan-bahan habis pakai, langganan daya dan jasa, perawatan sekolah, pembayaran honorarium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan honorer, pengembangan profesi guru, membantu siswa miskin, pembiayaan pengelolaan BOS, pembelian perangkat komputer, dan biaya lainnya jika seluruh komponen di atas telah terpenuhi pendanaannya dari BOS.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Sindi 2 years, 2 months lalu
    sindi

    bosan di rumah terus karena wabah ini ❓ ❔ buruan join di ⁣poker165.co ,permainan poker paling seru. dan jangan lewatkan bonus atau event dengan hadiah mencapai milyaran. menjadi ⁣milyarder bukan mimpi lagi untuk pemain poker165.co 👍