Pejaten_Kawasan_Ketika Satwa Ragunan Punya Waktu Privasi_Yakub 2.jpg

Berita Kawasan

Ketika Satwa Ragunan Butuh Waktu Privasi

Bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak berlibur ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR), sebaiknya jangan pilih hari Senin. Pada hari itu para binatang tengah liburan. Karena ternyata tak cuma manusia yang perlu memiliki hari libur, binatang pun butuh liburan. Seluruh satwa di Ragunan pada hari Senin memiliki privasi yang bisa mereka nikmati untuk bersantai dan meredakan stres.

Sebenarnya, kebijakan ini sudah ditetapkan dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 7 Tahun 2014 tentang Hari Libur Satwa di Taman Margasatwa Ragunan. Dari seluruh kebun binatang di Indonesia, tercatat hanya TMR saja yang memberikan waktu libur khusus bagi para satwanya. Taman Margasatwa Ragunan tercatat memiliki lebih dari 2.000 satwa dan 6.000 pepohonan dari berbagai jenis.

[Baca Juga: Harimau asal Taman Safari Bogor Melahirkan di Jerman]

Namun, masih banyak warga Jakarta yang tidak tahu jika Taman Margasatwa Ragunan (TMR) tidak dibuka untuk umum setiap hari Senin. Banyak masyarakat yang juga masih belum mengerti mengapa perlu ada hari privasi untuk satwa.

Sesi Pemberian Makan Pelikan di Ragunan

Sejatinya, pemberian hari privasi memang dibutuhkan untuk satwa. Menurut salah satu tim paramedis di salah satu kebun binatang kawasan Bogor Ilham Fachrizal, pemberian hari libur bisa dimanfaatkan tim pengelola untuk menjaga satwa agar tidak stres.

“Interaksi berlebihan dengan manusia juga tidak baik untuk para hewan,” ujar Ilham kepada Pingpoint.co.id melalui aplikasi pesan singkat (9/1/2019).

Seperti diberitakan di Kompas.com (3/1/2019), Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Usaha Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widasana, mengatakan jika ketentuan hari libur satwa di Ragunan merupakan kebijakan pengelola.

[Baca Juga: Hunian Berkonsep “Hutan” di Dekat Kebun Binatang Ragunan]

Ia menyakini, merawat dan memelihara binatang agar tidak stres jelas tidak mudah. Ada banyak hal yang dilakukan pengunjung yang mengakibatkan satwa jadi stres. Misalnya, mengabadikan gambar dengan blits dan memberikan makanan kepada hewan. Selain dua hal itu, pastikan Anda memerhatikan peraturan yang berlaku, sebelum memutuskan melakukan sesuatu di dekat satwa.

Jika ingin memberi makan dan berswafoto bersama satwa, biasanya pengelola kebun binatang telah memberikan ruang sendiri untuk masyarakat pada waktu dan tempat tertentu.

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  9 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  11 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  12 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.