SERPONG-KESEHATAN-KETIKA JIWA PUN BUTUH VITAMIN-GALIH-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Ketika Jiwa Pun Butuh ‘Vitamin’

Ketika berbicara tentang pentingnya menjaga kesehatan, pastinya yang pertama terpikirkan adalah kesehatan fisik saja. Berbagai upaya dilakukan untuk menjaga kesehatan, seperti dengan berolahraga, makan teratur, mengonsumsi vitamin, dan lainnya. Namun sadarkah Anda, selain fisik, manusia juga memiliki jiwa yang harus dijaga kesehatannya, bahkan membutuhkan ‘vitamin’.

Dua hal penting yang harus diperhatikan dalam kesehatan jiwa adalah emosi dan intelektual. Jika emosi dan intelektual terganggu, maka penyakit yang berhubungan dengan keduanya disebut juga dengan penyakit kejiwaan. Seperti stres, depresi, gangguan gairah kejiwaan, schizophrenia (penyakit kejiwaan yang ditandai dengan gejala seperti halusinasi, delusi, dan paranoia).

Lalu bagaimana cara untuk menjaga kesehatan emosi dan intelektual? Seperti dilansir dari Majalah Better Health edisi Oktober-Desember 2018 pada Senin (15/10/2018), tubuh memerlukan vitamin, pun demikian dengan jiwa. Berikut komposisi ‘vitamin’ yang harus dikonsumsi agar mendapatkan jiwa yang sehat.

Vitamin A = Attitude

Sikap yang optimis dan realistis akan membantu membentuk cara pikir menjadi lebih positif. Makin sempurna ketika sikap tersebut dibarengi dengan rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta. Ingatlah, bahwa cara berpikir seseorang akan menentukan arah sikap dan tingkah lakunya.

Vitamin B-Complex = Beauty

Jiwa membutuhkan untuk merasakan keindahan dari waktu ke waktu. Cara yang bisa dilakukan seperti mendengarkan musik, menikmati keindahan alam, dan keindahan lainnya yang ada di sekitar kita. Tanpa disadari, hal tersebut bisa menambah energi dan memunculkan semangat baru dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Vitamin C = Courage

Keberanian adalah salah satu hal penting yang perlu ditanamkan setiap hari dalam diri Anda. Keberanian diperlukan untuk mencoba hal-hal baru dalam hidup. Terutama untuk dapat bangkit dari kegagalan. Dibutuhkan keberanian untuk bertahan hidup dalam kondisi apa pun.

Vitamin D = Determination

Kemauan diibaratkan bahan bakar untuk dapat mencapai tujuan hidup. Bisa dibayangkan jika sebuah kendaraan kehabisan bensin, maka seluruh bagiannya tak dapat bekerja dengan baik dan kendaraan tersebut tak bisa bergerak ke mana-mana. Inilah yang terjadi apabila seseorang tak memiliki kemauan. Walaupun jiwa dan fisik sehat, namun tanpa kemauan untuk melangkah, maka akan sulit untuk mencapai tujuan hidup.

Vitamin E = Excellence

Mulailah untuk selalu berusaha mencapai kesempurnaan dengan melakukan kegiatan sehari-hari secara optimal melalui upaya yang terbaik. Untuk itu, hal yang perlu ditanamkan dalam pikiran adalah bahwa apa yang dilakukan untuk kepentingan diri sendiri. Ingat, apa yang ditaman dengan usaha terbaik akan menghasilkan sebuah kesempurnaan.

Nah, mulailah untuk memberikan suplai vitamin-vitamin kejiwaan tersebut. Ingat, jiwa yang sehat adalah jiwa yang kuat, dan ingat bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. ‘Mens sana in corpore sano’


Read More

Artikel Lainnya

Tiramisusu.jpg

Kuliner

Tiramisusu, Oleh-Oleh Viral Khas Bandung

16 April 2021, 18:01

Salah satu oleh-oleh khas Bandung yang saat ini tengah viral adalah Tiramisusu. Tiramisusu merupakan produk terbaru dari Chocomory besutan Cimory. Tak kalah lezat dengan Brownies Amanda dan Molen Kartika Sari

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya .jpg

Berita Kawasan

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya

16 April 2021, 16:07

Gibran menegaskan, penghargaan yang diraihnya dari Ganjar Pranowo ini merupakan hasil dari prestasi Wali Kota Solo sebelumnya.

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.


Comments


Please Login to leave a comment.