Pejaten_Kawasan_Ketika Satwa Ragunan Punya Waktu Privasi_Yakub 2.jpg

Berita Kawasan

Ketika Satwa Ragunan Butuh Waktu Privasi

Bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak berlibur ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR), sebaiknya jangan pilih hari Senin. Pada hari itu para binatang tengah liburan. Karena ternyata tak cuma manusia yang perlu memiliki hari libur, binatang pun butuh liburan. Seluruh satwa di Ragunan pada hari Senin memiliki privasi yang bisa mereka nikmati untuk bersantai dan meredakan stres.

Sebenarnya, kebijakan ini sudah ditetapkan dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 7 Tahun 2014 tentang Hari Libur Satwa di Taman Margasatwa Ragunan. Dari seluruh kebun binatang di Indonesia, tercatat hanya TMR saja yang memberikan waktu libur khusus bagi para satwanya. Taman Margasatwa Ragunan tercatat memiliki lebih dari 2.000 satwa dan 6.000 pepohonan dari berbagai jenis.

[Baca Juga: Harimau asal Taman Safari Bogor Melahirkan di Jerman]

Namun, masih banyak warga Jakarta yang tidak tahu jika Taman Margasatwa Ragunan (TMR) tidak dibuka untuk umum setiap hari Senin. Banyak masyarakat yang juga masih belum mengerti mengapa perlu ada hari privasi untuk satwa.

Sesi Pemberian Makan Pelikan di Ragunan

Sejatinya, pemberian hari privasi memang dibutuhkan untuk satwa. Menurut salah satu tim paramedis di salah satu kebun binatang kawasan Bogor Ilham Fachrizal, pemberian hari libur bisa dimanfaatkan tim pengelola untuk menjaga satwa agar tidak stres.

“Interaksi berlebihan dengan manusia juga tidak baik untuk para hewan,” ujar Ilham kepada Pingpoint.co.id melalui aplikasi pesan singkat (9/1/2019).

Seperti diberitakan di Kompas.com (3/1/2019), Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Usaha Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widasana, mengatakan jika ketentuan hari libur satwa di Ragunan merupakan kebijakan pengelola.

[Baca Juga: Hunian Berkonsep “Hutan” di Dekat Kebun Binatang Ragunan]

Ia menyakini, merawat dan memelihara binatang agar tidak stres jelas tidak mudah. Ada banyak hal yang dilakukan pengunjung yang mengakibatkan satwa jadi stres. Misalnya, mengabadikan gambar dengan blits dan memberikan makanan kepada hewan. Selain dua hal itu, pastikan Anda memerhatikan peraturan yang berlaku, sebelum memutuskan melakukan sesuatu di dekat satwa.

Jika ingin memberi makan dan berswafoto bersama satwa, biasanya pengelola kebun binatang telah memberikan ruang sendiri untuk masyarakat pada waktu dan tempat tertentu.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.